Biografi Sigmund Freud Penemu Teori Psikoanalisa

Amongguru.com. Biografi Sigmund Freud Penemu Teori Psikoanalisa.

Sigmund Freud lahir pada tanggal 6 Mei 1856 di kota Freigerg. Kota tersebut sebelumnya masuk dalam wilayah Kerajaan Austria, sekarang masuk dalam kawasan Republik Ceko. Freud merupakan seorang ahli penyakit syaraf (neurolog) dan psikiater.

Pada saat Freud berusia empat tahun, keluarganya pindah ke Wina, ibu kota Austria. Semenjak itu, dirinya bermukim di sana hampir sepanjang hidupnya.

Pada saat menuntut ilmu di Universitas Wina, Freud termasuk mahasiswa yang sangat menonjol. Dirinya menyelesaikan pendidikan pada tahun 1881 sebagai dokter. Minatnya yang besar terhadap bidang psikologi, mendorongnya untuk mengadakan penyelidikan di bidang itu selama sekitar sepuluh tahun sejak meraih gelar sarjana.

Freud membentuk kelompok kerja dalam satu klinik psikiatri untuk penderita sakit jiwa. Ide-idenya tentang kejiwaan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Siswa-siswanya banyak yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk menuntut ilmu.

Freud merupakan pencetus teori psikoanalisa atau analisa jiwa. Menurut Fried, kepribadian manusia terdari dari berlapis-lapis perkembangan. Ada yang mendapatkan perkembangan dengan tepat dan ada pula yang tersumbat.

Biografi Sigmund Freud Penemu Teori Psikoanalisa
Biografi Sigmund Freud Penemu Teori Psikoanalisa

Jika seseorang bermimpi, bicara gagap, pelupa, dan lain-lain sehingga menyebabkan ketidak beresan dalam bersikap, menurut teori psikoanalisa disebabkan karena adanya gangguan kejiwaan.

Teori analisa jiwa yang dicetuskan oleh Freud tersebut berdampak besar bagi sejarah pemikiran tentang manusia. Teori tersebut dijadikan sebagai metode penyembuhan penyakit kejiwaan.

Gagasan Freud di bidang psikologi ini kemudian mengalami perkembangan secara bertahap, disesuaikan dengan hasil penelitian di lapangan, yaitu dengan melihat perkembangan pasien yang menjadi objek penelitian.

Pada tahun 1900, terbitlah buku Freud yang berisi tentang khas ajarannya berjudul “Tafsir Mimpi”.  Buku ini merupakan salah satu karyanya yang paling orisinal dan paling penting.

Awalnya, pasar penjualan buku tersebut sangat lambat, akan tetapi mampu melambungkan nama Freud. Setelah itu, muncullah karya-karya Freud penting lainnya dan pada tahun 1908, Freud memberi serangkaian ceramah di Amerika Serikat, dirinya sudah menjadi orang yang benar-benar terkenan.

Pada tahun 1902, Freud ditunjuk sebagai guru besar di Universitas Wina dan dia kemudian membentuk kelompok diskusi masalah psikologis. Ketika Nazi menduduki Austria, maka Freud dipaksa untuk meninggalkan tempat tersebut dan pindah serta hidup di London sampai akhir hayatnya. Freud meninggal di London pada tanggal 22 Desember 1939.

Demikian ulasan mengenai Biografi Sigmund Freud Penemu Teori Psikoanalisa. Semoga bermanfat.

Tinggalkan Balasan