Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Amongguru.com. Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya.

Berikut ini gangguan sistem peredaran darah pada manusia dan upaya pencegahannya yang perlu Anda ketahui.

1. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kematian di dunia. Penyakit jantung koroner terjadi apabila arteri koronaria tidak dapat mensuplai darah yang cukup ke otot-otot jantung.

Arteri konoraria merupaan pembuluh darah yang mensuplai nutrisi dan oksigen ke jantung. Kondisi tersebut dapat terjadi karena arteri koronaria tersumbat oleh otot lemak atau kolesterol.

Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Apabila otot-otot jantung tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen, maka otot jantung tidak dapat berkontraksi, sehingga jantung tidak dapat berdenyut. Gejala dari jantung koroner, antara lain dada terasa sakit, rasa sakit pada bagian lengan dan punggung, napas terasa pendek, dan kepala mudah pusing.

Cara mencegah terjadinya penyakit jantung koroner sebagai berikut.

  • Melakukan olahraga dan istirahat secara teratur.
  • Menjaga pola makan sehari-hari.
  • Menghidari minum minuman beralkohol.
  • Menghentikan kebiasaan merokok.
  • Menghindari stress berlebih.
  • Menjaga berat badan dalam kondisi ideal.

2.  Stroke

Stroe merupakan suatu penyakit yang terjadi karena kematian pada jaringan di otak yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksiben di otak. Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah pada otak

Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Karena penyebab stroke sama dengan penyebab penyakit jantung koroner, maka usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko stroke juga sama dengan usaha untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung koroner, antara lain menjaga pola makan, menghindari rokok dan alkohol, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari stress.

3.  Varises

Varises merupakan suatu keadaan dimana pembuluh darh balik (vena) mengalami pelebaran dan terpuntir. Gangguan ini biasanya terjadi pada daerah kaki.

Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya
Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Berikut ini upaya pencegahan agar tidak terkena varises.

  • Ketika beristirahat atau tidur (setelah menempuh perjalanan jauh), tungkai dinaikkan kurang lebih 20 – 25 cm.
  • Menghindari berat badan berlebih.
  • Menghindari berdiri terlalu lama.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menghindari pemakaian sepatu dengan hak tinggi.

4.  Anemia

Anemia merupakan gangguan yang disebabkan karena kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Apabila kadar hemoglobin dalam darah rendah, dapat menyebabkan tubub kekurangan oksigen sehingga tubuh akan terasa lesu, muka pucat, dan kepala pusing.

Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Anemia juga dapat disebabkan karena terjadinya pendarahan yang hebat. Pada wanita, anemia dapat terjadi ketika sedang mengalami menstruasi.

Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya

Upaya yang daoat dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia adalah dengan banyak mengkonsumsi sayur. Sayur adalah makanan yang kaya akan zat besi, sebagai bahan pembentuk hemoglobin.

5.  Hipertensi 

Hipertensi atau disebut juga tekanan darah tinggi, terjadi apabila tekanan darah berada di atas 120/80 mmHg. Gejala penderita hipertensi, antara lain sakit kepala hebat, kelelahan, pendarahan dari hdung, mual, muntah, dan sesak napas.

Hipertensi dapat disebabkan karena arterioklorosis (pengerasan pembuluh darah), obesitas (kegemukan), kurangnya berolahraga, stress yang berlebihan, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan yang banyak mengandung garam, lemak, dan kolesterol.

Penderita hipertensi yang disebabkan oleh obesitas, harus menurunkan berat badannya melalui diet yang sehat sehingga mencapai berat badan ideal.

Upaya lain yang dapat dilakukan untuk penderita hipertensi adalah menghindari konsumsi minumal beralkohol dan makanan berlemak yang mengandung kolesterol tinggi, berolahraga teratur, mengindari kebiasaan merokok, dan menjauhkan dari faktor-faktor pemicu stress.

6.  Hipotensi

Berbeda dengan hpertensi, hipotensi terjadi apabila tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg. Hipotensi sering disebut juga dengan tekanan darah rendah.

Orang yang mengalami tekanan darah rendah pada umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadap kurang jelas (berkunang-kunang), terutama setelah duduk lama, keringat dingin, cepat lelah dan tidak bertenaga, denyut nadi lemah, dan tampak pucat.

Cara mengatasi hipotensi, antara lain dengan minum air putih yang cukup banyak antara 8 sampai 10 gelar per hari, konsumsi minuman yang dapat meningkatkan tekanan darah (misalnya kopi), konsumsi makanan yang cukup mengandung garam, dan berolahraga secara teratur.

Demikian ulasan mengenai Berbagai Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia dan Upaya Pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan