15 Fakta Unik tentang Harimau yang Wajib Anda Ketahui

15 Fakta Unik tentang Harimau yang Wajib Anda Ketahui

Amongguru.com.¬†Mendengar kata “harimau”, maka yang ada dalam pikiran kita adalah hewan predator ganas. Keganasan dalam memangsa korbannya ini menjadikan harimau sebagai hewan yang paling ditakuti di hutan.

Harimau merupakan predator dengan pupil mata yang bulat dan berbeda dengan predator dari bangsa kucing lainnya yang memiliki pupil mata memanjang seperti garis. Keistimewaan ini, menjadikan harimau berbeda dengan kebanyakan predator dari bangsa kucing.

Pupil matanya yang bulat membuat harimau mampu berburu tiap saat, bahkan di malam hari yang gelap. Penglihatan harimau enam kali lebih tajam dari manusia pada malam hari. 

15 Fakta Unik tentang Harimau yang Wajib Anda Ketahui

Selain memiliki keunikan pada pupil matanya, harimau juga mempunyai beberapa fakta unik lainnya. Berikut ini 15 fakta unik tentang harimau yang wajib Anda ketahui.

15 Fakta Unik tentang Harimau yang Wajib Anda Ketahui

1. Harimau pada umumnya memiliki mata berwana kuning.

Warna mata harimau akan menyesuaikan dengan bulu tubuhnya. Sebagian besar harimau memiliki warna mata kuning, kecuali pada harimau berbulu berbulu putih yang warna matanya bitu. Pengecualian ini karena gen mata hariamu berbulu putih menyesuaikan dengan gen bulunya.

2. Kecepatan berlari hariamu mencapai 60 km per jam

Meskipun masih kalah cepat berlari dengan cheetah, faktanya harimau mampu berlari dengan kecepatan 60 km per jam. Hal ini dapat digolongkan sangat cepat, mengningat berat badannya yang mencapai ratusan kilogram.

3. Bayi harimau buta saat berumur satu minggu

Bayi harimau sangat rentan dengan serangan predator. Hal ini disebabkan karena bayi harimau masih mengalami kebutaan pada minggu pertama kelahirannya.

4. Harimau adalah perenang yang handal di air

Harimau termasuk jenis hewan yang senang dengan air. Air menjadi salah satu arena bermain yang disenangi hariamu saat masih kecul sampai dewasa. Hal ini menjadikan harimau sebagai perenang yang handal.Harimau mampu berenang berpuluh-puluh kilometer untuk berburu mangsa.

5. Harimau memiliki visi warna yang sama dengan mata manusia

Harimau mampu mengenali warna yang juga dikenali oleh mata manusia, karena hewan ini memiliki persepsi warna sama dengan mata manusia.

6. Harimau mempunyai daya ingat yang kuat

Harimau adalah hewan yang memiliki memori sangat kuat. Memori jangka pendeknya dapat mencapai 30kali lebih kuat dari memori manusia dan ratusan kali lebih kuat dari simpanse. Harimau tidak mudah melupakan hal-hal yang terjadi disekelilingnya.

8. Harimau mampu melompat tinggi dan jauh

Meskipun bobot tubuhnya tergolong berat, faktanya harimau memiliki kemampuan melompat yang tinggi dan jauh. Seekor harimau dewasa mampu melompat sejauh 6 meter dengan tinggi mencapai 5 meter di atas permukaan tanah.

9. Harimau memiliki naluri membunuh yang hebat

Berdasarkan penelitian, harimau dapat menirukan suara panggilan beberapa mangsanya, sehingga mangsanya dapat terkecoh dan mendekat.

Harimau akan membunuh mangsanya dengan cara menancapkan taringnya yang panjang dan tajam ke leher mangsa. harimau akan mencekik mangsanya dan membawanya kesana kemari, sampai mangsa mati karena kehabisan darah.

10. Harimau adalah karnivora yang memiliki otak terbesar

Harimau adalah hewan karnovora yang memiliki otak berukuran paling besar. Berat otak harimau dewasa dapat mencapai 320 gram, dan satu-satunya predator dengan otak terbesar. Ukuran otak harimau ini sama dengan ukuran otak simpanse.

11. Harimau merupakan predator dengan senjata lengkap dan mematikan

Harimau merupakan predator yang dilengkapi dengan senjata lengkap dan mematikan untuk menyerang lawan dan juga mempertahankan diri. Bahkan, cakar seekor harimau akan dapat meremukkan tekoraqk gorilla dalam sekali pukul.;

12. Harimau jantan memiliki wilayah kekuasaan lebih luas

Harimau jantan pada umumnya memiliki daerah kekuasaan yang lebih luas dibandingkan harimau betina. wilayah kekuasaaan ini memilihi batas yang jelas dan tidak akan ada dua harimau yang menguasai satu terotori saja. Perebutan wilayah kekuasaan ini dilakukan dengan pertarungan hidup dan mati. Batas terorial dilakukan dengan menggores pohon dan mengencinginya.

13. Air liur harimau adalah antiseptik

Harimau dapat mengobati luka-luka disekujur tubuhnya dengan cara menjilati tubuh yang terluka tersebut menggunakan air liurnya sendiri. Air liur harimau bekerja seperti antiseptik, karena dapat digunakan untuk mengobati tubuh harimau saat terluka.

14. Lidah harimau berbulu daging untuk menyisir bulu tubuh

Harimau memiliki lidah yang berbulu daging. Pada saat harimau mandi danmenjilati tubuhnya, maka secara otomatis bulu-bulu tubuh harimau akan ikut disisir, sehingga tetap terlihat rapi.

15. Aroma urine harimau jantan untuk mendeteksi umur dan jenis kelamin

Aroma urine harimau yang dicium oleh harimau lain selain menadakan batas wilayah kekuasaan, juga untuk mendeteksi umur, jenis kelamin, dan kondisi kesehatann reproduksi harimau tersebut.

Silahkan Anda baca juga :

Demikian postingan mengenai 15 Fakta Unik tentang Harimau yang Wajib Anda Ketahui.

Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang keakaragaman makhluk hidup dan juga bfakta-fakta uniknya.

Tinggalkan Balasan