Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

Amongguru.com. Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

Jantung merupakan salah satu organ tubuh pada manusia yang memiliki fungsi vital, karena jantung bertugas untuk memompa darah. Lancar tidaknya peredaran darah ke seluruh tubuh ditentukan oleh kemampuan jantung dalam memompa darah.

Apabila sistem peredaran darah berhenti, maka manusia akan mengalami kematian, karena darah membawa oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jantung merupakan organ berotot dengan empat ruang,  terletak di antara kedua paru-paru dan di tengah rongga dada agak ke kiri. Ukuran jantung sekitar genggaman tangan sebelah kanan dengan berat sekitar 200-425 gram.

Mekanisme kerja dari jantung mirip seperti pompa yang akan memberikan tekanan pada pembuluh darah agar darah selalu mengalir di dalam tubuh. Jantung berdetak kurang lebih seratus ribu kali setiap hari dan mampu memompa darah sekitar 7.500 liter darah. Lihat : Struktur Jantung Manusia

Untuk mengenal lebih dalam tentang jantung, berikut ini admin bagikan informasi mengenai Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia.

1.  Ruang Jantung

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia
Pembagian ruang pada jantung

a. Serambi (Atrium)

Jantung memiliki dua serambi (atrium), yaitu atrium sinistra (serambi kiri) dan atrium dextra (serambi kanan). Atrium merupakan ruang sebelah atas pada jantung dan memiliki dinding yang tipis.

Atrium kiri berfungsi menerima darah yang kaya oksien dari paru – paru  dan membawanya ke bilik kiri. Fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari dari seluruh tubuh yang kaya karbondionsida (rendah oksigen) untuk selanjutnya dibawa ke bilik kanan.

b. Bilik (Ventrikel)

Bilik (ventrikel) jantung terbagi menjadi dua, yaitu ventrikel sinistra (bilik kiri) dan ventrikel dextra (bilik kanan). Ventrikel terletak di bagian bawah jantung dan memiliki dinding tebal, karena bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Fungsi dari ventrikel kiri adalah menerima darah yang kaya oksigen dari atrium kiri dan memompakannya ke seluruh tubuh. Sedangkan ventrikel kanan berfungsi menerima darah dari atrium kanan dan memompakannya ke paru-paru.

2. Katup-katup Jantung
a. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspid terletak di antara serambi kanan dan bilik kanan. Bagian ini tersusun atas tiga daun katup. Apabila katup trikuspid terbuka, maka darah akan mengalir dari serambi kanan menuju bilik kanan. Katup ini berfungsi untuk mencegah kembalinya darah menuju serambi kanan dengan cara menutup saat bilik berkontraksi.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

b. Katup Pulmonalis

Katup pulmonalis memiliki tiga daun katup. Daun katup pulmonalis akan terbuka jika bilik kanan berkontraksi dan menutup apabila bilik kanan relaksasi, sehingga memungkinkan darah mengalir dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

c.  Katup Bikuspidalis

Katup bikuspidalis terdiri dari dua daun katup, berperan dalam pengaturan aliran darah dari serambi kiri menuju bilik kiri. Seperti halnya katup trikuspidalis, katup bikuspidalis akan menutup ketika bilik berkontraksi.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

d.  Katup Aorta

Katup aorta terdiri atas tiga daun katup yang terletak  di pangkal aorta. Aorta sendiri merupakan arteri terbesar dalam tubuh manusia dan terletak di bagian atas jantung. 

Pada saat bilik kiri berkontraksi, maka katup aorta akan membuka, sehingga darah akan mengalir ke seluruh tubuh. Sebaliknya katup aorta akan menutup saat bilik kiri relaksasi, sehingga mencegah darah masuk kembali ke bilik kiri.

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia

3. Dinding Jantung
Dinding jantung merupakan bagian terluar yang berfungsi melapisi jantung. Fungsi lain dari dinding jantung adalah untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan, yaitu endokardium, miokardium. dan epikardium.
Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia
Lapisan pada dinding jantung
a.  Perikardium
Perikardium merupakan selaput yang mengitari jantung, terdiri atas dua lapisan, yaitu perikardium parietalis dan perikardium viscelaris. Perikardium parienalus adalah lapisan luar yang melekat pada tulang dada dan selaput paru.
Sedangkan perikardium visceralis adalah lapisan permukaan dari jantung yang selanjutnya dinamakan epikardium. Cairan perikardium berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antara perikardium dan epikardium saat jantung bergerak memompa darah.
b.  Miokardium
Miokardium adalah lapisan tengah atau lapisan inti dari jantung. lapisan ini paling tebal dan terdiri dari banyak otot jantung. Fungsi miokardium, yaitu untuk kontraksi jantung.
c. Endokardium 
Endokardium merupakan lapisan terluar jantung yang terdiri dari jaringan endotel (epitel pipis selapis)
Baca juga :
Demikian infomasi mengenai Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia.
Semoga postingan tentang Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah Manusia ini bermanfaat untuk referensi bacaan Anda dalam upaya menjaga kesehatan jantung sebagai alat pemompa darah.

Tinggalkan Balasan