7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui

7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita Ketahui

Amongguru.com. Kadal merupakan jenis hewan reptil yang memiliki banyak jenis. Seperti halnya hewan reptil lainnya, maka secara fisik, kadal memiliki ciri utama yaitu kulit kering, bersisik, dan berkaki empat. Kadang juga termasuk jenis hewan berdarah dingin dengan kemampuan adaptasi luar biasa.

7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui

Kadal juga memiliki tingkah laku berjalan dengan cara merayap. Sedangkan yang termasuk dalam keluarga kadal antara lain cicak, tokek, iguana, bunglon, dan komodo. Ternyata, kadal memiliki beberapa fakta unik yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Nah..pada kesempatan kali ini, akan admin bagikan informasi mengenai 7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui.

Berikut ini 7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui.

1. Spesis terbesar kadal adalah komodo

Komodo merupakan spesies karnivora terbesar dari kadal. Kadal raksasa ini memiliki panjang 2-3 meter dan berasal  dari Kepulauan Komodo, Flores, Nusa Tenggara. Berat komodo dewasa dapat mencapai 170 kg.

Meskipun termasuk sebagai hewan yang lambat, tetapi komodo mampu menangkap mangsa secara efisien, dengan mengejutkan korban.

7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui
Komodo, Si Kadal Raksasa

Komodo memiliki penglihatan sangat baik pada malam hari dan mampu mencium bau darah dalam beberapa meter. Hewan komodo memiliki cakar yang panjang, melengkung, dan mematikan mangsanya.

Setelah mangsanya digigit, maka bakteri yang terdapat dalam mulut komodo akan menginfeksi mangsanya. Bakteri tersebut menginfeksi mangsa selama beberapa hari sampai seminggu, sehingga mangsa tewas. (Baca juga : 10 Fakta Unik Lebah Madu yang Perlu Anda Ketahui)

Komodo dianggap pemakan bangkai dan juga predator, karena kebiasaannya memakan binatang yang telah mati akibat gigitannya beberapa hari sebelumnya.

2. Bunglon adalah kadal yang mampu mengekspresikan suasana hati

Bunglon mampu mengekspresikan suasana hatinya dengan mengubah warna kulit sesuai habitat hinggapnya. Hewan ini juga memiliki jari kaki yang menyatu, mirip seperti lobster. Ekor bunglon dapat digunakan untuk memegang benda atau mangsa. Lidah panjang bunglon mampu diluncurkan dengan cepat untuk menangkap mangsa.

3. Phrynosoma merupakan kadal bertanduk yang mampu menyemprotkan darah dari matanya.

Phrynoma dijuluki sebagai kadal bertanduk karena di atas kepalanya terdapat tanduk yang tebal dan berduri. Keunikan dari kadal jenis ini adalah kemampuannya menyemprotkan aliran darah ke arah musuh dari sudut-sudut mata mereka sampai dengan jarak 5 meter.

7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui
Phrynoma, si kadal bertanduk

4. Tokek adalah jenis kadal yang memiliki suara khas dan memiliki kaki anti gravitasi

Tokek memiliki banyak keunikan. Selain suaranya yang khas, tokek merupakan jenis kadal yang mampu menembakkan kotoran dengan akurat ke arah musuhnya.

(Baca juga : Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir)

7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui
Tokek adalah jenis kadal dengan suara khas

Yang lebih menakjubkan, tokek memiliki kaki anti gravitasi. Helai rambut kecil serta halus pada telapak kaki tokek, mampu memicu tarikan molekul udara. Hal inilah yang menjadikan toket terlihat ringan saat menempel di dinding dan berlari.

5. Spesies kadal tertua tidak memiliki kaki

Fosil spesies Adriosaurus microbacris merupakan bukti tertua dari spesies kadal yang diperkirakan umurnya sudah mencapai 95 juta tahun. Fosil kadal tertua tersebut tidak memiliki kaki, yang selanjutnya berevolusi menjadi kadal berkaki seperti kita lihat saat ini.

Kadal tidak berkaki dan ular secara sepintas terlihat sangat mirip dan sulit untuk dibedakan, karena sama-sama memiliki tubuh yang bersisik, berbentuk simetris memanjang, lidah yang bercabang, dan merayap.

Yang membedakan dari kadal tidak berkaki dan ular adalah jenis makanannya. Kadal tidak berkaki mencari mangsa yang berukuran lebih kecil, sedangkan ular mencari mangsa yang lebih besar dari tubuhnya.

Hal ini disebabkan karena kadal tidak memiliki rahang yang fleksibel seperti ular. Kadal tidak berkaki juga memiliki kelopak mata, sehingga bisa berkedip. Sedangkan ular tidak dapat berkedip karena tidak memiliki kelopak mata. (Baca juga : 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang).

6. Kadal akan mengalami pergantian kulit sebanyak 6 kali dalam satu tahun

Pada setiap pergantian kulit, lapisan epidermis luar pada kadal akan mengalami kornikasi yang kemudian terlepas dan digantikan oleh kulit yang baru (ekdisis).

Untuk beberapa jenis kadal, ada yang selongsong kulitnya terlepas secara utuh dan ada pula yang terlepas dalam beberapa potongan. Pergantian warna kulit pada beberapa jenis kadal dipengahuri oleh adanya kelenjar adrenalin.

7. Jenis kelamin anak kadal ditentukan oleh kadal betina

Kaadal berkembangbiak dengan ovoviviar (bertelur beranak), dimana telur akan disimpan di rongga perut untuk selanjutnya dilahirkan oleh kadal betina.

Hal yang unik dalam reproduksi kadal, yaitu kadala betina sebagai pemegang keputusan. Misalnya, dalam menentukan jenis kelamin anak atau tempat tinggal anak. (Lihat juga : Struktur anatomi tubuh kadal)

Di dalam rongga perutnya, kadal betina akan mengumpulkan semua sperma dari kadal jantan sehingga terbentuk yang namanya spermatesa. Melalui proses spermatesa ini maka kadal betina secara bebas dapat menentukan jenis kelamin anak-anaknya.

Sekian informasi mengenai 7 Fakta Unik dan Menarik Kadal yang Jarang Kita ketahui. 

Semoga dapat bermanfaat sebagai bahan referensi bacaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan