Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Amongguru.com. Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole).

Stephen Hawking lahir di Inggris pada tanggal 8 Januari 1942 dan wafat pada tanggal meninggal tanggal 14 Maret 2018 dengan meninggalkan tiga orang anak. Hawking adalah seorang ahli fisika modern dan kosmofologi.

Pada awal studinya, ayah Hawking tidak setuju jika dirinya memilih jurusan fisika dan meminta Hawking untuk belajar pengobatan. Akan tetapi akhirnya ayah Hawking menyetujui karena melihat minat Hawking yang besar terjadap fisika.

Hawking meraih gelar sarjana dari Universitas Oxford, pada tahun 1962. Kemudian, pada tahun 1965, Hawking meraih gelar doktor filsafat (PhD) dari Trinity Hall, Universitas Cambridge. Setelah lulus kuliah, dirinya kemudian melakukan penelitian tentang kosmologi.

Stephen Hawking dikenal sebagai ilmuwan besar dengan teori-teori mengagumkan mengenai konsep lubang hitam, gelombang gravitasi, dan big bang. Hawking juga telah menulis banyak buku ilmiah serta buku anak-anak.

Pada awal tahun1963, Hawking yang saat itu berusia 21 tahun, didiagnosis amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau penyakit Lou Gehrig yang menyebabkan dirinya tidak bisa bergerak bahkan berbicara. Hawking sempat diprediksi hanya akan bisa bertahan hidup selama dua tahun, tetapi nyatanya dirinya mampu hidup hingga usia 76 tahun.

Hawking harus menjalani operasi trakeostomi yang membuatnya kehilangan kemampuan berbicara pada tahun 1985. Tetapi untungnya, ada sebuah alat yang dibuat oleh Universitas Cambridge untuk membantunya berkomunikasi. Hawking akhirnya bisa memilih kata-katanya hanya dengan menggerakan otot pada pipinya.

Penyakit yang dideritanya, nyatanya tidak mematahkan keinginan Hawking untuk terus mengeksplorasi alam semesta. Selama kariernya, Stephen Hawking selalu memiliki keinginan dan tujuan untuk mempelajari tentang alam semesta.

Pemikiran-pemikiran dari Hawking telah membantu manusia dalam mendapatkan pemahaman mengenai alam semesta.

Sepanjang hidupnya, Hawking mencoba menguak misteri tentang alam semesta. Hawking berhipotesis bahwa jika alam semesta memiliki awal, yaitu Big Bang, maka akan memiliki akhir juga.

Karya terakhir dari Hawking adalah “The Grand Design” yang mengungkap pandangannya tentang asal-usul alam semesta.

Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)
Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole)

Hawking mendemonstrasikan Teori Relativitas Umum Albert Einstein yang menunjukkan bahwa ruang angkasa dan waktu dimulai pada kelahiran alam semesta dan berakhir dengan yang disebut lubang hitam (black hole).

Dengan memadukan teori Relativitas Umum Albert Einstein dan teori Kuantum, Stephen Hawking menemukan bahwa lubang hitam tidak diam saja, berdesis, mengeluarkan radiasi dan partikel, sebelum akhirnya meledak dan menghilang.

Hawking meyakini bahwa lubang hitam adalah pintu untuk menuju ke duna lain. Daya tarik lubang hitam sangatlah kuat, sehingga benda apa pun yang masuk ke dalamnya (termasuk cahaya) tidak akan lolos. Menurutnya, lubang hitam merupakan benda langit unik yang dihasilkan dari bintang mati.

Hawking juga meyakini bahwa manusia maupu  benda-benda yang masuk ke lubang hitam tidak musnah, tetapi hanya berpindah ke alam lain.

Teori lubang hitam yang dikemukakan oleh Hawking ini merupakan upaya untuk menjawab pertanyaan para ahli fisika tentang apa yang terjadi pada benda jika berada di dimensi lain yang tidak ada pantulan cahayanya.

Teori lubang hitam yang dicetuskan oleh Stephen Hawking ini masih penuh dengan kontroversi. Meskipun terdapat kemungkinan bahwa lubang hitam merupakan gerbang untuk menuju lintas ruang dan waktu, akan tetapi hal tersebut belum dapat dipastikan sampai sekarang.

Hawking telah dianugerahi berbagai macam penghargaan atas dedikasinya yang tinggi di bidang ilmu pengetahuan. Hawking dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang terbesar Inggris di dalam sejarah oleh BBC. Pada tahun 2009, Hawking juga mendapatkan Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Stephen Hawking Pencetus Teori Lubang Hitam (Black Hole). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan