Bagian-bagian Ginjal dan Fungsinya Dilengkapi Gambar

Bagian-bagian Ginjal dan Fungsinya Dilengkapi Gambar

Amongguru.com. Ginjal adalah salah satu organ penting dalam sistem ekskresi manusia. Manusia harus memiliki ginjal yang sehat, karena ginjal perperan vital dalam memproduksi dan mengeluarkan urine setiap saat.

Ginjal juga sering diistilahkan sebagai buang pinggang, karena organ ini terletak di sebelah kanan dan kiri tulang pinggang manusia.

Ginjal manusia berjumlah sepasang, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Posisi ginjal kanan sediri lebih rendah daripada ginjal kiri, karena didesak oleh organ hati.

Ciri-ciri Ginjal

Ciri fisik ginjal adalah berbentuk seperti kacang merah dan berwarna merah kecoklatan. Warna merah ini karena ginjal mengandung banyak kapiler darah.

Ginjal memiliki berat kurang lebih 200 gram. Panjang ginjang hanya sekitar 10 sampai 15 cm. Ginjal harus selalu dijaga kesehatannya karena setiap saat darah akan melewati ginjal berkali-kali.

Baca : 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Darah akan memasuki organ ginjal melalui arteri ginjal dan meninggalkan ginjal melalui vena ginjal. Darah yang masuk ke ginjal akan disaring dan diproses lebih lanjut, sehingga zat pengotor (sisa) menjadi urine dan dikeluarkan oleh tubuh.

Fungsi Ginjal

Ginjal memiliki fungsi utama dalam memproduksi dan mengeluarkan urine dari sebagai zat sisa metablisme.

Berikut ini adalah beberapa fungsi ginjal yang lainnya.

  • Menyaring zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah.
  • Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.
  • Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam-garam dalam tubuh.
  • Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau basa melalui urine.
  • Mengeluarkan sisa-sisa metabolisme seperti urea, kreatinin, dan amonia.
  • Menghasilkan hormon erythropoetin yang berperanan dalam membantu pembuatan sel darah merah.
  • Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kadar kalsium darah dan kesehatan tulang.

Bagian-bagian Ginjal

Secara umum, ginjal dibagi menjadi tiga bagian, yaitu korteks (kulit ginjal), medulla (sumsum ginjal), dan pelvis (rongga ginjal).

1. Korteks (Kulit ginjal)

Korteks adalah bagian terluar dari ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan medulla. Korteks merupakan tempat terjadinya penyaringan darah atau filtrasi. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi.

Setiap badan malphigi tersusun atas glomerulus yang diselimuti oleh kapsula bowman dan tubulus (saluran), baik tubulus kontortus proksimal maupun tubulus kontortus distal.

Jumlah nerfron yang cukup banyak pada kulit ginjal menjadikan permukaan kapiler ginjal lebih luas, sehingga meningkatkan kemampuan dalam menyaring darah.

b. Medulla (Sumsum Ginjal)

Bagian ginjal setelah korteks adalah medulla (sumsum ginjal) yang berbentuk seperti piramid. Bagian utama dari medulla adalah 8 – 10 piramida renalis.

Sumsum ginjal berperan dalam menyalurkan sisa hasil filtrasi dari tubulus kolektivus ke kaliks. Pada medulla juga terdapat nefron yang memanjang dari bagian kulit ginjal, yaitu lengkung henle dan tubulus kolektivus.

Lengkung henle merupakan penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal.

Sedangkan tubulus kolektivus berbentuk tabung panjang dan sempit untuk menampung urine yang akan disalurkan ke rongga ginjal (pelvis).

c. Pelvis (Rongga Ginjal)

Pelvis berada di tengah tiap ginjal sebagai saluran tempat urine mengalir dari ginjal ke kandung kemih. Dengan demikian, pelvis berfungsi untuk menampung urine sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Baca : 3 Tahapan Proses Pembentukan Urine dan Penjelasannya

Pelvis berbentuk seperti corong yang melengkung di satu sisinya. Bagian ginjal ini hampir seluruhnya dibungkus dalam lekukan pada sisi cekung ginjal yang disebut sinus.

Demikian ulasan mengenai bagian-bagian ginjal dan fungsinya dilengkapi gambar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan