Biografi George Eastman Penemu Film Kamera Kodak dari Amerika Serikat

Biografi George Eastman Penemu Film Kamera Kodak dari Amerika Serikat

Amongguru.com. George Eastman lahit di Waterville, New York, Amerika Serikt, pada tanggal 1 Juli 1854 dan meninggal pada tanggal 14 Maret 1932 di Rockester, New York. Eastman adalah penemu film (kamera Kodak) dan pendiri Eastman Kodak Company..

Selama hidupnya, Eastman tidak pernah mengenyam bangku perguruan tinggi, karena dia hanya menempuh pendidikan hingga sekolah lanjutan di sekolah negeri Rockester.

Selepas sekolah, Eatsman pernah bekerja sebentar di salah satu perusahaan asuransi dan pernah menjadi pegawai rendah di sebuah bank

Kata kodak sendiri tidak memiliki arti, hanya sebuah nama rekaan dan spontan melitas di benak Eastman. Eastman dikenal sebagai seorang yang rendah hati dan sangat bersahaja.

Prinsip utama dari sebuah kamera adalah adanya pelat atau film. Kamera pertama yang dimiliknya adalah Daguerretype, diambil dari dua nama penciptanya, yaitu Daguerre dan Niepce. Kamera tersebut merupakan cikal bakal dari semua kamera yang ada saat ini.

Biografi George Eastman Penemu Film Kamera Kodak dari Amerika Serikat
Biografi George Eastman Penemu Film Kamera Kodak dari Amerika Serikat

Penemuan Kamera Kodak

Eastman adalah orang yang pertama kali menciptakan pelat atau lempengan kering yang lebih dikenal dengan sebutan film pada tahun 1880.

Penemuannya membawa dampak yang luar biasa pada perkembangan fotografi pada masa itu.

Kamera tidak lagi harus berat dan proses pencucian gambar dapat dilakukan kapan saja karena hasil rekaman foto tidak hilang.

Sejak ditemukannya film tersebut, maka kamera jauh lebih ringan sehingga praktis saat dibawa

Setelah Eastman menemukan pelat kering ini, dirinya tidak lantas puas dengan hasil penemuan tersebut.

Eastman berusaha untuk menyempurnakan hasil temuannya, karena pelat yang dia buat berbahan kaca dan mudah pecah,

Pada tahun 1884, dia berhasil menciptakan film gulungan dan di tahun 1888, Eastman memperkenalkan kamera kodak pertama yang masih sederhana dan mudah digunakan.   Penemuan kamera kodak tersebut segera menarik perhatian para fotografer saat itu.

Bersamaan dengan ditemukannya pelat kering pada tahun 1880, Eastman mendirikan perusahaan film dan lempeng kering yang berubah nama menjadi Eastman Kodak Company di tahun 1892.

Perusahaan tersebut berhasil menjual lempengan kering dan juga kamera kodak. Sebelum penemuan film oleh Eastman, para fotografer pada saat itu harus melapisi pelat mereka dengan bahan kimia tertentu agar basah dan segar setiap kali mereka akan memotret.

Perusahaan yang didirikan oleh Eastman menjadi pelopor penjualan kamera pertama untuk umum yang diberi nama Kodak I.

Keuntungan dari penjualan kamera tersebut tidak dia gunakan untuk kepentingan pribadi, akan tetapi diwariskan kepada beberapa perguruan tinggi di kota.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Biografi George Eastman Penemu Film Kamera Kodak dari Amerika Serikat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan