Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi

Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi

Amongguru.com. Penyakit asam urat lebih sering ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa dan tidak tertahankan pada persendian tubuh. Semua persendian pada tubuh dapat terkena asam urat, akan tetapi yang paling sering terkena adalah bagian sendi jari tangan dan kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Usia menopause pada wanita biasanya beresiko terkena asam urat, sedangkan pada laki-laki gejala terkena asam urat akan dirasakan pada usia di atas 30 tahun.

Serangan asam urat akan berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa jam saja dan menimbulkan rasa sakit yang cukup lama. Rasa sakit tersebut dapat berlangsung lebih dari seminggu.

Pembengkakan pada area sendi inilah yang menyebabkan rasa sakit luar biasa pada penderita asam urat. Pembengkakan ini disertai dengan memerahnya warna kulit di sekitar sendi. Akibat hal tersebut, maka penderita tidak akan mampu bergerak dengan bebas.

Gejala dari asam urat akan menimbulkan dampak yang cukup serius, dimana penderita tidak bisa melakukan aktifitas dengan leluasa. Penanganan terhadap penyakit ini harus dilakukan secara intensif, agar penderita dapat terbebas dari dampak tersebut.

Penyebab Terjadinya Asam Urat

Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi
Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi

Gejala asam urat umumnya diawali dengan rasa nyeri dan bengkak di persendian tertentu, kemudian menyebar ke persendian yang lain

Kondisi nyeri pada penderita asam urat ini disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat (purin).

Penumpukan zat purin ini dapat dipicu oleh konsumsi makanan seperti jeroan, ikan laut, dan daging merah. Anda sebaiknya mulai mengurangi makanan-makanan pemicu naiknya kadar asam urat tersebut.

Anda juga harus mewaspadai terhadap jenis sayuran yang mengandung purin tinggi, antara lain bayam, kacang polong, asparagus, jamur dan kembang kol. Meskipun resiko peningkatan asam urat dari sayuran ini tidak begitu signifikan, tetapi diharapkan Anda bisa membatasi dalam mengkonsumsinya.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi faktor terjadinya asam urat. Selain itu penderita hipertensi, obesitas, diabetes, dan ginjal kronis juga rentan beresiko terkena asam urat.

Bahkan penyakit asam urat ini bersifat genetik, yang artinya dapat diturunkan dari keluarga penderita penyakit asam urat.

Gejala Terjadinya Asam urat

Terjadinya asam urat yang tinggi pada umumnya dapat dilihat melalui gejala-gejala berikut.

  1. Rasa sakit pada beberapa bagian persendian, khususnya sendi tangan, kaki, dan ruas-ruas jari karena pengkristalan zat purin. Rasa sakit ini akan sangat terasa ketika sendi-sendi pada bagian tersebut digerakkan.
  2. Persendian terasa kaku dan mengeras, sehingga sulit digerakkan. Tingginya purin menyebabkan penumpukan pada bagian sendi tertentu, sehingga akan menghalangi gerak dari sendi tersebut.
  3. Pembengkakan sendi yang ditandai dengan memerahnya kulit di sekitar area sendi. Hal ini terjadi karena adanya radang pada sendi akibat penumpukan purin sehingga menghambat aliran darah.
  4. Rasa nyeri ketika ditekan pada bagian sendi yang terkena asam urat, sehingga dapat mengganggu kinerja organ tubuh yang lainnya.
Baca juga :
Demikian ulasan mengenai Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan