7 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Mengobati Penyakit Stroke

Amongguru.com. 7 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Mengobati Penyakit Stroke.

Stroke sampai saat ini masih menjadi salah satu penyebab kematian mendadak di dunia. Penyakit ini menjadi semakin parah dan sangat berbahaya apabila tidak segera dilakukan penanganan dengan segera.

Stroke adalah kondisi kesehatan serius yang memerlukan penanganan secara cepat. Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kematian sel-sel pada sebagian wilayah otak.

Otak Anda akan dapat berfungsi dengan baik apabila pasokan oksigen dan nutrisi yang disediakan darah mengalir dengan baik. Pada saat pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Semakin cepat kasus stroke ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil dan resiko kematian dapat dihindari.

Gejala Terjadinya Stroke

Stroke biasanya didiagnosis melalui tanda-tanda fisik dan foto atau pencitraan otak. Berikut ini beberapa gejala stroke yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengalami kesulitan memahami pembicaraan, pada tingkat lebih lanjut sulit bicara
  2. Sering mengalami sakit kepala hebat dan diikuti kaku leher, lebih lanjut dapat menjadi vertigo.
  3. Mengalami kesulitan koordinasi gerak dan keseimbangan.
  4. Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun
  5. Kebas dan kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh
  6. Kesadaran menurun dan mengalami kebingungan
  7. Penglihatan menjadi buram dan kabur

Jenis-jenis Penyakit Stroke

Stroke dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu stroke iskemik dan stroke Hemoragik

1.  Stroke Iskemik

Stroke Iskemik adalah jenis Stroke yang paling banyak terjadi. Sekitar 85% stroke adalah stroke iskemik, di mana aliran darah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah atau timbunan lemak yang disebut plak di lapisan pembuluh darah.

2. Stroke Hemoragik

Stroke Hemoragik terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga darah akan menumpuk dan menekan jaringan otak di sekitarnya.

Stroke hemoragik dibagi menjadi dua, yaitu: (1) Perdarahan intraserebral, adalah jenis yang paling umum dari stroke hemoragik. Ini terjadi ketika arteri di otak pecah, membanjiri jaringan sekitarnya dengan darah; dan (2) Perdarahan subarachnoid, adalah pendarahan di daerah antara otak dan jaringan tipis yang menutupinya.

Pemicu Terjadinya Stroke

Serangan stroke dapat terjadi kapan saja tanpa diketahui secara jelas penyebabnya. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui pemicu terjadinya stroke tersebut. Berikut ini beberapa pemicu stroke.

  1. Obesitas
  2. Diabetes yang tidak terkontrol
  3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Konsumsi alkohol
  5. Riwayat penyakit kardiovaskuler (jantung)
  6. Kebiasaan merokok
  7. Kolesterol

7 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Mengobati Penyakit Stroke

7 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Mengobati Penyakit Stroke

Tanaman ciplukan ternyata memiliki manfaat penting untuk membantu dalam pengobatan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman ciplukan efektif dalam mengobati penyakit mematikan tersebut.

Berikut ini 7 manfaat tanaman ciplukan untuk mengobati penyakit stroke yang perlu Anda ketahui.

1.  Melancarkan aliran darah ke otak

Vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan dapat membantu mengatur tekanan darah dengan cara melancarakan aliran darah dan membuang lemak-lemak jahat pada tubuh.

2. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat memicu pecahnya pembuluh drah di otak sehingga terjadilah stroke. Daun ciplukan dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan senyawan kimia yang disebut Physalin K.

3.  Mengatur kadar gula darah

Diabetes merupakan salah satu pemicu terjadinya stroke. Diabetes sendiri disebabkan oleh meningkatnya kadar glukosa (gula darah) dalam tubuh akibat berkurangnya hormon insulin sebagai pengatur kadar gula darah. Minum rebusan daun ciplukan secara teratur dapat membuat kadar gula darah menjadi teratur.

4.  Meningkatkan kinerja otak

Tanaman ciplukan mengandung vitamin B1 yang berfungsi sebagai suplemen otak bagi tubuh. Penderita stroke akan mengalami kesulitan dalam bergerak dan berbicara karena fungsi kerja otak menurun. Ciplukan dapat menjadi suplemen bagi otak untuk meningkatkan kinerja otak.

5. Membantu mengembalikan keseimbangan tubuh

Tanaman ciplukan mampu membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dengan cara cara meningkatkan fungsi kerja otak, sehingga tubuh akan kembali normal. Kandungan zat dalam tanaman ciplukan kan mengobati bagian yang tidak bisa digerakkan selanjutnya akan mengembalikan keseimbangan tubuh Anda.

6. Mengobati efek akibat kebiasaan merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gangguan aliran darah, gangguan pernafasan, dan rusaknya otak sebagai pemicu stroke. Ciplukan dapat mengobati dampak dari kebiasaan merokok tersebut dengan cara memperbaiki pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke otak.

7. Detoksifikasi Tubuh

Vitamin A dan C yang terkandung dalam ciplukan dapat membersihkan racun-caun yang mengalir dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan otak. Penyumbatan otak adalah penyebab terbesar dari serangan stroke. Selain bebas dari racun, tubuh juga akan lebih kebal terhadap bahan-bahan berbahaya, seperti radikal bebas.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi air rebusan tanaman ciplukan harus diimbangi dengan lebih banyak minum air putih. Air putih merupakan bagian penting bagi tubuh, karena 70% tubuh kita terdiri dari cairan.

Air putih ini berfungsi untuk menetralkan kondisi tubuh yang sedang diobati. Pengobatan herbal seperti hanya pemanfaatan tanaman ciplukan ini akan cenderung langsung membersihkan secara cepat, sehigga tubuh membutuhkan air yang cukup agar kerja ginjal tidak berat.

Demikian ulasan mengenai 7 Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Mengobati Penyakit Stroke. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan