Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analistis dari Perancis

Amongguru.com. Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analistis dari Perancis.

Rene Descartes lahir pada tanggal 31 Maret 1596 di distrik Touraine, Perancis. Kota kelahirannya tersebut selanjutnya diberi nama La Haye Descartes sebagai tanda penghormatan atas jasanya.

Ibu Descartes meninggal pada saat dirinya masih kecil. Descartes diasuh oleh neneknya hingga berusia 10 tahun. Pada usia tersebut, Descartes memasuki sekolah jasuit di La Fleche, dekat dengan Le Mans. Di tahun 1614, Descartes lulus dari sekolahtersebut.

Dua tahun kemudian, Descartes meraih gelar di bidang hukum dari Universitas Politiers. Hidupnya yang berkecukupan, menjadikan Descartes leluasa untuk berkelana di daratan Eropa. Akan tetapi, gejolak jiwa mudanya menjadikan Descartes tertarik untuk menjadi seorang serdadu.

Pada akhirnya, Descartes memasuki tiga dinas militer yang berbeda-beda, yaitu Belanda, Bavaria, dan Hongaria. Selama mengikuti dinas militer, dirinya berusah menghimpun segala sesuatu yang dianggapnya dapat membentuk metode umum untuk merengkuh kebenaran.

Pada usia 32 tahun, Descartes memutuskan untuk menguji metodenya dalam membangun gambaran dunia sesungguhnya. Di dalam mewujudkan keinginannya tersbeut, Descartes kemudian menetap di Beladan dari tahun 1628 sampai dengan tahun 1649.

Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analistis
Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analistis

Di tahun 1633, Descartes menyelesaikan karya besarnya yang berjudul Le Monde (Dunia). Karena isinya menyokong teori dari Copernicus yang pada waktu itu sangat ditentang oleh gereja, maka Descartes pun menyembunyikan hasil karyanya dan badu diterbitkan beberapa tahun setelah Descartes wafat.

Setelah menciptakan beberapa buku lainnya, Descartes meninggal pada tanggal 11 Februari 1650 di Stocholm, di saat dirinya memenuhi undangan Ratu Cristina yang sangat ingin menjadi muridnya.

Descartes wafat dengan meninggalkan ilmu di bidang geometri analitis yang ditemukannya pada tahun 1619 . Geometri analistis, yaitu bidang ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat geometri (lingkaran, segitiga, segiempat, dan persegi) dengan memakai pola aljabar yang ditrapkan dengan sistem koordinat.

Koordinat adalah jarak dari satu titik ke sumbu bidang datar. Descartes telah mampu membuktikan baha sifat khas dari bidang dapat diuraikan dengan batasan-batasan kuantitatif, seperti halnya aljabar.

Penemuan hebat dari Descartes ini merupakan langkah maju yang penting dalam bidang Matematika dan memberikan sumbangan besar bagi Newton untuk menemukan Kalkulus sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1670.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Rene Descartes Penemu Geometri Analistis dari Perancis. Semoga  bermanfaat.

Tinggalkan Balasan