6 Fakta Unik tentang Sel Kanker yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. 6 Fakta Unik tentang Sel Kanker yang Wajib Anda Baca.

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini dapat disebut sebagai pembunuh diam-diam (silent killer), karena gejala awalnya sering tidak dapat dideteksi dan ketika sudah menyebar ke seluruh tubuh maka resiko kematian menjadi tinggi.

Sel-sel kanker adalah sel yang pertumbuhannya tidak normal dan tidak terkendali. Sel ini memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dalam jumlah abnormal, sehingga membentuk sebuah jaringan baru dalam tubuh. Jaringan ini yang kita kenal dengan nama tumor.

Tumor akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan sel-sel kanker. Dikatakan sebagai tumor ganas, jik tumor tersebut mengalami perkembangan secara terus menerus tanpa berhenti.

Sel-sel kanker bersifat agresif dalam tubuh, sehingga dapat begitu cepat menyebar dan membentuk jaringan baru. Berikut ini 6 fakta unik tentang sel kanker yang wajib Anda baca, dihimpun dari berbagai sumber.

6 Fakta Unik tentang Sel Kanker yang Wajib Anda Baca

1.  Virus dapat menyebabkan munculnya sel kanker

Sel kanker dapat muncul karena berbaagai faktor pendukung, salah satunya adalah karena virus. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 20% kasus kanker dipicu oleh virus. Virus memiliki kemampuan untuk menyebarkan kanker karena faktor genetis. Virus mampu mengubah struktur DNA sel normal menjadi bermutasi dan selanjutnya tumbuh secara tidak terkendali.

Sebagai contohnya adalah virus Hepatitis B yang menyebabkan terjadinya kanker hati dan human papilloma virus sebagai penyebab terjadinya kanker rahim.

2.  Terdapat ratusan jenis jenis kanker

Seperti diketahui bahwa tumbuh juga memiliki banyak jenis sel, maka demikian halnya sel kanker yang dapat tumbuh dan berkembang di bagian tubuh. Karena dapat tumbuh dalam berbagai sel tubuh, maka jenis-jenis sel kanker juga beragam. Terdapat lebih dari seratus sel kanker yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia. Sebagai contohnya adalah kanker jenis karsinoma yang tumbuh pada jaringan epitel tubuh, sarcoma yang menyerang jaringan tulang, dan leukemia yang tumbuh dan berkmebnag pada sumsum tulang karena pertumbuhan leukosit (sel darah putih) yang abnormal.

3.  Sel kanker membutuhkan gula yang tinggi untuk berkembang

Gula (glukosa) merupakan zat yang diperlukan oleh sel normal untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam melakukan aktivitas tubuh. Zat gula ini dapat diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap saat. Semakin banyak gula yang dimakan oleh sel kanker, maka akan semakin cepat pula sel-sel kanker tersebut tumbuh.

Untuk memperbanyak diri, sel-sel kanker membutuhkan kadar gula yang tinggi, sehingga penderita diabetes harus berhati-hati terhadap fakta ini

4.  Sel kanker pandai bersembunyi dalam tubuh manusia

Sel kanker memiliki kemampuan untuk tidak terdeteksi dan tersembungi dalam tumbuh dengan cara tumbuh pada sel yang normal. Beberapa tumor pada kelenjar limfa akan mengeluarkan protein yang seharusnya juga disekresikan oleh kelenjar limfa.

Karena sifatnya yang tersembunyi tersebut, sistem imun tubuh tidak mampu mengetahui keberadaan sel kanker dalam sel tubuh yang normal. Bahkan beberapa sel kanker dapat menghindari obat kemoterapi dengan cara bersembunyi pada kompartemen tumbuh, misalnya sel kanker penyebab leukemia yang mampu menghindari obat-obatan dengan cara berperan sebagai penutup tulang.  .

5.  Sel kanker membutuhkan aliran darah untuk tetap hidup

Tanda bahwa sel kanker mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali adalah munculnya pembuluh darah baru yang dinamakan angiogenesis. Sel kanker membutuhkan asupan nutrisi untuk pertumbuhannya dan nutrisi tersebut dibawa oleh darah. Sel-sel kanker akan mati jika pembentukan pembuluh darag baru dapat dicegah.

6.  Sel kanker tercipta untuk tidak mati

Sel-sel tubuh yang normal akan mati dengan sendirinya apabila mengalami kerusakan pada DNA, akan tetapi tidak demikian dengan sel-sel kanker. Sel-sel kanker memiliki kemampuan untuk mendeteksi kerusakan dan kemampuan menghancurkan diri sendiri. Kemampuan terhebat dari sel-sel kanker adalah melakukan duplikat diri sebanyak-banyaknya.

Demikian ulasan mengenai 6 Fakta Unik tentang Sel Kanker yang Wajib Anda Baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan