Biografi Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif dari Perancis

Amongguru.com. Biografi Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif dari Perancis.

Antonie Hendri Becquerel dilahirkan di Paris pada tanggal 15 Desember 1852.  Becquerel terlahir dari keluarga yang menelurkan empat generasi ilmuwan, yaitu ayahnya, Alexander Edmond Becquerel, kakeknya Antoine Cesar Becquerel, dan putranya Jean Becquerel.

Kakek dan ayahnya merupakan seorang ilmuwan yang terkenal, karena menjadi profesor fisika di Museum Sejarah Alam di Paris dan anggota Akademia Imu Pengetahuan Perancis.

Becquerel  merupakan fisikawan asal Prancis yang telah berhasil menemukan radioaktivitas pertama di dunia. Namanya juga digunakan sebagai satuan radioaktivitas, yakni Becquerel.

Radioktif merupakan daya pancar dari sinar tertentu dan beberapa unsur atau zat yang tidak mungkin dapat diuraikan. Beberapa unsur yang tergolong logam berat, seperti radium, aktinium, torium, dan uranium, pancarannya timbul dengan spontan.

Radioaktif biasa digunakan dibidang kedokteran, misalnya untuk penyelidikan penyakit melalui sinar rontgen (sinar X) atau untuk menghancurkan sel-sel kanker. Apabila pemakaiannya tidak terkendali, zat radioaktif bisa menjadi sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Biografi Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif dari Perancis
Biografi Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif dari Perancis

Bom Nagasaki dan Hiroshima adalah contoh pemakaian radioaktif yang tidak terkendali. Sampai saat ini dan bahkan beberapa generasi mendatang pengaruh radiasi dari bom tersebut akan berdampak pada kesehatan penduduk dan lingkungan pada kedua kota tersebut.

Becquerel mendapatkan pendidikan awal di Lycee Louisle Grand. Pada usia 20 tahun, Becquerel melanjutkan kuliah di Ecole Polytechnique. Tiga tahun kemudian, dia diangkat menjadi dosen di perguruan tinggi tersebut.

Pada umur 26 tahun, Becquerel menjadi guru besar di Musee d’Histoire Naturelle dan mendapatkan gelar doktor untuk sains. Di tahun berikutnya, dia diterima sebagai anggota Academie des Sciences (Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis).

Pada tahun 1896, Becquerel melakukan penemuan terbesar yang menjadikan namanya terkenal di seluruh dunia.
Ketika mengamati fosforesensi garam uranium, tanpa sengaja dirinya menemukan radioaktivitas. Atas penemuannya tersebut, pada tahun 1903, Becquerel menerima Nobel Fisika.
Demikian ulasan mengenai Biografi Antonie Hendri Becquerel Penemu Radioaktif dari Perancis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan