5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kunang-kunang untuk Anda Baca

Amongguru.com. 5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kunang-kunang untuk Anda Baca.

Kunang-kunang dikenal sebagai hewan bercahaya pada malam hari. Hewan ini termasuk dalam keluarga kumbang dari ordo Coleoptera.

Kunang-kunang hidup tersebar di seluruh wilayah tropis dunia. Mereka dapat ditemukan pada tempat-tempat yang lembab, misalnya rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan.

Di balik keindahan kerlap kerlip cahayanya, ternyata kunang-kunang juga menyimpan berbagai fakta yang menarik untuk dipelajari.

Berikut ini 10 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kunang-kunang untuk Anda Baca yang dihimpun dari berbagai sumber.

5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kunang-kunang untuk Anda Baca

1.  Cahaya kunang-kunang sampai saat ini masih menjadi misteri

Meskipun pada ilmuwan sudah tahu darimana sumber cahaya kunang-kunang, akan tetapi sampai saat ini mereka belum bisa membuatnya. Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang disebut luminescence.

Cahaya tersebut dihasilkan dari zat dalam tubuh kunang-kunang itu sendiri, yang disebut luciferin. Kunang-kunang yang masih larva pun telah mampu mengeluarkan cahaya.

2.  Kunang-kunang menggunakan cahaya untuk menarik pasangannya

Kunang-kunang dewasa akan menggunakan cahaya untuk menarik pasangan betinanya. cahaya pada kunang-kunang juga berfungsi untuk memperingatkan hewan lain agar tidak memangsa mereka.

3. Kunang-kunang identik dengan mitos dan legenda

Kunang-kunang memiliki arti penting dalam beberapa legenda dan kebudayaan. Di dalam mitologi bangsa Maya, kunang-kunang dianggap sebagai titisan dari Dewa Maya. Orang-orang Cina memasukkan kunang-kunang ke dalam kotak transparan dan menjadikannya lentera. Di Indonesia sendiri, kunan-kunang dianggap sebagai pembawa kukunya orang yang mati.

4.  Hanya kunang-kunang jantan yang bisa terbang

Ternyata hanya kunang-kunang jantan yang mampu terbang, sehingga apabila Anda menyaksikan kunang-kunang sedang beterbangan, dapat dipastikan pasti kunang-kunang jantan.

Kunang-kunang betina tidak dapat terbang karena tidak memiliki sayap. Kunang-kunang betina hanya bisa melekat di dedaunan atau tanah.

5.  Kunang-kunang memiliki pola makan yang unik

Kunang-kunang pada masa pertumbuhannya, sebagian beralih menjadi kanibalisme dengan memakan kunang-kunang lain. Akan tetapi, sebagian lainnya memakan serbuk sari dan nektar, dan beberapa lagi tak makan apa pun sama sekali selama hidup mereka.

Demikian ulasan mengenai 5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kunang-kunang untuk Anda Baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan