8 Fakta Unik Nyamuk yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui

8 Fakta Unik Nyamuk yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui

Amongguru.com. Nyamuk merupakan jenis serangga yang memiliki tingkat reproduksi tinggi, dengan tipe mulut menusuk dan mengisap.

Sebagian besar orang setuju bahwa mereka merasa menjadi tidak nyaman setelah tubuhnya digigit oleh nyamuk. Selain menimbulkan rasa gatal, gigitan nyamuk juga berpotensi menularkan penyakit, seperti malaria dan demam berdarah.

Karena sifatnya yang menggigit inilah, maka banyak cara yang dilakukan orang agar tidur mereka nyenyak dan tidak digigit nyamuk, mulai dari menggunakan obat nyamuk sampai dengan memasang kelambu di kamarnya.

Di balik kemampuannya dalam mengisap darah, ternyata nyamuk juga memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

Berikut ini 8 fakta unik nyamuk yang mungkin belum pernah Anda ketahui, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1.  Nyamuk yang menggigit manusia adalah nyamuk betina

Fakta ini mungkin cukup mengejutkan bagi Anda. Ya…hanya nyamuk betina yang menggigit manusia. Nyamuk jantan tidak membutuhkan darah dari manusia karena sudah mendapatkan nutrisi dari nektar tanaman.

Nyamuk betina membutuhkan darah untuk asupan protein agar membantu berkembangnya telur yang jumlahnya ratusan.

Dengan demikian, maka darah yang dihisap oleh nyamuk betina sebenarnya berfungsi untuk proses berkembangnya telur, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan makanannya, nyamuk betina juga melakukan hal yang sama dengan nyamuk jantan, yaitu mencari nektar.

2.  Nyamuk lebih menyukai tubuh yang berkeringat

Perlu Anda ketahui  bahwa nyamuk sebenarnya menyukai tubuh manusia bukan karena adanya bau darah, akan tetapi karena karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh.

Semakin banyak Anda mengeluarkan karbondioksia, maka semakun besar kemungkinan Anda akan didatangi banyak nyamuk.

Nyamuk memiliki sensor infra merah, sehingga mampu mencium bau karbondioksida yang berjarak sampai 35 meter.

Pada saat nyamuk betina mencium bau karbondioksa, maka akan segera meluncur terbang secara zig zag, dengan tujuan agar bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber karbondioksida tersebut.

Isyarat lain pun akan mengikuti setelah sumber bau karbondioksida ditemukan, seperti bau tubuh (keringat) dan panas tubuh. Itulah sebabnya pada saat berkeringat  bagian tubuh kita, terutama bagian wajah akan sering didatangi oleh nyamuk.

3.  Nyamuk lebih menyukai wanita hamil

Wanita hamil diketahui lebih banyak mengeluarkan gas karbondioksida, terutama pada bagian perutnya. Bertambahnya gas karbondioksida ini dikarenakan adanya sumbangan emisi dari janin.

Hal tersebut membuat nyamuk menjadi lebih senang mendatangi wanita hamil, khususnya di bagian perutnya.

4.  Nyamuk senang dengan bau bir

Berdasarkan penelitian, ternyata nyamuk menyukai dengan bau badan orang yang meminum bir.

Seorang peneliti dari Australia yang melakukan riset di Burkina Faso, Afrika Barat terhadap dua kelompok eksperimen, membuktikan bahwa nyamuk lebih senang hinggap pada kelompok peminum bir dibandingkan kelompok peminum air putiih.

Terdapat perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh orang yang minum bir, sehingga dapat menarik nyamuk.

5.  Nyamuk menyukai kaos kaki yang bau

Sesuai hasil penelitian yang menggunakan box berisi stocking baru dan stocking yang sudah dipakai seseorang selama 20 jam, ternyata nyamuk lebih banyak hinggap ke stocking yang sudah dipakai.

Bau keringat kaki pada stocking yang sudah dipakai ternyata mempunyai aroma yang mampu mengundang nyamuk untuk mendekat.

6.  Nyamuk menyukai warna gelap

Nyamuk memiliki insting berburu mamalia degan kulit dan bulu yang cenderung gelap. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli entomologi Grayson Brown, PhD.

Melalui eksperimen pada para pekerja laboratorium miliknya yang mengenakan pakaian berwarna putih, terbukti nyamuk tidak banyak mendekat.

7.  Nyamuk menyenangi parfum aroma bunga

Kebiasaan nyamuk adalah senang menghisap cairan manis pada bunga, sebagai memenuhi nutrisi tubuhnya.

Apabila Anda menggunakan parfum beraroma bunga, akan lebih mudah didatangu oleh nyamuk, karena nyamuk mencium aroma bunga yang terpancar dari tubuh Anda.

8.  Nyamuk menyukai orang dengan golongan darah O

Melalui hasil studi dalam yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Entomologi diketahui bahwa nyamuk tertarik pada orang dengan golongan darah O.

Hal ini dapat terjadi karena orang dengan golongan darah O memancarkan bau tertentu yang dapat menarik nyamuk.

Baca juga :

Demikian ulasan tentang 8 fakta unik nyamuk yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat menambah referensi bacaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan