Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio dari Italia

Amongguru.com. Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio dari Italia.

Guglielmo Marconi lahir di Bolognia, Italia, pada tanggal 25 April 1874. Ayahnya Marconi, yaitu Giuseppe, adalah seorang pengusaha. Sedangkan ibunya, Annie Jameson, berasal dari keluarga berada di Irlandia.

Sekitar tahun 1855, kakernya Marconi menjual perkebunan leluhur dan membeli vila Grifoni, sebuah rumah tuan tanah yang dikelilingi ratusan area tanah di Pantecchio dekat Bologna.

Di vila tersebut, Marconi dibesarkan hingga berusia 22 tahun. Di vila ini juga, Marconi memperagakan eksperimen pertamanya berupa telegram tanpa kawat dengan menggunakan gelombang radio yang dihasilkan oleh percikan listrik.

Pada masa kecilnya, Marconi sering mengunjungi kerabat ibunya di Inggris. Karena itulah, Marconi mampu mengguasai dua bahasa sekaligus, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Italia.

Marconi memperoleh pendidikan privat di rumah dan selama tujuh tahun menuntut ilmu di sebuah institut teknik. Akan tetapi, dirinya gagal dalam  ujian masuk Universitas Bologna dan Akademi Laut di Leghorn.

Pada usia 20 tahun, Marconi sudah akrab dan menyenangi percobaan-percobaan yang dilakukan oleh para ahli kelistrikan, seperti Maxwell, Kelvin, dan Hertz.

Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio dari Italia
Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio dari Italia

Meskipun telah gagal masuk ke universitas, seorang professor dari Universitas Bologna bersimpati pada Marconi, karena melihat rasa ingin tahunya yang besar. Profesor tersebut mengjinkan Marconi untuk mengikuti kuliah sebagai pendengar dan diperbolehkan untuk menggunakan laboratorium untuk berlatih.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan Hertz yang membuktikan adanya gelombang elektromagnetik yang tidak tampak oleh mata, tetapi bergerak di udara dengan kecepatan udara, maka muncul ide dari Marconi.

Marconi berpikir bahwa gelombang tersebut pasti dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan tanda-tanda. Setelah selama satu tahun bekerja keras untuk mewujudkan idenya tersebut, maka pada tahun 1895, Marconi berhasil membuat peralatan yang dibutuhkannya.

Setahun kemudian, Marconi berhasil mendemonstrasikan penemuannya dan memperoleh hak paten atas temuannya tersebut. Marconi kemudian mendirikan perusahaan “Marconi” yang menjadi cikal bakal stasiun radio pertama di dunia.

Pada tahun 1902, Maconi mengembangkan radio detektif magnetic, tepat satu tahun setelah dirinya dianugerahi Hadiah Nobel. Marconi berhasil mengirimkan berita radio dari Irlandia ke Argentina sejauh 6.000 mil dengan memakai kode Marconi.

Pengiriman suara lewat radio baru terlaksana dengan sukses pada tahun 1915 dan sejak itu pemakaian radio melesat dengan cepat. Marconi wafat pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio dari Italia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan