Biografi Lengkap Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal dari Inggris

Amongguru.com. Biografi Lengkap Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal dari Inggris.

Samuel Crompton lahir di Firwood, dekat Bolton, Lancashire, Inggris, pada tanggal 3 Desember 1753. Ketika masih muda, Crompton bekerja sebagai pemintal kapas menjadi benang. Pada saat itu, kapas merupakan bahan utama tekstil, karena belum ditemukan bahan sintetis.

Crompton memintal kapas menggunakan mesin ciptaan James Hargreaves, yaitu pada spinning jenny. Ternyata mesin tersebut banyak membuat kerusakan pada benang, sehingga menyulitkan pekerjaan.

Crompton kemudian merasa tertantang untuk menciptakan mesin pemintal baru yang lebih berdaya guna. Dirinya kemudian mencurahkan seluruh waktu luangnya setelah bekerja untuk membuat rancangan tersebut.

Akhirnya. pada tahun 1779, Crompton berhasil menciptakan sebuah mesin yang daoat menulur terus menerus dan membuat pintalan terakhir bagi serat kapas yang dimasukkan ke dalam mesin itu, persis meniru gerakan tangan dari seorang pemintal.

Mesin pemintal buatan Crompton ini dikenal dengan naman spinning smule yang memungkinkan untuk dikembangkan pada pabrik benang .  Atas penemuan Crompton ini, bahan tekstil dapat dipintal dalam jumlah yang besar.

Konon, mesin pintal ciptaan Crompton ini disebut mule, yang berarti bagal atau kuda silangan, karena merupakan hasil silangan mesin ciptaan Arkwright dan Hargreaves, yaitu mesin spinning frame dan spinning jenny. 

Spinning frame diciptakan oleh Ricard Arkwright pada tahun 1768, sedangkan spinning jane adalah mesin pemintal yang ditemukan oleh James Hargreaves pada tahun 1778. Hampir 200 tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 1589, William Lee juga telah menciptakan sebuah mesin rajut.

Akan tetapi manfaat mesin rajut ini tidak sebesar mesin pintal. Kain rajutan hanya terbatas pada musim dingin dan musin tertentu saja. Sedangkan kain hasil pintal dapat dipakai dalam segala musim.

Biografi Lengkap Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal dari Inggris
Biografi Lengkap Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal dari Inggris

Berkat penemuan mesin pintalnya, dengan cepat permintaan terhadap mesin tersebut mulai berdatangan. Sayangnya, Crompton tidak bisa mendapatkan hak paten atas penemuannya.

Crompton mengungkapkan rahasia mesinnya kepada sejumlah perusahaan dengan  harapan mereka akan membayarnya. Akan tetapi yang dia peroleh ternyata tidak memadai. Akhirnya, parlemen Inggris yang kemudian memberikan bantuan sejumlah uang kepada Crompton dalam jumlah yang cukup besar.

Crompton meninggal pada tanggal 26 Juni 1827 di Bolton, Inggris.

Demikian Biografi Lengkap Samuel Crompton Penemu Mesin Pintal dari Inggris. Semoga bermanfat.

Tinggalkan Balasan