5 Bahan Alami Yang Ampuh Redakan Nyeri Akibat Luka Bakar Ringan

5 Bahan Alami Yang Ampuh Redakan Nyeri Akibat Luka Bakar Ringan

Amongguru.com. Anda tentu pernah mengalami luka bakar kecil yang kadang terjadi akibat aktivitas yang tidak disengaja, misalnya terkena cipratan minyak goreng panas, air panas, knalpot sepeda motor, atau juga jilatan api.

Luka bakar ringan ini akan menimbulkan nyeri di area kulit yang terbakar, sehingga menimbulkkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, luka bakar juga dapat meninggalkan bekas yang tidak enak untuk dipandang dan menurunkan kepercayaan diri seseorang jika wilayah luka di kulit cukup luas.

Berbeda dengan luka bakar berat yang memerlukan penanganan medis dengan segera di rumah sakit, luka bakar ringan dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah Anda,’

Berikut ini 5 bahan alami yang ampuh redakan nyeri akibar luka bakar ringan dihimpun dari berbagai sumber.

1. Madu

Madu telah lama dikenal sebagai obat salep yang efektif untuk meredakan nyeri akibat luka bakar.

Madu mengandung antioksidan dan antibakteri yang memiliki sifat penyembuhan terhadap luka.

Selain itu, madu memiliki umur simpan yang tidak terbatas, sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap batas pemakaian dari madu tersebut.

Cara paling mudah menggunakan madu untuk penyembuhan luka bakar adalah dengan hanya mengoleskannya di seluruh luka yang sudah dibersihkan dan tutup dengan perban.

Pada saat madu dioleskan pada luka bakar, maka luka akan tetap lembab. Dengan demikian, pemulihan dapat berjalan dengan cepat serta rasa nyeri akibar peradangan dapat berkurang.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan yang merangsang penyembuhan luka, melembabkan kulit, dan mencegah berkembangnya bakteri.

Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi akibat luka bakar.

Lidah buaya telah banyak direkomendasikan oleh dokter maupun tenaga medis lainnya untuk mengobati luka bakar tingkat satu yang ringan.

Cara pemanfaatannya adalah dengan mengoleskan jel lidah buaya langsung ke daerah yang terkena luka bakar. Lakukan secara rutin sampai luka mengering dan Anda terbebas dari nyeri.

3. Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata dapat dimanfaatkan untuk pereda nyeri aklbat luka bakar. Menurut penelitian, kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabatin dan senyawa kimia tertentu yang baik untuk membantu meredakan rasa nyeri, termasuk nyeri akibat luka bakar di kulit.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan menempelkan kulit pisang yang besih dan segar pada area luka bakar sampai Anda merasakan terbebas dari rasa nyeri.

4. Kentang

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat luka bakar adalah kentang.

Kentang memiliki kemampuan menyerap panas dengan cepat dalam kulit. Selain itu kentang juga dapat menghilangkan iritasi pada kulit Anda.

Caranya adalah dengan menghaluskan kentang yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih dengan menggunakan blender.

Setelah itu, oleskan kentang yang sudah diblender tadi pada bagian kulit yang terkena luka bakar di kulit. Biarkan sampai mengering di kulit, selanjutnya bilas dengan air dingin.

5. Campuran Kunyit dan Susu

Perpaduan sifat antara kunyit dan susu akan mampu meredakan rasa nyeri akibat luka bakar. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dam antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar.

Sedangkan susu dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal.

Campurkan dua sendok susu murni dan 1 sendok perasan kunyit, kemudian aduk hingga merata.

Oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar dan biarkan selama beberapa menit sampai rasa nyeri tersebut reda.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai 5 bahan alami yang ampuh redakan nyeri akibat luka bakar ringan. Semoga tips sehat ini dapat membantu Anda yang sedang mengalami luka bakar ringan.

Tinggalkan Balasan