7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Amongguru.com. 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia.

Sebagai alat eksresi (pengeluaran) sisa metabolisme, ginjal berperan penting dalam pembentukan dan pengeluaran urine.

Ginjal merupakan organ vital tubuh yang apabila rusak atau terganggu fungsinya, tidak dapat memproduksi urine dengan baik. Sementara, urine adalah sekret yang akan menjadi racun dalam tubuh apabila tidak dikeluarkan.

Di dalam kesempatan kali ini, saya akan membagikan postingan mengenai 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia. 

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Ginjal perlu dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik sebagai alat ekskresi manusia. Tugas ginjal dalam memproduksi urine tidak dapat digantikan oleh organ lain. Apabila ginjal dapat memproduksi urine dengan optimal, maka tubuh juga akan terbebas dari racun.

(Lihat juga : Stuktur Ginjal Manusia)

Berikut ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia yang perlu Anda ketahui.

1.  Aktif bergerak dan berolahraga

Kita harus selalu aktif bergerak dan berolahraga, serta mengurangi diam atau banyak duduk, agar kesehatan ginjal terjaga. Melakukan aktifitas seperti berjalan, berlari-lari kecil, dan bersepeda dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke ginjal.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Olahraga yang teratur juga akan membuat siklus peredaran darah ke seluruh menjadi lancar. Apabila suplai darah ke ginjal lancar, maka ginjal akan lebih mudah melakukan penyaringan darah untuk selanjutnya pengotor yang masuk bersama darah tersebut diolah menjadi urine

2.  Mengatur pola makan sehat

Mengatur pola makan penting untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Makanan seperti buah-buahan dan sayuran dianjurkan dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal.

Pola makan yang sehat akan menjauhkan dari beberapa penyakit yang berhubungan dengan penyakit ginjal kronis, misalnya hipeertensi, stroke, dan diabetes. Mengurangi asupan garam juga penting dalam mengatur pola makan Anda secara sehat.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

3.  Menghindari alkohol dan merokok

Alkohol dan rokok adalah zat yang berbahaya bagi kesehatan ginjal kita. Kebiasaan meminum alkoho dan juga merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Apabila darah tidak cukup untuk sampai ke ginjal, maka akan mengganggu fungsi ginjal dalam proses penyaringan darah maupun pembentukan urine.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat menimbulkan resiko terkena kanker ginjal sekitar 50 persenn.

4.  Menghindari obesitas

Berar badan berlebih atau sering disebut obesitas dapat diakibatkan oleh buruknya kombinasi makanan dan kurangnya aktivitas tubuh. Berat tubuh ideal dapat dicapai jika ada keseimbangan antara jumlah kalori yang masuk dengan jumlah kalori yang dikeluarkan.

Obesitas terjadi karena jumlah kalori ang masuk lebih besar daripada jumlah kalori keluar. Kegemukan sangat berhubungan dengan penyakit ginjal kronis, karena menyebabkan terganggunya proses hemodinamik pada ginjal.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Kegemukan juga memicu penyakit lain yang berpotensi pada gagal ginjal, misalnya hiptertensi dan jantung.

5.  Minum air putih yang cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal, kita harus minum 1,5 sampai 2 liter air putih dalam satu hari. Jika dituangkan dalam gelas, maka menjadi sekitar 8 gelas air putih untuk dikonsumsi setiap harinya.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Mengkonsumsi banyak air, akan membantu ginjal dalam proses penyaringan darah kotor, sehingga pengotor pada darah akan mudah diproses menjadi urine. Meningkatkan asupan air hingga 2 liter tiap hari, akan mengurangi penuruan fungsi ginjal.

6.  Menghindari antibiotik dan antiseptik

Obat-obat kimia, seperti antibiotik dan antiseptik dapat merusak fungsi ginjal apabila dikonsumsi secara terus menerus. Meminum obat berbahan kimia sebenarnya tidak berdampak langsung pada ginjal kita.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Tetapi apabila kita mengkonsumsinya secara rutin dan terus menerus, justru akan berbahaya bagi ginjal. Penyakit kronis pada ginjal salah satu pemicunya adanya penggunaan berlebih dari oabt-obat kimia.

7.  Mengecek kesehatan ginjal secara rutin

Mengetahui kondisi kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan cara mengecek kadar gula dalam darah. Mengapa? Karena berdasarkan penelitian, separuh dari penderita diabetes rentan mengalami kerusakan pada ginjal mereka.

Kerusakan ginjal karena penyakit diabetes dapat diminimalkan jika kita rutin memeriksakan ke dokter kadar gula darah pada tubuh.

Selain memeriksakan kadar gula darah, kita juga perlu mengecek tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi, selain berpotensi menimbulkan stroke dan penyakit jantung, ternyata dapat juga menyebabkan kerusakan pada ginjal kita.

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia

Tekanan darah yang melebih 120/80, dianggap merupakan tekanan darah tinggi, yang berpotensi merusak fungsi ginjal. Apabila kita memiliki potensi darah tinggi, maka yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan dan menajuhi stress.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal sebagai Alat Ekskresi Manusia. Semoga seetelah membaca postingan ini, kita dapat menjadi lebih peduli terhadap kesehatan ginjal sebagai alat ekskresi tubuh yang vital.

Tinggalkan Balasan