Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?

Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?

Amongguru.com. Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes? Sebagian besar orang tentu setuju bahwa semangka adalah buah segar berwarna merah yang memiliki cita rasa manis.

Semangka merupakan salah satu buah yang difavoritkan di Indonesia. Buah semangka biasanya digunakan sebagai makanan penutup dalam sebuah hidangan makanan.

Semangka cocok untuk menghilangkan dahaga dan sebagai buah pencuci mulut, karena kandungan airnya yang melimpah ditambah rasanya yang manis dan segar.

Karena rasanya yang manis dan segar tersebut, sepertinya sulit untuk menolak pada saat Anda ditawari untuk makan buah semangka. Tetapi hati-hati mengkonsumsi buah ini untuk Anda penderita diabetes.

Anda harus benar-benar memahami makanan apa saja yang diperbolekan untuk dikonsumsi, karena hal tersebut berhubungan erat dengan upaya Anda dalam mengontrol gula darah.

Pertanyaannya adalah apakah mengkonsumsi semangka akan dapat mempengaruhi kadar gula darah? Penderita diabetes ketika mengkonsumsi makanan, maka hormon insulin akan dikeluaran untuk mengubah glukosa dalam makanan menjadi energi.

Segudang Manfaat Semangka untuk Kesehatan Anda

Sebelum membahas tentang Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes? maka ada baiknya Anda mengenal dulu beberapa manfaat semangka untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir dalam www.hellosehat.com, semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi untuk kesehatan tubuh. Di dalam semangka terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, serat, zat besi, dan kalsium.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada semangka memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan ditemukan dalam jumlah yang besar hingga mencapai per 280 gram penyajian.

Manfaat vitamin C pada buah semangka dapat untuk mencegah kanker, menjaga jantung agar tetap sehat, dan membantu melawan gejala penyakit yang umum terjadi, seperti pilek, batuk, dan flu.

Kandungan serat yang ada dalam buah semangka akan bermanfaat untuk membantu pencernaan dan menjadi detoks alami untuk tubuh dalam mengeluarkan racun. Memakan buah semangka juga akan membuat Anda mudah merasa kenyang, karena banyaknya kandungan air dalam buah tersebut yang mencapai hingga 90%.

Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?
Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?

Hubungan antara Makan Semangka dengan Diabetes Menurut Para Ahli

Penelitian secara langsung yang menjelaskan hubungan antara buah semangka dengan naiknya kadar gula darah sampai sekarang belum ada. Justru beberapa bukti menunjukkan bahwa penderita diabetes direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah semangka tersebut.

Mengkonsumsi buah semangka akan dapat mengurangi reskiko terkena komplikasi penyakit diabetes. Buah semangka memiliki kandungan lycopene, sehingga semangka tampak berwarna merah. Kandungan warna merah ini juga terdapat pada tomat merah.

Lycopene adalah antioksidan  tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan lycopene yang ada pada buah semangka juga efektif untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Diabetes adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak mampu untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau sama sekali tidak memperoduksi insulin, sehingga kadar gula didalam darah ukurannya menjadi tinggi.

Hormon insulin bertugas untuk menyalurkan gula yang berlebihan dari darah ke jaringan. Ketika hormon insulin tidak diproduksi dengan baik, yang tersisa adalah kadar gula yang semakin menumpuk di dalam darah.

Indeks glikemik (GI) diperlukan untuk mengetahui seberapa cepat gula yang terdapat pada makanan masuk kedalam aliran darah. Pada umumnya, setiap makanan biasanya diberi nilai antara 1 sampai dengan 100.

Sedangkan beban glikemik (GL) adalah kombinasi antara IG dan kandungan karbohidrat dalam porsi makanan yang dikonsumsi. Makanan dengan tingkat indeks glikemik yang rendah atau sedang pada umumya akan dapat memberikan resiko yang lebih rendah terhadap peningkatan kadar gula dalam darah.

Berdasarkan hasil penelitian, buah semangka memiliki angka indeks glikemik sebesar 72, dimana angka tersebut termasuk dalam ukuran yang tinggi. Makanan dapat dikatakan memiliki indeksi glisemik yang rendah apabila memiliki GI sekitar 55 atau lebih sedikit dari angka tersebut. Makanan juga memiliki GI yang sedang, apabila GI berada pada angka 55 dan 69.

Hanya saja, tidak demikian halnya dengan perhitungan GL, dimana semangka memiliki GL sekitar 2 per 100 gram dari setiap potongan yang disajikan. Level ini termasuk kedalam ukuran yang rendah, karena batas GL rendah adalah 10.

Meskipun GL pada semangka terbilang rendah, tetapi ada baiknya Anda menyelingi makan buah semangga dengan makanan lain yang memilki GI yang rendah. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk menghindari potensi naiknya gula darah.

Gula darah akan dapat diatur dengan baik ketika pola makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes dikombinasikan dengan makanan dengan karbohidrat yang kecil.

Semangka akan sesuai untuk diet diabetes berdasarkan perhitungan karbohidratnya. Perlu diketahui untuk ukuran 1 1/4 potong semangka memiliki kandungan sebanyak 15 gram karbohidrat atau sama dengan 1/2 buah pisang atau satu mangkuk berry.

Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?

Berdasarkan paparan tentang manfaat dan nilai indeks glikemik (IG) buah semangka, maka sebenarnya mengkonsumsi buah semanggka untuk penderita diabetes adalah boleh dilakukan.

Akan tetapi Anda perlu memperhatikan rencana makan atau diet Anda pada hari yang sama dimana akan mengkonsumsi semangka. Buah semangka memiliki GI yang tinggi, tetapi di sisi lain nilai GL nya rendah.

Mengonsumsinya semangka secara berlebihan tentu akan dapat meningkatkan level gula darah yang tidak diinginkan.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Benarkah Konsumsi Buah Semangka Memicu Naiknya Gula Darah Penderita Diabetes?

Tinggalkan Balasan