20 Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Bangkitkan Nasionalisme

20 Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Bangkitkan Nasionalisme

Amongguru.com. Sebentara lagi, seluruh bangsa Indonesia akan memperingati salah satu hari bersejarah dalam kehidupan berbangsa, yaitu Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Pancasila menjadi sebuah ideologi dasar bagi bangsa Indonesia.  Pancasila juga menjadi rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara seluruh rakyat Indonesia.

Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 1945, ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, maka segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,

Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Berikut Ini adalah beberapa kedudukan dan fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia.

1.  Pancasila Sebagai Dasar Negara bangsa Indonesia

Pancasila merupakan fundamen atau alas pijakan serta dapat memberi kekuatan kepada berdirinya suatu negara. Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu alas atau landasan, yaitu Pancasila.

Pancasila pada fungsinya sebagai dasar negara, adalah sumber kaidah hukum yang mengatur Bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni rakyat, pemerintah dan wilayah.

Pancasila pada posisi seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara serta seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara.

2.  Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Pandangan hidup merupakan suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian dari nilai-nilai luhur. Pandangan hidup berguna sebagai pedoman atau tuntunan untuk mengatur hubungan sesama manusia, hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan lingkungan.

3.  Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dimana pada hakikatnya adalah suatu hasil perenungan atau pemikiran bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila diangkat atau diambil dari nilai-nilai adat istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan bahan yang di angkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia.

4.  Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai nilai-nilai kehidupan yang ada di masyarakat indonesia. Hal tersebut melalui penjabaran instrumental sebagai acuan hidup yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai serta sesuai dengan jiwa Indonesia serta karena pancasila lahir bersamaan dengan lahirnya Indonesia.

Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya Bangsa Indonesia yaitu pada jaman dahulu kala pada masa kejayaan nasional.

5.  Pancasila merupakan Sumber dari segala sumber tertib hukum

Segala peraturan perundang-undangan atau hukum yang berlaku dan dijalankan di Indonesia harus bersumber dari Pancasila atau tidak bertentangan dengan Pancasila. Karena segala kehidupan negara indonesia berdasarkan Pancasila.

6.  Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila sebagai kepribadian bangsa karena Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain.

7.  Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia

Pancasila mengandung cita-cita dan tujuan negara Indonesia yang menjadikannya sebagai patokan atau landasan pemersatu bangsa. dimana tujuan akhirnya, yaitu untuk mencapai masyarakat adil, makmur yang merata baik materiil maupun spiritual yang berdasarkan Pancasila.

8.  Pancasila sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila merupakan perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa untuk dilaksanakan, di lestarikan dan di pelihara.

Artinya Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara tanggal 18 Agustus 1945 pada sidang PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia).

9.  Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Karena Pancasila merupakan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang diyakini paling benar, bijaksana, adil dan tepat untuk mempersatukan bangsa..

10.  Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan kristalisasi pengalaman hidup dalam sejarah bangsa indonesia yang telah membentuk watak, sikap, perilaku, etika, dan tata nilai norma yang telah melahirkan pandangan hidup.

20 Link Twiibbon Hari Lahir Pancasila 2023

 

Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023

Untuk menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, maka berikut ini dibagikan 20 link Twibbon Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Link Twibbon ucapan peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 ini dapat menjadi pilihan untuk membagikan momen dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023.

Twibbon Hari Lahir Pancasila ini dapat mewakili perasaan pengirim dalam mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila kepada keluarga, teman dekat. atau teman sejawat lewat media sosial.

Anda dapat mengirimkan link twibbon Hari Lahir Pancasila tersebut dengan suatu desain gambar atau foto berbentuk bingkai menggunakan twibbon melalui ponsel yang dimiliki.

Twibbon Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dibagikan ini juga bisa dikreasikan sendiri dengan menambahkan gambar atau foto yang Anda inginkan.

Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan postingan dengan bingkai menarik. Twibbon merupakan sebuah media promosi, dukungan, pamflet atau banner berupa foto yang dikombinasikan dengan bentuk frame atau border yang diedit dan didesain sedemikian rupa hingga terlihat lebih bagus dan menarik.

Berikut ini adalah cara untuk membuat twibbon Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

1. Buka link twibbon yang dipilih.

2. Klik Pilih Foto.

3. Pilih foto yang akan dipasang.

4. Atur foto tersebut sesuai keinginan.

7. Klik tombol unduh setelah selesai mengatur posisi foto.

8. Simpan twibbon pada folder yang diinginkan.

Setelah berhasil membuat twibbon dan mengunduhnya, maka Anda bisa langsung membagikan twibbon tersebut ke media sosial, dengan langkah-langkah berikut.

1. Buka folder penyimpanan foto twibbon.

2. Pilih foto yang akan dishare.

3. Pilih Bagikan.

4. Pilih media sosial yang diinginkan.

5. Tempelkan link yang telah disalin.

6. Klik Kirim/Upload, selesai.

20 Link twibbon Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di dalam gambar berikut ini.

Baca : Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni Yang Wajib Anda Ketahui

Demikian 20 twibbon Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, bangkitkan nasionalisme. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan