Biografi Lengkap Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang

Amongguru.com. Biografi Lengkap Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang.

Usaha manusia untuk menciptakan berbagai alat bantu untuk dapat terbang sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Pada tahun 1783, Montgolfier bersaudara dari Perancis berhasil membuat balon udara untuk membawa orang terbang ke angkasa.

Selanjutnya, penemuan balon udara ini disempurnakan bentuk dan fungsinya oleh Graaf Zappelin dari Jerman pada tahun 1900.

Penemuan alat bantu terbang berbentuk pesawat terbang seperti yang kita lihat saat ini adalah hasil kerja keras Wright bersaudara dari Amerika Serikat. Mereka berdua sebenarnya berprofesi sebagai pedagang sepeda yang selalu rajin melakukan eksperimen.

Wilbur Wright lahir pada tanggal 16 April 1867 di Milville, Indiana, Amerika Serikat. Sedangkan Orville Wright, adiknya, lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 di Dayton, Ohio, Amerika Serikat.

Biografi Lengkap Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang
Biografi Lengkap Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang

Pada tahun 1892, kedua bersaudara ini membuka toko sepeda yang sekaligus berfungsi sebagai bengkel mereka.

Meskipun mereka tidak sampai tamat sekolah sampai perguruan tinggi, akan tetapi minat untuk mengadakan penelitian di bidang penerbangan melebihi semangat sarjana yang memiiki sarana penyelidikan yang lengkap pada waktu itu.

Dengan membuka usaha menjual, memperbaiki, dan membuat sepeda inilah, mereka berharap memperoleh dana untuk membiayai minat tersebut.

Pada awalnya, mereka mempelajari beberapa konsep dari para ahli penerbangan pada masa itu dan memang belum ada satu pun orang yang mampu menciptakan pesawat yang dapat diterbangkan.

Tahun 1899, Wright bersaudara mulai mengarahkan usahanya untuk menciptakan pesawat yang bisa diterbangkan. Empat tahun kemudian, seteah melakukan serangkaian percobaan yang luar biasa gigihnya, akhirnya kedua berhasil menciptakan pesawat terbang pertama.

Inspirasi mereka dalam menciptakan model pesawat terbang ini adalah dari layang-layang. Mereka mempelajari cara kerja layang-layang dengan seksama, kemudian membuat sebuah alat peluncur.

Satu tahun kemudian, mereka berhasil membuat pesawat peluncur yang mampu mengangkat manusia. Pesawat tersebut mereka bawa ke Kitty Hawk, California Utara untuk dilakukan ujicoba. Akan tetapi hasil ujicoba yang dilakukan masih kurang memuaskan.

Barulah pada percobaan pesawat peluncur yang ketiga, pada tahun 1903, Wright bersaudara berhasil mengangkasa seribu kali. Prestasi luar biasa ini mendorong mereka untuk membuat pesawat terbang bermesin.

Mereka merancang sayap yang dasar-dasar perhitungan pembuatannya menjadi pedoman untuk pabrik pesawat terbang hingga sekarang. Mereka menciptakan mesin yang paling ringan di masa itu dan mereka sendiri yang merancang baling-balingnya.

Pesawat pertama yang diberi nama Flier 1 dengan julukan “Kitty Hawk” saat ini disimpan di Museum Udara dan Ruang Angkasa Washington DC. Wright bersaudara juga merancang Flier II dan dapat diterbangkan 105 kali pada tahun 1904.

Pesawat Flier III sebagai penyempurnaan pesawat sebelumnya, diciptakan kembali pada tahun 1905 dan berhasil membawa keduanya terbang dengan sangat leluasa di dekat kota Dayton.

Wilbur Wright meninggal karena penyakit tipes yang dideritanya pada tanggal 30 Mei 1912 di Dayton, Ohio. Sementara itu, Orville Wright wafat di tempat kelahirannya pada tanggal 30 januari 1948.

Baca juga artikel terkait berikut :

Demikian ulasan mengenai Biografi Lengkap Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan