Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun Pelajaran 2021/2022

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun Pelajaran 2021/2022

Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun Pelajaran 2021/2022,

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 ini akan memudahkan guru SMP dalam membuar rapor Tahun Pelajaran 2021/2022.

Hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik perlu dinilai oleh guru sebagai implementasi salah satu tugas pokok guru.

Penilaian hasil belajar dapat diartikan sebagai kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik.

Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, dan penilaian oleh pemerintah.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka setiap satuan pendidikan selain harus melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga wajib melakukan penilaian hasil belajar (dalam hal ini dilaksanakan oleh pendidik).

Hasil belajar tersebut mencakup penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan).

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan belajar.

Penilaian hasil belajar juga berfungsi sebagai umpan balik dalam melakukan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 (K13) telah diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014.

Komponen penting dalam implementasi Kurikulum 2013 tersebut adalah pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik.

Penilaian berbasis proses dan otentik ini bertujuan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai pada peserta didik.

Dibutuhkan sarana yang efektif dan memadai untuk menindaklanjuti dan memanfaatkan proses pembelajaran serta hasil penilaian sesuai harapan dari Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 mengamanatkan adanya upaya perubahan paradigma penilaian yang semula lebih mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning), menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning),

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer.

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP

Di dalam membantu Bapak/Ibu Guru melakukan penilaian hasil belajar, berikut aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan format MS Excel.

Aplikasi rapor SMP Kurikulum 2013 ini desainnya sederhana, sehingga memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam melakukan pengisian data.

Bapak/Ibu Guru hanya diminta untuk menginput data pokok yang diperlukan dalam penilaian hasil belajar (nilai UH, PTS, PAS, dan Keterampilan).

Untuk biodata rapor peserta didik, Bapak/Ibu Guru dapat mengambil data dari Kartu Keluarga (KK) dan ijazah SD yang dimiliki peserta didik.

Nilai akhir (aspek pengetahuan dan keterampilan) serta rumusan deskripsi akan muncul secara otomatis, setelah Bapak/Ibu Guru menginput nilai.

Rumusan deskripsi sesuai buku petunjuk yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan).

Semakin banyak nilai yang di entry, semakin variatif deskripsi yang muncul. Tidak ada deskripsi yang sama meskipun nilai rapornya sama, jika memang nilai hariannya berbeda

Selain itu, penentuan Interval Nilai Otomatis berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah, baik yang mengacu KKM Tunggal maupun KKM Banyak (multi KKM).

Baca : Aplikasi Rapor SD Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022

Bapak/Ibu Guru juga dapat menginput nilai ekstrakurikuler, prestasi, dan catatan wali kelas secara lebih mudah dan variatif.

Leger dan ranking peserta didik secara otomatis akan muncul setelah Bapak/Ibu selesai menginput  nilai untuk seluruh mata pelajaran.

Di dalam Lembar Hasil Belajar (LBH), nilai mata pelajaran akan terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok A dan kelompk B.

Kelompok A :

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3. Bahasa Indonesia

4. Matematika

5. Ilmu Pengetahuan Alam

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

7. Bahasa inggris

Kelompok B :

1. Seni Budaya

2. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3. Prakarya

4. Bahasa Daerah

Aplikasi Rapor SMP Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

Aplikasi Rapor SMP Semester 2 K13 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai aplikasi rapor Kurikulum 2013 SMP Tahun Pelajaran 2021/2022. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan