5 Cara Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Amongguru.com. Kulit merupakan lapisan paling luar dari tubuh manusia yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai pelindung tubuh bagian dalam, kulit berperan penting juga dalam sistem pengeluaran zat sisa metabolisme berupa keringat.

Kulit juga berfungsi sebagai termoregulasi, yaitu pengatur suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Selain itu, kulit berperan pula dalam penyerapan zat-zat yang mudah larut dalam lemak.

Dari sisi estetika, kulit memiliki peranan penting untuk menunjang penampilan seseorang, apalagi pada wanita. Kepercayaan diri seseorang akan berkurang ketika kulit mereka rusak karena suatu hal.

(Lihat juga : Bagian-bagian Kulit Manusia)

Karena fungsinya yang vital tersebut, maka banyak orang yang rela melakukan berbagai cara dan mengeluarkan tidak sedikit uang demi melakukan perawatan kulit.

Salon-salon kecantikan, klinik kecantikan, dan juga produk-produk kecantikan menawarkan perawatan kecantikan dengan harga cukup fantastis.

Tetapi sebenarnya ada banyak cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. (Baca juga : Ciri-ciri dan Fungsi Kulit sebagai Alat Ekskresi Manusia beserta Gambarnya)

Cara alami dalam menjaga kesehatan kulit ini tentu lebih efisien, karena jelas tidak memerlukan biaya yang besar.

Berikut ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

  • Menjaga kualitas tidur

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Tidur yang cukup adalah selama 8 jam tiap hari. Apabila kita dapat tidur dengan waktu yang cukup tersebut, maka organ-organ tubuh, termasuk kulit, akan beristirahat.

Kebiasaan begadang maupun bekerja sampai larut malam, membuat manusia mengabaikan porsi waktu untuk tidur.

Orang yang kurang tidur, akan terlihat kulitnya kusam. Mengapa? Karena kurang tidur dapat mengakibatkan dehidrasi, sehingga kulit akan mudah kering.

  • Minum air putih yang banyak

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan kulit kita terlihat kering. Tubuh manusia sebaian besar tersusun atas air. Spabila tubuh kekurangan air, maka dampaknya adalah berkuranganya kelembapan kulit dan kulit akan tampak kering.

Untuk menjaga kelembapan kulit, sangat dianjurkan minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas setiap hari.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Makanan-makanan tersebut mengandung gizi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kulit.

Buah anggur, misalnya, mengandung antioksidan yang kuat untuk mencegah infeksi pada kulit. Brokoli menandun akntioksidan tinggi dan juga vitamin A, vitamin C, vitamin B Kompleks, vitamin K, dan vitamin E.

Kacang-kacangan mengandung serat dan protein untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga membantu juga dalam detoksifikasi kulit.

Hindari makanan yang banyak mengandung gula, karena kandungan gula yang tinggi pada makanan dapat menyebabkan kolagen dan elastin berkurang, sehingga kulit menjadi tidak kencang.

  • Melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Seperti kita ketahui bahwa sengatan sinar matahari secara langsung ke kulit akan dapat merusak sel-sel kulit. Tetapi, sinar matahari juga memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kulit pada jam tertentu, yatu sekitar pukul tujuh sampai sembilan pagi.

Lebih dari pukul sembilan pagi, sinar mahari akan memancarkan ultraviolet yang berbahaya bagi kulit. Sehingga, sangat dianjurkan untuk menggunakan pelindung kulit (misalanya tabir surya) dari sengatan matahari secara langsung, khususnya untuk Anda yang bekerja di luar ruangan.

  • Olahraga yang teratur

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Manfaat olahraga secara teratur, selain membuat organ tubuh tubuh kita sehat. juga mampu mengencangkan kulit. Penuaan dini pada kulit wajah dan juga keriput kulit disebabkan karena kendurnya kulit kita.

Olahraga akan salah aktivitas yang berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, termasuk kulit. Dengan berolahraga, maka pori-pori kulit akan terbuka, racun dan bakteri tubuh akan keluar bersama dengan keringat.

  • Melakukan perawatan wajah secara rutin

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang

Polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan kulit kita menjadi kusam dan kering. Asap dan debu yaang mengotori kulit kita setiap hari, tanpa disadari dapat merusak fungsi kulit, karena memicu timbulnya jerawat.

Membasuh wajah sebanyak 2 kali dalam sehari dianjurkan untuk menghilangkan polusi udara tersebut. Perlu diperhatikan pula penggunaan sabun yang lembut saat mencuci wajah. sabun dengan tekstur kasar justru akan merusak

Demikianlah 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan murah di rumah.

Semoga artikel mengenai 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat dan Kencang ini bermanfaat untuk referensi bacaan Anda.

Tinggalkan Balasan