Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina

Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina

Amongguru.com. Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina – Kertas merupakan alat tulis yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Kertas sejaka lama difungsikan untuk mencatat segala sesuatu yang dianggap penting. Bahkan sekarang kertas banyak digunakan sebagai bahan pembungkus dan juga untuk hiasan.

Tahukah Anda bahwa kertas sudah ditemukan sejak lama? Cai Lun adalah penemu kertas berkebangsaan Tionghoa yang hidup pada jaman Dinasti Han, abad ke 2 Masehi. Cai Lun dilahirkan di Guiyang, salah satu wilayah di Provinsi Hunan.

Dunia mengakui bahwa Cai Lun mempunyai sumbangan begitu besar bagi dunia percetakan, tulis menulis, dan penerbitan karena dialah yang telah menemukan kertas. Baca juga : Biografi Hidetsugu Yagi sang Penemu Antena dari Jepang

Dia adalah seorang kasim Cina yang bekerja sebagai pegawai negara pada pengadilan kekaisaran. Meskipun kertas buatannya belum sesempurna sekarang, tetapi Cai Lun diakui sebagai penemu kertas secara tradisional.

Pada waktu itu kertas sudah dikenal sejak abad 2 SM, akan tetapi Cai Lun dianggap telah berjasa dalam pembuatan kertas dengan penambahan bahan-bahan baru yang penting ke dalam komposisinya.

Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina
Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina

Sejarah Penemuan Kertas
Pada jaman kuno, tulisan dan prasasti umumnya dilakukan pada tablet bambu atau potongan sutra yang disebut chih. Karena harga sutra yang mahal dan beratnya bambu, menjadikan kedua alat tersebut tidak nyaman untuk digunakan.

Berdasarkan masalah tersebut, Cai Lun kemudian mencari ide untuk membuat kertas dari kulit pohon. Cai Lun selanjutnya membuat kertas dari kulit kayu murbei, dengan cara bagian dalam kulit kayu direndam di air dan dipukul-pukul, sehingga seratnya lepas.

Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah direndam dan menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur, sehingga jadilah kertas msekipun kualitasnya belum sebaik saat ini.

Pada tahun 105 M, Cai Lun mempersembahkan contoh kertas buatannya pada Kaisar Han Hedi. Catatan tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han. Karena penemuannya tersebut, Cai Lun kemudian naik pangkat, mendapat gelar kebangsawanan dan menjadi cukong.

Penemuan kertas oleh Cai Lun ini berpengaruh pada negara-negara di Asia Timur. Kertas menjadi banyak digunakan sebagai media menulis di Cina pada abad ke-3. Hal Ini memungkinkan China untuk mengembangkan peradabannya melalui sastra dan literasi, jauh lebih cepat daripada menggunakan bahan penulisan yang sebelumnya, yaitu  bambu dan sutra.

Teknik pembuatan kertas China telah menyebar ke Korea, Vietnam, dan Jepang pada abak ke-7. Pada awanya, Cina sangat merahasiakan teknik pembuatan kertas ini. Rahasia membuat ini terkuat sekitar tahun 750 setelah tenaga ahli pembuat kertas menjadi tawanan orang-orang Arab, sehingga dalam waktu singkat kertas mampu diproduksi di Bagdad dan Sarmarkand.

Teknik pembuatan kertas akhirnya menyebar ke seluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Ketika kertas pertama kali diperkenalkan ke Eropa di abad ke-12, maka secara bertahap telah merevolusi cara komunikasi tertulis.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Biografi Lengkap Cai Lun Sang Penemu Kertas dari Cina.

Semoga dapat menambah referensi bacaan Anda.

Tinggalkan Balasan