Biografi Alexandre Gustave Eiffel Penemu Menara Eiffel dari Perancis

Amongguru.com. Biografi Alexandre Gustave Eiffel Penemu Menara Eiffel dari Perancis.

Siapa yang tidak mengenal Menara Eiffel? Hampir seluruh dunia mengetahui menara dari Paris tersebut. Menara Eiffel terkenal karena kemegahan dan keindahannya, sehingga orang yang pernah melihat pasti akan mengaguminya.

Sejarah Menara Eiffel tidak lepas dari jasa Alexandre Gustave Eiffel, seorang arsitek dari Perancis yang merancang pembuatan menara besi tersebut. Eiffel lahir di Dijon, Perancis, pada tanggal 15 Desember 1832 dan meninggal di Rue Rabelais, Paris, pada tanggal 28 Desember 1923.

Eiffel mendapatkan julukan si “penyihir dari besi” karena kepiawaiannya dalam mengolah konstruksi logam, khususnya jembatan. Karyanya yang terkenal dan fenomenal adalah menara Eifeel yang dibuat tahun 1887-1889 untuk Pameran Universal 1889 di Paris, Perancis.

Biografi Alexandre Gustave Eiffel Penemu Menara Eiffel dari Perancis

Pada tahun 1858, di usianya yang tergolong masih muda, yaitu 26 tahun, Gustave Eiffel memimpin sendiri pembuatan jembatan besi di Bordeux. Berkat hasil karyanya yang memuaskan, kemudian Eiffel mendapatkan kepercayaan kembali untuk membangun beberapa jembatan lainnya.

Pada tahun 1877, Eiffel membangun jembatan yang membentang di atas Sungai Douro, di Oporto, Perancis. Jembatan tersebut berupa lengkungan baja sepanjang 160 meter.

Selanjutnya disusul pekerjaan yang lebih menantang, yaitu membangun jembatan di atas Sungai Truyere, selatan Perancis, sepanjang 162 meter. Jembatan ini dianggap memiliki lengkungan tertinggi di dunia, yaitu 120 meter dari permukaan arus sungai.

Eiffel juga merancang kubah bergerak pada laboratorium di Nice, dan membuat kerangka besi Patung Liberty di Pelabuhan New York, patung terkenal yang menyambut dari kejauhan setiap orang yang akan memasuki kota tersebut.

Puncak karyanya adalah Menara Eiffel Paris sebagai bahan percobaan yang mengantarkan Gustave Eiffel membangun laboratorium aero dinamik pertama di Autenil pada tahun 1912.

Kemegahan Menara Eiffel

Menara Eiffel Paris dirancang tanpa menggunakan semen dan batu bata dan hanya menggunakan logam dan dibangun pada tahun selama tiga tahun (1887 – 1889). Karena kemegahannya, Menara Eiffel kemudian dengan cepat menjadi landmark kota dan menjadi destinasi wisata di Kota Paris.

Reputasi Eiffel’s pernah mengalami kemunduran pada saat dirinya terlibat dalam skandal keuangan putaran Ferdinand de Lesseps dan gagal mendukung proyek Terusan Panama Perancis, sehingga dirinya dijatuhi hukuman bersalah.

Demikian Biografi Alexandre Gustave Eiffel Penemu Menara Eiffel dari Perancis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan