Asam Urat Akan Sembuh Dengan Rutin Konsumsi 7 Daun Tanaman Berikut

Asam Urat Akan Sembuh Dengan Rutin Konsumsi 7 Daun Tanaman Berikut

Amongguru.com. Penyakit asam urat ditandai dengan tingginya kadar purin dalam darah darah yang berujung pada penumpukan zat tersebut di beberapa bagian sendi tubuh.

Asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan penumpukan kristal purin, sehingga timbul peradangan. Baca juga : Awas Rasa Nyeri Sendi Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi.

Purin sebenarnya adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat purin ditemukan pada hampir seluruh makanan yang Anda konsumsi. Bahkan, anak-anak sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung purin untuk pembentukan sel-sel tubuh.

Jika zat purin ini jumlahnya berlebihan di dalam tubuh, maka ginjal tidak akan mampu menyaringnya dengan baik. Akibatnya, terjadi penumpukan purin di bagian tulang dan sendi.

Nyeri sendi pada penderita asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat (purin) tersebut.

Ada beberapa faktor pemicu naiknya asam urat pada tubuh, antara lain usia, kondisi kesehatan, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan makanan. Untuk saat ini, makanan menjadi faktor pemicu utama tingginya kadar asam urat seseorang.

Tanpa Anda sadari, ada beberapa menu makanan yang dapat menjadi faktor naiknya kadar asam urat, setelah Anda menyantapnya.

Pola hidup tidak sehat yang ditandai dengan konsumsi makanan secara berlebih dan tanpa memperhatikan efeknya bagi tubuh, akan menjadikan Anda rentan terkena penyakit asam urat.

Asam Urat Akan Sembuh Dengan Rutin Konsumsi 7 Daun Tanaman Berikut

Daun tanaman dapat menjadi obat herbal yang ampuh untuk penyakit-penyakit tertentu. Bahkan, beberapa penyakit berbahaya terbukti dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun tanaman, salah satunya adalah asam urat.

Beberapa kandungan zat pada tanaman herbal mampu untuk mencegah dan meredakan gejala nyeri yang ditimbulkan oleh penumpukan purin pada sendi dan tulang.

Cara pemanfaatan daun untuk mengobati asam urat ini adalah dengan direbus dan air rebusanya (ekstrak) diminum secara rutin sampai Anda merasakan gejala asam urat tersebut hilang.

Berikut ini adalah 7 (tujuh) daun tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit asam urat

1. Daun Binahong

Daun binahong mengandung zat kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti vitamin C, polifenil, oleanotik, alkaloid, minyak astiri, dan saponin.

Kandungan vitamin C pada daun binahong mampu mengurangi kadar asam urat secara signifikan. Daun binahong mampu menghancurkan tumpukan kristal asam urat pada persendian dan melancarkan pembuangan asam urat, sehingga membantu fungsi kerja ginjal.

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto mengandung senyawa flavonoid, alkane, keton, aldehid, kalsium, kalium, dan natrium.

Daun sambiloto mampu menurunkan lemak dan kolesterol yang mengendap dalam tubuh. Lemak dan kolesterol yang tidak terpakai (tidak produktif) akan menghasilkan produk sampingan, yaitu zat purin sebagai penyebab penyakit asam urat.

Sifat antioksidan pada daun sambiloto akan membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena penyakit asam urat.

3. Daun Sirih Merah

Daun sirih merah mengandung allylprokatekol, alkaloid, cineole, ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, dan minyak atsiri.

Daun sirih merah membantu dalam peluruhan zat asam urat, sehingga kristal-kristal purin dapat berkurang secara bertahap.

4. Daun Kelor

Kandungan zat pada daun kelor, antara lain vitamin C, kalsium, protein, potasium, dan zat besi.

Daun kelor memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meredakan pembengkakan pada persendian akibat asam urat.

5. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing mengandung garam kalium, minyak atsiri, dan flavonoid. Sifat anti inflamasi pada daun kumis kucing dapat membantu meredakan rasa sakit akibat radang di area persendian.

Daun kumis kucing juga mampu mengurangi memar karena bengkak sendi pada penderita asam urat.

Selain itu, sifat diuretik dari daun kumis kucing membantu memelihara kesehatan organ ginjal.

6. Daun Salam

Asam Urat Akan Sembuh Dengan Rutin Konsumsi 7 Daun Tanaman Berikut

Daun salam mengandung beberapa zat penting bagu tubuh, yaitu tannin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri.

Daun salam bersifat analgetik (penghilang nyeri), sehingga mampu mengurangi nyeri sendi yang dirasakan oleh penderifa asam urat.

Kandungan mineral pada daun salam membuat aliran darah menjadi lancar, menurunkan tekanan darah dan juga asam urat.

Sifat diuretik (peluruh urine) pada daun salam akan mengurangi penumpukan zat purin dalam tubuh, karena purin akan ikut terbuang bersama urine.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak kaya akan serat, vitamin A, B, dan C, mineral yang terdiri dari pottasium, kalsium, zat besi, asam gentisate, annonacin, annocatilin, serta anonol.

Ekstrak daun sirsak dapat menjadi obat yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit karena radang sendi pada penderita asam urat. Daun sirsak juga terbukti mampu menghancurkan tumpukan purin penyebab naiknya kadar asam urat pada tubuh.

Demikian informasi mengenai tujuh daun tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan