Biografi Frederick Grant Banting Penemu Insulin dari Kanada

Biografi Frederick Grant Banting Penemu Insulin dari Kanada

Amongguru.com. Frederick Grant Banting dilahirkan di Alliston, Ontario, Kanada, pada tanggal 14 November 1891.

Frederick merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan William Thompson Banting dan Margareth Grant.

Setelah lulus sekolah menengah atas, Frederick kemudian meneruskan pendidikan di Universitas Toronto jurusan Teologi dan pindah ke jurusan kedokteran.

Pada tahun 1916, Frederick memperoleh gelar sarjana muda dan bekerja sebagai dokter di korps Angkatan Darat Kanada.

Setelah Perang Dunia I berakhir, Frederick bersekolah kembali dan mengambil jurusan ortopedi sambil bekerja di rumah sakit.

Dirinya juga bekerja paruh waktu menjadi dosen ortopedik di University of Western Ontario, Canada.

Frederick merupakan dokter pertama di dunia yang menemukan insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh. Hormon insulin secara alami dihasilkan pada organ yang disebut pankreas.

Insulin mampu mengubah gula darah menjadi gula otot (glikogen) untuk kebutuhan nutrisi sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin akan menyebabkan penyakit diabetes.

Biografi Frederick Grant Banting Penemu Insulin dari Kanada
Biografi Frederick Grant Banting Penemu Insulin dari Kanada

Penemuan insulin ini dilatar belakangi oleh peristiwa ketika lengan kanan Frederick terkena pecahan peluru meriam dan seharusnya diamputasi.

Karena menyadari karirnya sebagai ahli bedah akan selesai jika tidak memiliki lengan tangan, Frederick kemudian meminta agar amputasi dibatalkan.

Frederick dan asistennya, Dr. Charles Best kemudian memulai percobaannya dalam penemuan insulin melalui teknik ekstraksi.

Frederick berhasil melakukan ekstrak insulin lalu memproduksinya secara besar-besaran melalui kultur jaringan dengan bantuan mikroorganisme.

Pada tahun 1923, Frederick dan Macleod mendapatkan hadiah Nobel di bidang kedokteran. Satu tahun kemudian, di tahun 1924, Raja George V Kanada memberikan  gelar knight (satria) kepadanya.

Pada waktu Perang Dunia II, Frederick bergabung dengan korps Angkatan Udara Kanada dan terlibat dalam berbagai proyek pembuatan senjata biologis, termasuk memproduksi bakteri antraks secara besar-besaran.

Frederick Banting meninggal dalam suatu kecelakaan pesawat pada saat dia dalam penerbangan di New Founland pada tanggal 1 Februari 1941.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian Biografi Frederick Grant Banting Penemu Insulin dari Kanada. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan