Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang

Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang

Amongguru.com. Berikut ini admin bagikan informasi tentang Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang yang mungkin belum banyak Anda ketahui.

Hidetsugu Yagi dilahirkan pada tanggal 28 Januari 1886 di Osaka, Jepang, dan meninggal pada tanggal 19 Januari1976 di usia 89 tahun.

Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang
Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang

Banyak ilmuwan mengatakan  bahwa Hidetsugu Yagi  merupakan tokoh yang berpengaruh dan penting dalam bidang teknologi. Hidetsugu Yagi adalah 10 penemu terpenting dalam tokoh dalam sejarah Jepang.

Hidetsugu Yagi dikenal oleh dunia berkat penemuannya yang luar biasa di bidang elektronika, yaitu antena.

Ya…antena adalah piranti elektronik yang biasa digunakan untuk menangkap gelombang elektromagnetik pada televisi maupun radio. (Baca juga: Biografi Isaac Newton sang Penemu Hukum Gravitasi)

Sejak kecil, Hidetsugu Yagi sangat senang dengan dunia elektronika. Karena kecintaannya yang besar terhadap elektronik, kemudian Hidetsugu Yagi memilih belajar di jurusan listrik pada Universitas Imperial Tokyo sampai menjadi seorang insinyur listrik  di tahun 1909.

Selesai kuliah, Hidetsugu tidak puas hanya berbekal ilmu kelistrikan dari kampusnya saja. Dia kemudian memutuskan untuk pergi ke beberapa negara demi mengenal lebih dalam tentang kelistrikan, diantaranya Inggris, Amerika, dan Jerman.

Di Jerman, Hidetsugu Yugi melakukan riset tentang turunan gelombang listrik yang menggunakan teknologi nirkabel (wireless) . Hidetsugu Yagi berhasil menemukan adanya gelombang listrik yang dapat dihantarkan pada kondisi tertentu.

Penemuan inilah yang selanjutnya menjadi dasar dari diciptakannya antena. Melalui bantuan rekannya, Shintaro Uda, akhirnya pada tahun 1926, Hidetsugu Yagi berhasil mengembangkan alat hasil penemuannya tersebut dan dipatenkan.

(Baca juga : Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung)

Hidetsugu Yagi berhasil membuat antena pertama kali di dunia yang diberi nama “Yaggi Antena” atau Antena Yagi.

Antena Yagi memungkinkan penerimaan secara terarah dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Konstruksi antena Yagi ini sudah digunakan pada antena-antena modern dan dipasang oleh puluhan juta rumah di seluruh dunia.

Pada tahun 1930, Hidetsugu Yagi memutuskan kembali ke negaranya, Jepang, untuk mengenalkan kepada masyarakat Jepang tentang hasil penemuannya tersebut.

Meskipun di negaranya sendiri kurang mendapatkan tanggapan yang baik, terutama dari kalangan akademisi Jepang, nyatanya penemuan antena oleh Hidetsugu Yagi ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari negara-negara Eropa dan juga Amerika.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penemuan Hidetsugu Yagi ini adalah penemuan terbesar dalam bidang elektronika. Antena menjadi bagian penting dari sebuah televisi atau radio. Melalui antena, kita dapat menikmati siaran televisi dan mendengarkan radio secara jelas dan jernih.

Melalui antena, akan lebih mengarahkan penerimaan gelombang elektromagnetik televisi maupun radio. Gangguan-gangguan terhadap penerimaan gelombang pun dapat diminimalkan dengan adanya antena.

Karir Hidetsugu Yagi setelah berhasil menemukan antena dapat dikatakan berkembang cukup pesat. Pada tahun 1942, Hidetsugu Yagi dilantik menjadi Direktur pada Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo pada tahun 1942.

Selanjutnya di tahun 1944, Hidetsugu Yagi menduduki jabatan sebagai  direktur Jenderal Institut Teknologi. Pada tahun 1946, Hidetsugu Yagi diangkat menjadi Direktur Jenderal Osaka Imperial University. (Lihat juga : Gambar Antena Buatan Hidetsugu Yagi). Pada tahun 1952, Hidetsugu Yagi menjadi presiden Established Yagi Antenna Inc.

Sekian ulasan tentang Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang.

Semoga dengan postingan mengenai Biografi Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena dari Jepang, Anda dapat lebih mengenal dekat dengan Hidetsugu Yagi, si penemu antena yang melegenda.

Tinggalkan Balasan