Biografi Richard Trevithick Penemu Lokomotif Uap dari Inggris

Amongguru.com. Biografi Richard Trevithick Penemu Lokomotif Uap dari Inggris.

Richard Trevithick lahir pada tanggal 13 April 1771 di Illogan, Cornwall, Inggris. Trevitichick adalah pencipta lokomotif uap pertama di tahun 1802. Lokomotif hasil ciptaannya tersebut dipertontonkan di depan umum pada tahun 1804.

Lokomotif ciptaan Trevitichick kemudian dimanfaatkan untuk mengangkut batubara di kawasan pertambangan sebelah utara Inggris pada sekitar tahun 1813 – 1820. Lokomotif Trevitichickini merupakan cikal bakal dari lokomotif modern di kemudian hari.

Trevitichick muda tidak pernah beranjak dari tanah kelahirannya yang merupakan sebuah kawasan pertambangan timah. Trevitichick mendapatkan pendidikan dasar di sekolah desa setempat. Guru kelasnya menganggap Trevitichick sebagai anak yang bandel, keras kepala, dan lambat dalam berpikir.

Akan tetapi, sejak masih kecil, Trevitichick sudah menunjukkan bakat yang luar biasa di bidang teknik. Kemampuanya lebih banyak diperoleh dari ketajaman perasaan, sehingga membingungkan para teknisi yang benar-benar mendapatkan pendidikan formal.

Karena kelebihan yang dimiliki inimlah, kemudian Trevitichick mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi di beberapa pertambangan biji timah pada tahun 1790 di usianya yang masih muda, yaitu 19 tahun.

Biografi Richard Trevithick Penemu Lokomotif Uap dari Inggris
Biografi Richard Trevithick Penemu Lokomotif Uap dari Inggris

Pada tahun 1797, Trevitichick menciptakan berbagai model mesin bertekanan tingi yang ternyata sangat bermanfaat pada waktu ini. Dirinya berhasil membuat sebuah mesin dalam ukuran besar yang mampu mengangkut biji timah.

Trevitichick kemudian menciptakan kembali 30 mesin yang sama untuk melayani angkutan di beberapa pertambangan. Mesin-mesin ciptaan Trevitichick in sangat terkenal karena dari jauh sudah terlihat kepulan asap tebal ke udara ketika sedang dijalankan.

Tepat saat perayaan Natal pada tahun 1801, Trevitichick meluncurkan kereta uapnya yang pertama. Kereta uap ini mampu mendaki bukit di wilayah Cornwall. Pada bulan Maret tahun 1802. Trevitichick memperoleh hak paten atas lokomotif bertekanan tinggi yang diciptakannya.

Lokomotif uap ciptaan Richard Trevithick

Pada tahun 1803, dirinya membuat lokomotif uap yang kedua dan diluncurkan di jalan-jalan kota London. Kemudian Trevitichick membuat lokomotif uap pertama yang menyusuri rel di South Wales.

Pada tanggal 21 Februari 1804, lokomotif ciptaan Trevitichick mampu memenangkan taruhan dengan memecahkan rekor mengangkut 10 ton biji timbah dtambah lagi 70 penumpang sejauh 10 mil di sepanjang rel yang sudah tersedia.

Di balik kesuksesannya menciptakan lokomotif, ternyata Trevitichick adalah seorang yang mudah tersinggung dan kurang sabar dalam mengelola bisnis. Akibatnya, pada tahun 1811, usahanya mengalami kebangkrutan.

Trevitichick lalu berlayar ke Amerika Selatan pada tahun 1816. Setelah lelah berpetualang, Trevitichick kembali ke Inggris pada tahun 1827 dalam keadaan miskin. Ketika tiba di negerinya kembali, dirinya menyaksikan bahwa George Stephenson telah berjaya mengambil keuntungan dari penemuan-penemuan yang ditingalkannya.

Trevitichick wafat dalam keadaan miskin pada tanggal 22 April 1833 dan bahkan dikuburkan tanpa batu nisan. Sifat ceroboh Trevitichick telah membawanya pada kehancuran, karena dirinya tidak memperoleh keuntungan apa pun dari apa yang telah dicptakannya sendiri.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Richard Trevithick Penemu Lokomotif Uap dari Inggris. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan