Biografi Mark Zuckerberg Sang Penemu Jejaring Sosial Facebook

Amongguru.com. Biografi Mark Zuckerberg Sang Penemu Jejaring Sosial Facebook

Hampir tidak ada pengguna internet yang tidak mengenal jejaring sosial bernama facebook. Facebook sekarang menjelma menjadi sebuah media sosial dengan pemakai terbesar di dunia. Diperkirakan hampir sekitar 1,3 milyar terdapat pengguna facebook yang aktif dalam setiap bulannya.

Mark Zuckerberg merupakan orang yang berada di balik kesuksesan facebook sebagai jejaring nomor satu di dunia untuk saat ini. Melalui kerja kerasnya, Mark Zuckergerg, sang penemu facebook, kini tinggal meraup untung. Dulunya dia merupakan seorang mahasiswa di Havard University dan sekarang menjadi CEO Facebook, sebuah perusahaan raksasa dunia.

Sejarah Penemuan Facebook

Facebook pertama kali diciptakan pada tanggal 24 Februari 2004. Hal yang menarik dari penemuan ini adalah, facebook pertama kali diluncurkan dari kamar asrama Mark Zuckerberg, saat dirinya masih menjadi mahasiswa Havard University.

Inspirasi terciptanya facebook berawal dari sekolah Mark Zuckerberg sebelum dia kuliah di Havard. Pada saat Mark Zuckerberg  berada di sekolah terssebut, terdapat sebuah direktori dimana siswa mempunyai halaman tersediri dan dapat mempublikasi semacam direktori foto dan pengalaman selama bersekolah.

Direktori tersebut dikenal dengan nama “The Facebok” yang dibuat dengan tujuan agar siswa saling mengenal satu dengan lainnya.

Biografi Mark Zuckerberg Sang Penemu Jejaring Sosial Facebook
Biografi Mark Zuckerberg Sang Penemu Jejaring Sosial Facebook

Setelah Mark Zuckerberg masuk di Harvard University, “The Facebook” secara tidak sengaja dia menciptakan sebuah situs bernama facemash.com. Situs tersebut dibuat untuk memajang foto-foto mahasiswi Harvard dan kemudian pengguna situs diminta membandingkannya serta meminta pengguna untuk memilih yang menarik menurut mereka.

Akibat dari penggunaan situs ini, maka jaringan internet di Harvard University hampir lumpuh. Pihak kampus kemudian menon aktifkan situs buatan Mark Zuckerberg dan dia mendapat sanksi dari kampus karena melakukan peretasan server server kampusnya.

Pada bulan Januari 2004, Mark Zuckerberg kemudian mulai menulis kode untuk membuat facebook yang didasarkan pada insiden facemash.com tersebut. Setelah selesai merancang dan menulis kode untuk facebook, Mark Zuckerberg dengan dibantu teman-teman asramanya resmi meluncurkan facebook pada tanggal 24 Februari 2004 di kamar asramanya dengan nama “The facebook.com”.

Melalui bantuan teman-temannya, Mark Zuckerberg berusaha melakukan promosi untuk memperkenalkan facebook. Pada awalnya facebook hanya membatasi anggotanya khusus mahasiswa Harvard saja.Tetapi beberapa bulan kemudian, perkembangan facebook yang terus meningkat sehingga membuat Mark membuka keanggotaan facebook di beberapa kampus lain di Amerika.

Perkembangan yang pesat dari facebook ini membuat seorang pengusaha bernama Sean Parker menawarkan kerjasama untuk menanamkan modal dalam mengembangkan penemuan tersebut.

Setelah terjalin kerjasama, maka nama The facebook.com kemudian diubah menjadi Facebook.com. Kerjasama ini berbuah manis, dimana secara terus menerus terjadi peningkatan jumlah pengguna facebook dan menjadikan banyak investor yang berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya di faceook.

Selanjjutnya facebook resmi menjadi sebuah perusahaan jejaring sosial dan berkantor di wilayah Palo Alto, Amerika Serikat, dengan Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebok.

Mark Zuckerberg menjadi milyalder muda terkaya karena facebook ciptaannya. Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan pengguna aktif mencapai milyaran dalam tiap bulan.

Facebook juga sudah memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Instagram dan WhatsApp dengan total karyawan pada tahun 2015 mencapai 11.996 orang.

Facebool terus berkembag seiring penambahan fitur-fitur menarik untuk memanjakan penggunanya, seperti profil facebook yang dilengkapi dengan foto, daftar kesukaan, halaman kontak, dan informasi pribadi lainnya.

Pengguna dapat dengan mudah mengirimkan gambar dan video kepada pengguna lain. Facebook juga dilengkapi dengan fitur chat dan video call untuk sesama penggunanya.

Baca juga :

Demikian Biografi Mark Zuckerberg Sang Penemu Jejaring Sosial Facebook. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan