Biografi John Dalton Pencetus Teori Atom Modern Dari Inggris

Amongguru.comBiografi John Dalton Pencetus Teori Atom Modern dari Inggris.

John Dalton dilahirkan pada tanggal 6 September 1766, di sebuah desa kecil bernama Eaglesfield, Cumbria, Britania Raya dan meninggal tanggal  27 Juli 1844 di Manchester, Britania Raya. 

John Dalton hanya sempat mengenyam sekolah formal sampai dia berusia tujuh tahun. Setelah itu, dia sepernuhnya belajar ilmu pengetahuan secara otodidak. John Dalton

Sekolah formalnya berakhir tatkala umurnya cuma baru tujuh tahun, dan dia hampir sepenuhnya belajar sendiri dalam ilmu pengetahuan. Dia seorang anak muda yang senantiasa memahami sesuatu lebih dulu dari rata-rata orang normal, dan ketika umurnya mencapai dua belas tahun dia sudah jadi guru.

John dalton terkenal sebagai ilmuwan Inggris yang berjasa di bidang kimia karena telah mengembangkan teori model atom modern.

John Dalton berhasil merumuskan teori tentang atom pada tahun 1803 yang dituangkan dalam buku karangannya berjudul New System of Chemical Philosophy.

Beberapa ilmuwan sebelumnya, juga telah mengemukakan hipotesanya tentang atom. Bahkan filusuf Yunani Kuno seperti  Demokritus pernah membuat syair yang cukup terkenal pada masanya, yaitu  “De rerum natura” (hakikat benda).

Demokritus meyakini bahwa di dalam objek material tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil dan tidak mudah rusak, yang selanjutny disebut sebagai atom. Teori dari Demokritus ini didukung oleh ilmuwan terkemuka dari abad ke-17, termasuk Sir Issac Newton.

Akan tetapi dari teori yang dikemukan oleh Demokritus tentang hakikat atom, belum kuat untuk digunakan dalam penyelidikan ilmiah, karena tidak ada hubungan tentang filosofis atom dengan hal-hal yang nyata di bidang kimia.

Biografi John Dalton Pencetus Teori Atom Modern Dari Inggris

John Dalton berhasil mengemukakan teori tentang atom secara kuantitatif, sehingga dapat digunakan dalam pernafsiran pada percobaan kimia. John Dalton dengan jelas mengemukakan konsep tentang atom, molekul, dan campuran kimia.

Teorinya menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi. Tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap.

Dalton juga berpendapat bahwa tiap dua jenis atom dari kelompok yang seupa adalah memiliki kesamaan kualitas, termasuk kualitas material dalam benda yang diukur. Dalton juga menjelaskan dengan jelas bahwa tiap dua molekul dari gabungan kimiawi yang sama terdiri dari kombinasi atom yang serupa.

Hanya dalam waktu sekitar dua puluh tahun, maka teori atom yang dikemukakan oleh John Dalton diyakini dan diikuti olah para ahli kimia.

Berikut ini postulat tentang atom yang dikemukakan oleh John Dalton.

  1. Setiap unsur terdiri dari partikel yang sangat keci yang disebut atom
  2. Atom dari unsur yang sama memiliiki sifat yang sama
  3. Atom dari unsur berbeda akan memiliki sifat yang berbeda pula
  4. Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain dengan reaksi kimia.
  5. Atom tidak dapat dimusnahkan dan atom juga tidak dapat dihancurkan
  6. Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul

Tabel elemen dan daftar berat atom menurut John Dalton 

Demikian ulasan mengenai Biografi John Dalton Pencetus Teori Atom Modern Dari Inggris. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan