Biografi Joseph John Thomson Penemu Elektron dan Inggris

Amongguru.com. Biografi Joseph John Thomson Penemu Elektron dan Inggris.

Joseph John Thomson lahir pada tanggal 18 Desember 1856 di Cambridge, Inggris, dan meninggal pada tanggal 30 Agustus 1940. Ayah Thomson adalah seorang penjual buku dan Thomson sendiri adalah seorang kutu buku.

Kehausannya untuk selalu membaca buku menjadikan hari-hari Thomson saat masih remaj adigunakan untuk membaca buku yang dijual ayahnya.

Pada umur 14 tahun, Thomson diterima di Owens College (sekarang bernama Universitas Victoria Manchester), sebagai sekolah yang paling maju di Inggris pada waktu itu.

Di sekolah tersebut, Thomson diajari tentang fisika terapan. Thomson dididik untuk melakukan dan membuat eksperimen, tidak hanya sekedar teori. Pada umur 20 tahun, Thomson mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Trinity College di Cambridge.

Biografi Joseph John Thomson Penemu Elektron dan Inggris
Biografi Joseph John Thomson Penemu Elektron dan Inggris

Thomson adalah seorang ahli fisika dari Inggris yang meraih hadiah Nobel pada tahun 1906 atas penemuannya yang luar biasa, yaitu elektron. Elektron merupakan partikel atom yang berputar mengelilingi atom dan bermuatan negatif.

Thomson berhasil membuktikan sinar katoda, sebagai sinar yang bermuatan elektron, dimana sebelulmnya juga pernah diteliti oleh Becquerel.

Thomson juga menjadi orang pertama yang membuat model atom, pada tahun 1904. Model atom yang diciptakannya mirip seperti roti kismis, sehingga disebut model atom kismis.

Selanjutnya, model atom ciptaan Thomson tersebut hanya mampu bertahan selama tujuh tahun, karena Rutherford kemudian menyempurnakannya dan diperbaiki lagi oleh Niels Bohr dan Heisenberg.

Karena kejeniusannya, Thomson diangkat sebagai direktur laboratorium Cavendish selama kurang lebih 35 tahun, dari tahun 1884 sampai dengan tahun 1991. Selama menjadi direktur di laboratorium tersebut, Thomson merombak sedemikian rupa untuk tempat penelitian di bidang fisika, sehingga mampu melahirkan ilmuwan-ilmuwan handal.

Thomson bahkan dapat disebut sebagai mahaguru fisika, karena delapan muridnya sukses mengikuti jejaknya dengan memenangkan hadiah Nobel. Dari laboratorium ini, terciptalah penemuan-penemuan penting di bidang fisika, antara lain elektron, proton, neutron, isotop, sinar alfa, sinar beta, dan sinar gamma.

Demikian Biografi Joseph John Thomson Penemu Elektron dan Inggris. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan