Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak dari Jerman

Amongguru.com. Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak dari Jerman.

Johannes Gensfleisch Gutenberg lahir pada sekitar tahun 1395 di Mainz, Jerman, dari keluarga bangsawan Gensfleish. Berita mengenai masa muda atau riyawat hidup Gutenberg secara detail sangat sulit diperoleh.

Hal ini disebabkan karena Gutenberg tidak pernah mengkomersilkan penemuan terbesarnya dalam sejarah, yaitu mesin cetak.

Konon, Gutenberg pernah menjalani hukuman pengasingan selama beberapa tahun di Strasgourg akibat keterlibatannya di bidang politik.

Jasa Gutenberg sebagai penemu mesin cetak sangat memengaruhi kemajuan Eropa pada masa itu. Padahal, apabila ditilik kembali urutan penemuan di bidang percetakan, maka Cina adalah pelopornya. Akan tetapi penemuan orang-orang Cina pada bidang percetakan tidaklah semodern penemuan dari Gutenberg.

Pada tahun 868 SM, hampir empat abad sebelum penemuan Gutenberg, sebuah buku cetakan sudah ditemukan di Cina. Akan tetapi, sistemnya masih menggunakan proses cetak blok, yaitu kayu atau logam yang dicukil untuk sebuah buku tertentu dan tidak bisa digunakan untuk buku yang lain.

Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak dari Jerman
Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak dari Jerman

Dapat dibayangkan betapa repotnya dan memakan waktu yang lama untuk memproduksi buku-buku yang masing-masing harus memiliki cetakan blok.

Pada pertengahan abad ke-11, huruf cetak yang bisa bergerak juga ditemukan di Cina. Akan tetapi, karena terbuat dari sejenis tanah, maka tentu tidak bisa bertahan lama.

Selanjutnya pada awal abad ke-15, Korea juga telah menggunakan huruf cetak dari logam.  Sayangnya, mesin cetak buatan Korea ini tidak menjadi milik umum, sehingga sulit untuk dilacak.

Sementara penemuan Gutenberg pada tahun 1447 sama sekali tidak terlebih dahulu mempelajarai huruf cetak bergerak dari Cina. Setelah jenis mesin cetak praktis ini berkembang luas di daratan eropa, maka Cina baru mempelajarinya dari Barat.

Pada tahun 1454, dicetak buku yang merupakan sumbangan Gutenberg paling indah, yaitu sebuah kitab yang kemudian dikenal sebagai Injil Gutenberg.

Namun demikian, namanya sama sekali tidak tercantum sama sekali dalam buku cetakannya tersebut. Sepertinya Gutenberg tidak berniat memanfaatkan penemuannya tersebut untuk tujuan komersial.

Bahkan alat-alat percetakan yang dimilikinya sering dijadikan sebagai alat penebus denda pengadilan yang sering melibatkannya pada beberapa kasus.

Kesadaran akan tingginya hak paten belum ada pada diri Gutenberg, sehingga hidupnya tidaklah kaya raya. Padahal, sebagai penemu metode pertama penggunaan huruf cetak bergerak yang terbuat dari logam campuran, tentu dapat menjanjikan kekayaan jika hal tersebut terjadi pada masa sekarang.

Selain itu, Gutenberg adalah orang pertama yang dapat dengan teliti menuangkan cairan logam dalam rangka pembuatan huruf cetak blok dan juga pakar menggunakan tinta cetak serta alat penekan saat mencetak.

Penemuan Gutenberg telah membawa bangsa Eropa untuk dapat saling berbagi informasi secara merata. Gutenberg wafat di Mains pada tahun 1468.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Johannes Gensfleisch Gutenberg Penemu Mesin Cetak dari Jerman. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan