Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia

Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia

Amongguru.com. Blaise Pascal dilahirkan pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis dan meninggal pada usia 39 tahun, tepatnya tanggal 19 Agustus 1662 di Paris, Perancis. Blaise Pascal sang penemu mesih hitung dikenal sebagai anak yang cerdas, meski dia tidak mengenyam pendidikan secara resmi karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang.

Pascal adalah seorang ahli matematika, ahli fisika, penulis, dan juga filosof Kristen berkebangsaan Perancis. Hobinya di bidang matematika, telah berhasil menuntunnya menemukan teori probabilitas.

Karena ketertarikannya yang tinggi terhadap geometri, maka di usianya yang masih muda (12 tahun), tepatnya tahun 1642, Blaise Pascal telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang pertama kali ada. Mesin hitung tersebut dapat digunakan untuk operasi matematika penjumlahan, penguranga, dan pembagian.

Meskipun mesin hitung itu masih sangat sederhana fungsinya, tetapi penemuan tersebut merupakan cikal bakal dari diciptakannya kalkulator yang kita gunakan sebagai alat hitung saat ini.

Biografi Blaise Pascal sang penemu mesin hitung pertama di dunia

Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia

Mesin hitung yang diciptakan oleh Blaise Pascal saat itu, lebih difungsikan untuk membantu pekerjaan ayahnya yang seorang penarik pajak. Blaise Pascal membantu ayahnya dalam menghitung penerimaan pajak.

Semakin beranjak remaja, maka karya-karya dari Blaise Pascal terus bertambah. Di usia 13 tahun, Blaise Pascal telah menemukan segi tiga Pascal.

Blaise Pascal berhasil menemukan pola bilangan yang tersusun membentuk sebuah segitiga tertentu, yang selanjutnya disebut segitiga Pascal.

Pada usia 16 tahun, Blaise Pascal menemukan teori Pascal, yang berbunyi titik-titik singgung pada sisi-sisi sebuah segienam kerucut terletak pada satu titi. Teorema ini selanjutnya menjadi salah satu teorema dasar pada bidang geometri proyektif.

Blaise Pascal juga telah berhasil merancang bangunan segienam (hexagram), menemukan prinsip kerja barometer (alat pengukur tekanan udara), menemukan sistem kerja dari arloji, hingga terlibat dalam pembuatan sistem transportasi bawah tanah kota Paris.

Karena kedekatannya dengan Kerajaan Perancis, maka Blaise Pascal berhasil bekerja sama dengan Kerajaan Perancis dan membangun Akademi Sains Perancis (French Academy of Sciences).

Selama tiga tahun (1642-1644), Blaise Pascal berusaha mengembangkan mesin hitung temuannya dan sudah berhasil membuat puluhan prototipe mesin hitung, yang dikenal dengan kalkulator mekanik.

Sepuluh tahun kemudian, Blaise telah berhasil menyempurnakan temuan mesin hitungnya, yang dia beri nama kalkulator Pascal atau Pascalines.

Tetapi sayang di akhir hidupnya, Blaise Pascal sempat mengalami jatuh miskin dan sakit-sakitan akibat kebiasaan buruknya menghabiskan waktu dengan bersenang-senang dan judi. Masa suram ini dilaluinya selama hampir dua tahun.

Untunglah, sang adik, Gilberte, berhasil menyadarkannya dan menjadikan Blaise Pascal hidup normal kembali.

Bersama dengan temannya yang bernama Fermat, Blaise Pascal kemudian berhasil merumuskan teori Probabilitas. Di dalam perkembangannnya, teori ini menjadi dasar ilmu dalam menghitung resiko asuransi dan statistik.

Di umur 24 tahun, Blaise Pascal mempelajari tentang teori kehampaan. Blaise Pascal membuat tabung kaca yang  diisi air raksa diletakkan di dua tempat berbeda ketinggiannya. Hasilnya ternyata terjadi perbedaan ketinggian pada kolom raksa tersebut.

Teori ini membuktikan bahwa tekanan udara di tempat yang satu dengan lainnya  memiliki nilai berbeda.

Akibat kondisi kesehatannya yang terus menerus menurun, akhirnya pada tanggal 19 Agustus 1662, Blaise Pascal meninggal dunia. Berbagai spekulasi pun muncul terhadap penyebab meninggalnya Blaise Pascal.

Ada yang menyebutkan Blaise Pascal meninggal karena penyakit TBC. Akan tetapi ada pula yang berpendapat Blaise Pascal meninggal karena pelemahan fungsi otak.

Selain Biografi Blaise Pascal sang penemu mesin hitung pertama di dunia, silahkan dibaca juga :

Demikian ulasan mengenai Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia.

 

2 Replies to “Biografi Blaise Pascal Sang Penemu Mesin Hitung Pertama di Dunia

    1. hehe.. ya mas keren…penemuan-penemuan terbesar sepanjang masa biasanya berangkat dari hal-hal yang sederhana.
      Mesin hitung ciptaan Blaise pascal ini menggunakan roda penghitung untuk menjumlahkan bilangan, jadi tidak pake batere. ya..mirip-mirip sempoa..

Tinggalkan Balasan