Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)

Amongguru.com. Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen).

Pierre Eugene Marcellin Berthelot lahir di Paris pada tanggal 27 Oktober 1827 dan meninggal juga di Paris, tanggal 18 Maret 1907. Berthelot merupakan penemu gas asetilen atau gas karbid pada tahun 1862.

Gas ini sekarang banyak digunakan untuk kegiatan mengelas logam. Mengelas adalah menghubungkan dua potong logam yang sejenis dengan meleburkan masing-masing ujung logam tersebut dan menyambungkannya untuk keperluan tertentu.

Gas yang digunakan untuk menyambungkan dua logam ini adalah karbid atau asetilen. Gas ini berbahaya karena dapat meledak. Selain itu, nyala karbid dapat mencapai temperatur yang sangat tinggi, yaitu hingga 3100°C, sehingga dapat digunakan untuk meleburkan ujung-ujung besi yang akan disambung.

Meskipun penemuan Berthelot ini tidak sehebat penemuan readiokatif, akan tetapi semua bengkel dan pabrik saat ini ikut merasakan secara langsung manfaat dari gas karbid tersebut. Penemuan gas karbin oleh Berthelot ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.

Selain sebagai seorang ahli kimia, Berthelot juga dikenal sebagai sejarawan ilmu pengetahuan dan pejabat pemerintahan. Kedudukannya yang mulai dianggap penting di tenga-tengah masyarakat adalah ketika Berthelot menjabat sebagai asisten di College de France pada tahun 1951.

Pada tahun 1858, Berthelot diangkay sebagai profesor di bidang kimia organik pada Ecole Superieue de Pharmacie, Paris. Di tahun 1985, Berthelot mendapatkan tugas untuk menangani pendidikan setelah diangkat menjadi inspektur pendidikan menengah atas.

Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)
Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen)

Berthelot juga pernah diangkat menjadi Menteri Urusan Umum pada tahun 1886 – 1887 dan Menteri Luar Negeri di tahun 1895 – 1896. Di tengah-tengah kegiatannya di bidang pemerintahan, Berthelot tetap melakukan serangkaian penelitian ilmiah di bidang kimia.

Puncak hasil penelitiannya tersebut adalah dengan ditemukannya gas karbi atau asetilen. Karya-karya tulisannya di bidang kimia dianggap penting dan dijadikan sebagai pedoman pengembangan ilmu kimia sampai dengan sekarang.

Pada tahun 1889, Berthelot menggantikan Louis Pasteur sebagai Sekretaris Akademi Ilmy Pengetahuan Perancis. Selama menekuni kariernya, Berthelot telah menulis kurang lebih 1600 buku dan makalah.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Pierre Eugene Marcellin Berthelot Penemu Gas Karbid (Asetilen). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan