Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email Dari Amerika Serikat

Amongguru.com. Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email Dari Amerika Serikat.

Ray Tamlinson, sang penemu email, dilahirkan pada tahun 1941, di sebuah pedesaan kecil bernama Vail Millan, New York, Amerika Serikat. Email (Elektronic Mail) digunakan untuk melakukan pesan secara cepat menggunakan jaringan internet.  Email sampai dengan saat ini masih dipercaya menjadi layanan komunikasi yang terkenal cepat dan praktis.

Sejarah Penemuan Email

Ray Tomlinson mulai menyukai dunia teknologi, terutama komputer, sejak sekolah di Broadalbin Central School, yang terletak di Broadalbin, New York.  Ray Tomlinson banyak belajar tentang jaringan dan pemrograman.

Karena kecintaannya pada bidang teknologi komputer dan juga internet, maka Ray Tomlinson kemudian melanjutkan pendidikannya di sebuah universitas bernama Rensselaer Polytechnic Institute.

Pada tahun 1963, Ray Tomlinson lulus dari universitas Rensselaer Polytechnic Institute dan mendapat gelar pendidikan sebagai Bachelor of Science bidang teknik listrik. Tidak puas hanya dengan gelar tersebut, maka Ray Tomlinson kemudian melanjutkan pendidikan lagi, sehingga mendapatkan gelar masterdi Massachusetts Institute of Technology.

Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email Dari Amerika Serikat
Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email Dari Amerika Serikat

Perjalanan karier Ray Tomlinson dimulai sejak dia bergabung dengan perusahaan bernama BNN Technologies pada tahun 1967. Pada perusahaan inilah, Ray Tomlinson mencetuskan ide untuk mengembangkan sebuah program bernama SNDMSG yang merupakan cikap bakal dari munculnya email.

SNDMSG adalah sebuah aplikasi yang mampu mengirimkan pesan kepada orang lain melalui  sebuah jaringan. Ide untuk membuah program SNDMSG ini kemudian disempurnakan pada tahun 1971.

Akan tetapi pada waktu itu terdapat sebuah permasalahan yang dihadapi oleh Ray Tomlinson, yaitu bagaimana agar email temuannya tersebut dapat membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lainnya dapat dialamatkan kepada pengguna komputer yang lain.

Ray Tomlinson kemudian tertarik pada simbol @ pada keyboard komputer, yang kemudian dijadikannya sebagai petunjuk alamat suatu pengguna email. Pesan email pertama yang dikirimkan berbunyi “QWERTYUIOP” sebagai sebuah pesan paling bersejarah yang dikirimkan melalui jaringan ARPANET yang selanjutnya dikenal menjadi jaringan Internet.

Penghargaan yang diterima Ray Tomlinso atas penemuan email ini, antara lain pada tahun 2000, Ray Tomlinson mendapatkan sebuah penghargaan, yaitu George R. Stibitz Computer Pioneer Award.

Pada tahun 2001, Ray Tomlinson juga memperoleh penghargaan yang bernama International Academy of Digital Arts and Sciences.

Selanjutnya, tahun 2011, Tomlinson mendapatkan penghargaan kembali yang bernama Top 150 innovators and ideas dari MIT. Satu tahun kemudian, Ray Tomlinson mendapat penghargaan bernama Internet Hall of Fame dari Internet Society.

Atas penemuan email inilah, Ray Tomlinson masuk dalam daftar 50 orang paling berpengaruh di dunia informatika.

Baca juga :

Demikian Biografi Ray Tomlinson Sang Penemu Email Dari Amerika Serikat. Semoga bermanfat.

 

Tinggalkan Balasan