Anggota Planet Dalam dan Ciri-Cirinya Dilengkapi Gambar

Anggota Planet Dalam dan Ciri-Cirinya Dilengkapi Gambar

Amongguru.com. Planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahayanya sendiri dan hanya memantulkan cahaya Matahari.

Planet memiliki orbit mengelilingi Matahari dan juga memiliki massa dan gaya gravitasi yang cukup sehingga mampu membentuk struktur bulat dengan lintasan orbit yang bersih.

Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid, maka planet dapat dibagi menjadi planet dalam dan planet luar.

Planet dalam adalah planet yang berada di dalam sabuk asteroid, sedangkan planet luar merupakan planet yang letaknya di luar sabuk asteroird.

Anggota planet dalam, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus termasuk dalam anggota planet luar.

Secara umum, keempat planet dalam tersebut memiliki komposisi batuan yang padat, hampir tidak mempunyai atau tidak mempunyai satelit, dan tidak mempunyai sistem cincin.

Komposisi planet dalam terutama adalah mineral bertitik leleh tinggi, seperti silikat yang membentuk kerak dan selubung, dan logam seperti besi dan nikel yang membentuk intinya.

Tiga anggota planet dalam, yaitu Venus, Bumi, dan Mars mempunyai atmosfer, memiliki kawah meteor dan sifat-sifat permukaan tektonis, seperti gunung berapi.

Berikut penjelasan mengenai anggota planet dalam dan ciri-cirinya dilengkapi gambar.

1. Merkurius

Merkurius adalah planet pertama yang terdekat dengan Matahari. Merkurius juga merupakan planet dengan massa terkecil, yaitu sekitar 0,055 kali massa Bumi.

Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat dengan tingkat kepadatan sebesar 5,43 g/cm3. Tingkat kepadatannya yang tinggi ini diduga, karena planet tersebut mempunyai inti yang besar dan kaya akan besi. Merkurius adalah planet yang paling banyak memiliki kandungan besi dalam tata surya.

Karena memiliki jarak terdekat dengan matahari, maka Merkurius memiliki kala rotasi dan kala revolusi paling pendek.

Merkurius memiliki kala revolusi sebanyak 88 hari dan kala rotasi sebesar 59 hari. Ciri-ciri lengkap dari planet Merkurius dapat dilihat di sini.

2. Venus

Venus adalah planet kedua yang terdekat dengan Matahari setelah planet Merkurius. Nama “Venus” diambil dari nama dewi cinta dan kecantikan pada mitologi Romawi.

Salah satu ciri planet Venus yang membedakan dengan planet lainnya adalah Venus tidak memiliki satelit alami. Selain itu, planet Venus merupakan objek alami paling cerah pada saat malam hari.

Baca juga :

Karena kecerahannya inilah, maka planet Venus dijuluki sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja.

Venus juga sering disebut sebagai planet saudara Bumi, karena ukuran, gravitasi, dan komposisi yang mirip. Venus merupakan planet terdekat dari Bumi dan planet yang ukurannya paling mendekati Bumi. Ciri-ciri lengkap dari planet Venus dapat dilihat di sini.

3. Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni makhluk hidup, karena memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen.

Bumi juga memiliki cukup air untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Suhu udara di Bumi rata-rata 22 derajat Celcius, sehingga memungkinkan adanya kehidupan mahluk hidup.

Bumi sudah terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Kehidupan di Bumi sudah mulai ada kurang lebih 3,5 miliar tahun lalu.

Lebih dari 70% permukaan Bumi merupakan perairan dan sisanya adalah benua dan pulau. Kutub Bumi sebagian besarnya tertutup es. Es padat terdapat  di Antartika dan es laut di paket es kutub.

Interior Bumi masih tetap aktif, dengan inti dalam terdiri dari besi padat, sedangkan inti luar berupa fluida yang menciptakan medan magnet, dan lapisan tebal yang relatif padat di bagian mantel. Ciri-ciri lengkap dari planet Bumi dapat dilihat di sini.

4. Mars

Mars adalah planet keempat yang terdekat Matahari dengan jarak rata rata 249,7 juta km dari Matahari. Mars juga merupakan planet yang letaknya bersebelahan dengan Bumi.

Nama “Mars” diambil dari nama dewa perang Romawi. Planet Mars juga dijuluki sebagai Planet Merah, karena jika dilihat dari satelit akan tampak berwarna kemerah-merahan.

Warna merah tersebut disebabkan oleh kandungan besi oksida di permukaan planet atau yang lebih dikenal dengan nama hematite.

Berdasarkan hasil penelitian, tanah Mars terbukti mengandung unsur-unsur penting dalam pertumbuhan tumbuhan seperti layaknya di Bumi, yaitu magnesium, sodium, potasium, dan klorida. Ciri-ciri lengkap dari planet Mars dapat dilihat di sini.

Demikian ulasan mengenai anggota planet dalam dan ciri-cirinya dilengkapi gambar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan