8 Tradisi Unik dalam Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

8 Tradisi Unik dalam Menyambut Tahun Baru di Berbagai Negara

Amongguru.com. Tahun baru merupakan sesuatu yang dinanti-nantikan oleh jutaan orang di seluruh belahan duna. Banyak harapan dan doa yang disampaikan pada saat tahun baru tiba.

Perayaan malam tahun baru pada umumnya ditandai dengan melihat peluncuran kembang api, meniup terompet, dan penyelenggaraan pentas musik.

Orang akan beramai-ramai turun ke jalan untuk merayakannya dan melihat beragam pertunjukan yang di gelar pada malam tahun baru tersebut.

Akan tetapi, setiap negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan tahun baru. Cara unik dalam menyongsong pergantian tahun ini biasanya terjadi secara turun temurun, sehingga sudah menjadi sebuah tradisi.

Berikut ini 8 tradisi unik dalam menyambut tahun baru di berbagai negara untuk Anda ketahui.

1. Festival bola api di Skotlandia

Pada malam tahun baru, jalanan kota di Skotlandia akan dipenuhi dengan bola-bola api. Orang-orang Skotlandia pada malam pergantian tahun selalu mengadakan festival tahunan yang dinamakan “Festival of Hogmanay”. 

Di dalam festival tersebut, pesertanya adalah seluruh laki-laki dewasa, dimana mereka akan berparade sepanjang jalan utama di kota sambili memegang suluh bola api.

Festival bola api ini merupakan kebiasaan turun-temurun mulai sejak jaman bangsa Viking menguasai Skandinavia.

Bola-bola api tersebut diyakini sebagai simbol pemurnian dan pengharapan pada kembalinya matahari, tanda agar musim dingin cepat berlalu.

2. Bakaran ikan di Indonesia

Indonesia ternyata juga memiliki cara unik dalam menunggu malam pergantian tahun baru. Orang-orang Indonesia akan saling berkumpul bersama keluarga kemudian melakukan masak ikan bersama dengan teknik di bakar atau di panggang.

Suasana hangat akan tercipta ketika semua saling terlibat dalam kegiatan memasak tersebut. Setelah semuanya matang, maka tepat pukul 12 malam semuanya saling berdoa untuk kebaikan di tahun baru, selanjutnya dilakukan makan bersama.

Baca : Inilah Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Indonesia Salah Satunya

3.  Memecahkan piring di Denmark

Warga Denmark mempunyai kebiasaan unik dalam merayakan tahun baru, yaitu dengan cara memecahkan piring. Mereka akan melemparkan piring-piring ke pintu rumah tetangga mereka.

Karena merupakan sebuah tradisi, maka tidak ada warga yang mengeluh maupun marah terhadap kebiasaan ini.

Merayakan tahun baru dengan cara memecahkan piring oleh warga Denmark diyakini untuk memperoleh keberuntungan sepanjang satu tahun mendatang.

Keluarga paling banyak memecahkan beragam benda pecah-belah di pintu tetangga, akan diakui yang paling banyak memperoleh keberuntungan.

4. Membakar orang-orangan sawah di Ekuador

Warga Ekuador merayakan tahun baru dengan cara membakar orang-orangan sawah. Orang-orangan sawah ini dibuat dari himpunan kertas koran dan bilah-bilah kayu.

Membakar orang-orangan sawah ini dilakukan tepat pada pukul 12 malam dan dilakukan oleh setiap rumah.

Warga Ekuador percaya bahwa dengan membakar orang-orangan sawah, mereka telah membakar segala keburukan sepanjang satu tahun.

Orang-orangan sawah dijadikan sebagai simbol nasib sial, sehingga setelah dibakar maka pada tahun baru akan mendatangkan keberuntungan.

5.  Mengunjungi kuil di Jepang

Tradisi mengunjungi kuil oleh warga Jepang setiap pergantian tahun baru sudah dilakukan sejak lama secara turun temurun.

Orang Jepang memiliki kebiasaan berkunjung ke kuil saat malam pergantian tahun baru, dan beramai-ramai mendengarkan lonceng kuil yang dibunyikan sebanyak 108 kali.

Mendengarkan bunyi lonceng ini dipercaya akan mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan di tahun baru. pada pagi harinya, di hari pertama tahun baru, keluarga akan saling berkumpul untuk menyantap mi soba sebagai lambang keberuntungan.

6.  Makan sisa hidangan pesta di Jerman

Orang Jerman percaya jika mereka makan sisa hidangan pesta perayaan tahun baru di tanggal 1 Januari, mereka tidak akan mengalami kekurangan pangan selama setahun penuh.

Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan dalam merayakan tahun baru ikan mas. Hal yang unik adalah duri ikan mas tersebut tidak akan dibuang, tetapi akan dibagikan kepada para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm.

7.  Menabur biji buah delima di Yunani

Warga Yunani memiliki kebiasaan unik dalam menyambut tahun baru, yaitu dengan menaburkan biji buah delima ke arah pintu, toko atau perkantoran pada tanggal 1 Januari.

Menurut kepercayaan orang Yunani, buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Dengan menabur buah delima, warga Yunani berharap mereka dapat hidup dengan makmur dan sukses sepanjang tahun baru.

8.  Mengenakan pakaian warna-warni di Brazil

Warga Brazil dalam merayakan tahun baru dengan cara mengenakan pakaian yang berwarna warni. Mereka meyakini bahwa dengan mengenakan pakaian warna-warni di malam pergantian tahun, akan menjadikan mereka bernasik baik selama satu tahun ke depan.

Pakaian yang dikenakan umumnya memiliki warna yang menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta akan selalu hampiri dan warna kuning untuk memudahkan dalam mencapai kemakmuran.

Demikian ulasan mengenai 8 tradisi unik dalam menyambut tahun baru di berbagai negara. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan