Biografi Dmitri Mendeleev Sang Penemu Tabel Periodik Unsur

Amongguru.com. Biografi Dmitri Mendeleev Sang Penemu Tabel Periodik Unsur.

Dmitri Mendeleev dilahirkan di Verkhnie Aremzyani, Kekaisaran Rusia, pada tanggal, 8 Februari 1834 dan meninggal di St. Petersburg, Kekaisaran Rusia, tanggal 2 Februari 1907 pada umur 72 tahun.

Mendeleev adalah seorang ahli kimia dari Kekaisaran Rusia. Penemuan penting dari Mendeleev adalah diciptakannya tabel periodik unsur berdasarkan peningkatan bilangan atom.

Bilangan ini menunjukkan jumlah proton yang terdapat dalam inti atom. Jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi sebuah atom bebas.

Mendeleev telah merumuskan hukum periodik, menciptakan bentuk tersendiri tabel periodik dari unsur-unsur dan menggunakannya untuk memperbaiki sifat-sifat beberapa unsur yang sudah ditemukan sebelumnya. Dia juga berusaha untuk memprediksi sifat-sifat unsur yang belum ditemukan.

Mendeleev telah berhasil membuktikan bahwa jika dirinya menata unsur-unsur menurut kenaikan massa atom, maka unsur dengan sifat yang mirip berikutnya akan muncul dengan selang yang berskala.

Di dalam penelitiannya, Mendeleev membuat beberapa urutan tentang unsur-unsur zat kimia yang telah diketahui dengan menyusun seperangkat kartu, di mana setiap kartu berisi tiap-tiap unsur dan sifat-sifat kimianya.

Biografi Dmitri Mendeleev Sang Penemu Tabel Periodik Unsur
Biografi Dmitri Mendeleev Sang Penemu Tabel Periodik Unsur

Mendeleev menemukan hukum periodik ketika menyusun kartu-kartu tersebut, yang disusun secara berurutan menurut peningkatan massa atomnya, dan sifat-sifatnya diulangi secara periodik.

Terdapat nilai lebih pada tabel periodik yang disusun oleh Mendeleev, yaitu adanya pengakuan tentang unsur-unsur baru yang belum diketahui pada waktu itu, misalnya galium, germanium, dan skandium. Unsur-unsur tersebut tadinya belum diakui, sehingga tidak dapat dikelompokkan.

Tabel Periodik Unsur buatan Dmitri Mendeleev

Mendeleev selanjutnya menyediakan ruang untuk unsur-unsur tersebut dan bahkan dirinya telah memperkirakan massa atom dan bagaimana sifat-sifat kimianya nanti. Hasil penelitian tersebut oleh Mendeleev kemudian dipresentasikan pada Himpunan Kimia Rusia pada tanggal 6 Maret 1869.

Mendeleev mempresentasikan hasil penemuannya dengan judul “Ketergantungan antara Sifat Bobot Atom dari Elemen”, yang menggambarkan unsur-unsur, baik menurut berat atom dan valensinya.

Demikian ulasan mengenai Biografi Dmitriv Mendeleev Sang Penemu Tabel Periodik Unsur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan