Biografi Lengkap Alexander Graham Bell Sang Penemu Telepon

Amongguru.com. Biografi Lengkap Alexander Graham Bell Sang Penemu Telepon.

Alexander Graham Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya dan meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada, pada 2 Agustus 1922 di usia 75 tahun.

Alexander Graham Bell dikenal dunia sebagai ilmuwan yang menciptakan dan mendirikan perusahaan Bell pada tahun 1877. Bell adalah penemu alat komunikasi telepon, dimana penemuannya tersebut telah mengilhami perkembangan teknologi telepon sampai dengan sekarang.

Berkat penemuan Bell di bidang telepon inilah, maka telepon genggam diciptakan dan menjadi bagian dari kehidupan manusia modern saat ini.

Meskipun Alexander Graham Bell dikenal dunia sebagai penemu telepon, dia tidak pernah menelpon istrinya karena mereka tuna rungu.

Pada masa remajanya, Bell kurang mendapatkan pendidikan formal. Akan tetapi, Bell mendapatkan pendidikan cukup baik oleh keluarganya dan belajar secara otodidak. Ayahnya adalah seorang ahli memperbaiki vokal pidato dan pengajar bagi orang-orang yang tuli.

Biografi Lengkap Alexander Graham Bell Sang Penemu Telepon
Biografi Lengkap Alexander Graham Bell Sang Penemu Telepon

Pada tahun 1875, Bell membuat percobaan-percobaan yang mengarah pada penemuan telepon di Boston, negara bagian Massachusetts. Bulan Februari 1876, Alexander Graham Bell mematenkan penemuan teleponnya dan mendapatkan imbalan atas penemuannya tersebut pada beberapa minggu kemudian.

Bell memperlihatkan telepon hasil penemuannya tepat pada saat ada pameran 100 tahun kota Philadelphia. Meskipun penemuannya tentang telepon tersebut telah menarik perhatian publik, akan tetapi The Western Union Telegraph Company yang menawarkan uang sebesar seratus ribu US dollar untuk penemuan alat itu membatalkan membayarnya tanpa alasan yang jelas.

Karena merasa penemuanya tidak dihargai, kemudian pada bulan Juli 1877, Bell bersama dengan kawan-kawannya mendirikan perusahaan, sendiri, sebagai nenek moyang dari American Telephone and Telegraph Company saat ini.

Telepon penemuan Bell ini dengan cepat mencapai kesuksesan secara komersial.  Bell dan istrinya sama sekali tidak mengira bahwa keuntungan yang diterima oleh perusahaannya begitu luar biasa. Pada tahun 1883, perusahaan mereka sudah bisa peroleh keuntungan seharga sekitar sejuta US dolar.

Di tengah-tengah kesuksesannya menikmati keuntungan dari penjualan telepon hasil penemuannya, Bell tetap terus berupaya melakukan penelitian tentang alat-alat yang dia dedikasikan khususnya untuk orang-orang yang tuna rungu.

Demikian ulasan mengenai Biografi Lengkap Alexander Graham Bell Sang Penemu Telepon. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan