Biografi Michael Faraday Sang Penemu Listrik dari Inggris

Biografi Michael Faraday Sang Penemu Listrik dari Inggris

Amongguru.com. Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newingron, Inggris dan wafat pada 28 Agustus 1867 di London. Faraday merupakan seorang ilmuwan besar di bidang fisika, matematika, dan juga kimia.

Michael Faraday dijuluki sebagai Bapak Listrik karena jasanya yang begitu besar terhadap kehidupan manusia, yaitu menemukan hukum kelistrikan.

Sampai saat ini hukum kelistrikan yang dikemukakan Michael Faraday tersebut digunakan untuk mengembangkan peralatan listik yang digunakan hampir di seluruh aktivitas hidup manusia.

Berdasarkan catatan Biografi Michael Faraday Sang Penemu Listrik, Michael Faraday berasal dari keluarga tidak mampu, tetapi memiliki keinginan belajar yang kuat sejak remaja.

Menyadari bahwa dirinya berasal dari keluarga miskin, maka Michael Faraday tidak mungkin dapat menempuh pendidikan di jalur resmi, sehingga dia memutuskan untuk belajar sendiri melalui buku-buku yang dibacanya setiap saat.

Biografi Michael Faraday Sang Penemu Listrik

Michael Faraday dapat dikatakan sebagai seorang kutu buku, karena setiap dia mendapatkan buku baru, langsung dibacanya sampai selesai. (Baca juga: Biografi Isaac Newton Sang Penemu Hukum Gravitasi)

Di usia remaja, Michael Faraday Sang Penemu Listrik bekerja sebagai tukang jilid buku dan juga menjual buku. Kesempatan menjadi tukang jilid dan tukang jual buku inilah, kemudian dimanfaatkan oleh Michael Faraday untuk banyak membaca buku.

Ketika beranjak dewasa, Michael Faraday diam-diam rajin mengunjungi ceramah seorang ilmuwan Inggris yang bernama Sir Humphry Davy.

Michale faraday sangat tertarik dengan isi ceramah Sir Humprhy Davt, sehingga dia memberanikan diri meminta untuk menjadi asisten Sir Humpry Davy dan diterima.

Semenjak menjadi asisten dari Sir Humprhy Davt inilah, maka penemuan-penemuan spektakuler Michael Faraday muncul.

Meskipun Michael Faraday sendiri tidak memiliki latar belakang pendidikan secara resmi, nyatanya dia berhasil menemukan banyak penemuan, baik di bidang ilmu pengetahuan alam, matematika, maupun kimia.

Hal yang patut dikagumi dari seorang Michael Faraday adalah sifat rendah hati dan kesederhanaannya.

Pada waktu itu, Michael Faraday adalah sosok ilmuwan yang rupawan dan seorang penceramah yang handal. (Lihat juga : Teleskop Pertama Buatan Isaac Newton)

Tetapi dia tidak mau menerima gelar kebangsawanan Inggris dan juga menolak menjadi ketua British Royal Society.

Di bidang listrik, penemuan terpenting dari Michael Faraday adalah elektromagnetik. Pada tahun 1831, Michael Faraday menemukan bahwa jika magnet dilewati oleh sepotong kawat, maka arus akan mengalir di sekitar kawat, sedangkan magnet akan bergerak.

Keadaan yang demikian ini dinamakan pengaruh elektro magnetik. Penemuan tersebut kemudian dikenal dengan nama Hukum Faraday.

Penemuan elektro magnetik ini merupakan penemuan yang monumental, karena menjadi prinsip dasar diciptakannya berbagai alat listrik.

Elektro magnetik dapat digunakan untuk menggerakkan secara terus-menerus arus aliran listrik, misalnya untuk dinamo dan generator pembangkit listrik.

Di bidang kimia, Michael Faraday berhasil menghasilkan hukum elektrolisis, dengan mengembangkan penyelidikan mengenai akibat kimia dari arus listrik melalui penelitian tingkat tinggi.  Elektrolisis inilah yang akan menjadi dasar dari prinsip elektrokimia.

Anoda, katoda, ion, dan elektroda adalah istilah-istilah kelistrikan yang diciptakan oleh Michael Faraday.

Michael Faraday juga penemu alat pembakar bunsen sebagai sumber panas praktis yang digunakan di hampir seluruh laboratorium IPA.

Michael Faraday adalah sosok ilmuwan yang patut dijadikan inspirasi. Dibalik keterbatasan ekonominya, dia memiliki tekad yang kuat untuk belajar dan haus akan penemuan-penemuan tentang ilmu pengetahuan yang dipelajarinya secara otodidak. (Baca juga : Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung)

Michael Faraday dengan segudang penemuannya, tetap menjadi seorang ilmuwan yang sederhana dan rendah hati, sampai akhir hayatnya.

Demikian Biografi Michael Faraday Sang Penemu Listrik dari Inggris.

Tinggalkan Balasan