Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui

Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui

Amongguru.com. Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui.

Diabetes merupakan penyakit yang memengaruhi tubuh dalam memproses gula darah atau glukosa. Gula darah adalah komponen penting bagi tubuh, karena merupakan sumber energi untuk otak, otot, dan jaringan tubuh.

Kelebihan gula darah pada penderita diabetes karena tubuhnya tidak mampu memproduksi hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah. Resiko komplikasi diabetes akan berakibat pada munculnya penyakit lain yang berbahaya, seperti stroke dan jantung koroner.

Berbicara tentang kopi, maka banyak larangan untuk penderita diabetes dalam mengonsumsi minuman tersebut. Akan tetapi, sebenarnya penderita diabetes masih boleh mengkonsumsi kopi asalkan tidak berlebih (cukup dua gelas kecil dalam takaran kecil).

Kandungan Zat dalam Kopi

Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui
Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui

Berikut ini kandungan zat dalam kopi untuk Anda ketahui seperti yang dilansir dalam www.halosehat.com.

1.  Kafein

Meskipunkafein dinilai tidak menyehatkan, tetapi apabila dikonsumsi dalam jumlah atau dosis yang wajar maka tidak mengakibatkan munculnya penyakit tertentu, termasuk diabetes.

2.  Ethyphenol

Ethyphenol adalah zat yang ada pada kopi yang menyebabakan kopi begitu harum dengan aromanya yang khas. Aroma tersebut dapat tercium bersama urine ketika seseorang sedang buang air kecil.

3.  Quinic Acid

Kopi pada dasarnya bukan hanya memiliki cita rasa yang pahit dan getir, tetapi juga memiliki kadar rasa asam yang unik dan berbeda-beda pada setip jenis kopi.

Rasa asam tersebut disebabkan kopi mengandung zat Quinic Acid, yang didalam dunia medis dapat dikembangkan menjadi bahan pendukung untuk pembuatan obat anti flu.

4.  Dimethil Disulfide

Dimethil disulfide merupakan zat yang ada pada kopi yang dapat memberi aroma pada kotoran manusia ketika aktifitas buang air besar sedang berlangsung.

5.  Acety methyl Carbinol

Acetymethyl Carbinol adalah zat yang menyebabkan kopi terasa begitu nikmat dan gurih , dimana rasa tersebut dapat menimbulkan ketagihan.. Sehingga kopi dapat membuat seseorang menjadi selalu ingin mengkonsumsinya kembali.

6.  Dicaffeoyl quinic Acid

Dicaffeoyl Quinic Acid merupakan zat yang bertindak sebagai antioksidan yang bertanggung jawab mengahalau dan mengikat radikal bebas yang dihasilkan dari sisa limbah makanan dan faktor alam.

7. Senyawa Niacin

Zat Niacin pada kopi merupakan  zat yang dapat mengikat dan menyerap nutrisi yang ada pada tubuh termasuk vitamin dan mineral. Bagi penderita diabetes, minum kopi yang terlalu banyak dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh dalam upaya penyerapaan vitamin dan mineral.

8. Trigonellin

Trigonellin adalah zat yang mampu memperkuat lapisan email gigi agar tidak mudah keropos, menjadikan kondisi gigi tidak mudah berlubang dan terlindungi dari serangan bakteri hasil dari sisa limbah makanan.

Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui

Kafein merupakan bahan utama dalam kopi yang mampu mengaktifkan sistem saraf pusat, melawan rasa lelah, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Menurut penelitian, efek stimulan kafein tersebut dapat langsung terasa lima belas menit setelah minum kafein dan bertahan hingga enam jam.

Sebuah penelitian kecil di Amerika Serikat mengemukakan bahwa minum empat cangkir atau lebih kopi dalam sehari dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Penelitian lain terhadap penderita diabetes yang mengonsumsi kapsul berisi kafein setara dengan sekitar empat cangkir kopi, gula darah juga naik setelah sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal tersebut membuat mereka menjadi lebih sulit mengelola kondisi diabetes yang diderita.

Penelitian yang dilakukan di Wake Forest University School of Medicine di North Caroline menemukan bahwa kafein dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Konsumsi kafein setiap hari, khususnya penderita diabetes, dapat menurunkan aliran darah bagian serebral otak sebanyak 27 persen.

Berikut ini bahaya minum kopi berlebih untuk para penderita diabetes yang wajib Anda ketahui.

1. Mempercepat penumpukan gula dalam darah

Meminum kopi lebih dari tiga kali dan menggunakan dosis gula tebu yang banyak dapat mempercepat penumpukan gula dalam darah. Disarankan untuk meminum cukup 2 kopi sehari dengan takaran gelas kecil menggunakan gula jagung.

2. Sistem metabolisme terganggu

Kopi yang diminum berlebihan dengan dengan penambahan gula tebu dapat mengganggu metabolisme tubuh, yaitu melambatnya kinerja pankreas dalam memproduksi insulin.

3. Meningkatkan resistensi insulin

Kopi yang diminum melebihi dua gelas sehari dengan penggunakan gula tebu lebih dari dua sendok sangat berbahaya bagi penderita diabertes yang baru menjalani terapi penurunnan kadar gula dalam darah.

Minum kopi yang berlebihan justru dapat meningkatkan resistensi insulin dalan tubuh yaitu melemahnya hormon insulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Menghambat penyerapan glukosa dalam darah

Penderita diabetes memiliki dosis gula yang berlebih dalam darahnya yang menyebabkan pankreas tidak lagi mempunyai kemampuan dalam mengontrol hormon insulin dengan baik.

Apabila mengkonsumsi kopi terlalu banyak maka penyerapan glukosa oleh pankreas akan terganggu dan menyebabkan kinerja pankreas semakin memburuk, akibatnya terjadi peningkatan gula dalam darah dan penyumbatan aliran darah.

Tips sehat minum kopi untuk penderita diabetes 

Berdasarkan paparan di atas, maka sebenarnya minum kopi dalam takaran yang pas justru dapat menurunkan kadar gula darah, menghindarkan dari serangan awal diabetes, mencegah resistensi insulin.

Kopi dapat menyebabkan pankreas bekerja ekstra dalam menekan laju jalan gula dalam tubuh akibat makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini tips meminum kopi untuk penderita diabetes agar kadar gula darah dapat terkontrol.

1.  Membatasi dan memperhatikan waktu mengkonsumsi kopi.

Disarankan bagi penderita diabetes untuk minum kopi maksimal 2 gelas kecil dengan memperhatikan waktu minum, misalnya setelah bangun tidur dan sore hari.

2.  Selalu memantau kadar gula darah

Mesipun diperbolehkan minum kopi penderita diabetes tidak boleh lengah dalam mengontrol kadar gula darahnya. Penderita diabetes harus memantau kadar gula darar setelah minum kopi.

3.  Menggunakan pemanis khusus diabetes

Penderita diabetes perlu menggunakan gula khusus penderota diabetes sebagai penambah rasa pada kopi. Gula tebu dan kopi dapat menjadi kombinasi yang berhaya untuk penderita diabetes tipe 2.

4. Membatasi pemakaian kreamer

Batasi penambahan kreamer dalam meminum kopi pada penderita diabetes, karena akan meningkatkan kadar gula darah. Disarankan untuk mengganti kreamer dengan susu bebas lemak.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Bahaya Minum Kopi Berlebih untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan