15 Fakta Unik dan Menarik Tentang Ular King Kobra

15 Fakta Unik dan Menarik Tentang Ular King Kobra

Amongguru.com. Ular Kobra disebut sebagai rajanya semua jenis ular yang ada di dunia. Kecepatan dalam menyerang dan juga bisanya yang mematikan tidak dimiliki oleh ular jenis manapun, sehingga ular ini mendapatkan julukan sebagai king kobra.

Rata-rata manusia hanya mampu bertahan hidup sekitar 15 menit jika digigit ular king kobra, sehingga racun dari ular ini sangat mematikan.

Ular king kobra memiliki panjang tubuh 3 sampai 5 meter. Kobra memiliki taring tetap berongga berukuran 8 – 10 milimeter, yang digunakan untuk menyuntikkan racun ke dalam mangsanya.

Di Indonesia, jenis ular king kobra tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bangka, Bali, Mentawai dan Kepulauan Riau.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai salah satu jenis reptil mematikan ini. berikut adalah 15 fakta unik dan menarik tentang ular king kobra

1. Tempat tinggal yang disukai adalah rumpun bambu

Ular king kobra biasanya senang bersarang di rumpun bambu. DI tempat tersebut, king kobra akan membangun sarangnya untuk bertelur dan menunggui sampai telur menetas.

2. Memiliki racun yang sangat mematikan

King kobra termasuk ular sangat berbisa yang memilki racun jenis haemotoxcin dan neurotoxcin

Jenis racun tersebut mampu menyerang sistem saraf manusia dengan cepat dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Gejala yang dirasakan sesaat setelah racun masuk ke tubuh adalah pandangan yang mengabur, vertigo, dan kelumpuhan otot.

Korban akan mengalami kegagalan sistem kardiovaskular yang dapat mengakibatkan kematian.

3. Memiliki kebiasaan merentangkan kulit leher

Salah satu kebiasaan unik dari ular king kobra adalah merentangkan kulit leher dan membentuk semacam tudung ketika terancam.

King cobra diidentifikasi oleh tudung khasnya yang berada di sekitar leher, sehingga membedakan dengan jenis ular lainnya.

4. Mampu melihat hingga jarak 100 meter

King kobra memiliki kemampuan melihat hingga jarak 100 meter. Selain kepekaan terhadap getaran, jenis ular ini juga mampu melakukan pelacakan mangsa melalui penglihatannya yang tajam.

5. Lidahnya yang bercabang untuk mendeteksi mangsa

King cobra mendeteksi mangsanya menggunakan lidah bercabang. Lidah yang bercabang ini berfungsi untuk mengambil aroma dan menghantarkannya ke sebuah reseptor sensorik khusus yang disebut organ Jacobson.

6. Mampu hidup hingga 20 tahun

King kobra memiliki siklus hidup yang cukup lama. King kobra dewasa mampu bertahan hidup pada habitat yang baik dan sesuai hingga usia 20 tahun. Berat king kobra dewasa dapat mencapai 20 kilogram.

Baca juga : Fakta Unik dan Mengejutkan tentang Ular Derik untuk Anda Ketahui

7. Memiliki warna kulit bervariasi

King kobra mempunyai warna kulit yang bervariasi, mulai dari zaitun, zaitun kekuningan atau kuning pucat.

Di India, terdapat spesies king kobra dengan warna kuning dan hitam. Sedangkan di Cina, terdapat king cobra berwarna coklat kehitaman dengan kombinasi warna putih dan gading.

8. Banyak ditemukan di wilayah Asia

Ular king kobra banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, India Utara, Tenggara Cina, Semenanjung Malaya, wilayah barat Indonesia, dan Filipina.

9. Mampu menelan seluruh mangsanya

Setelah membunuh mangsanya dengan racun yang mematikan, king kobra dengan segara akan menelan seluruh mangsanya.

Hal tersebut dimungkinkan karena rahangnya sangat fleksibel yang dihubungkan oleh ligamen lentur.

10. Takut pada predator yang kebal racun

Mekanisme pertahanan king kobra sangat tergantung pada racun neurotoksis yang ada pada tubuhnya.

Akan tetapi, jika berhadapan dengan predator alami yang kebal racun, ular king kobra akan melarikan diri atau mengembangkan tudungnya sambil berdesis.

11. Memangsa sesama ular

Ular king kobra biasanya akan memangsa jenis ular lainnya, baik yang berbisa maupun tidak berbisa.

King kobra juga memangsa kadal, burung, dan hewan pengerat untuk dijadikan makanan mereka.

12. Sebenarnya merupakan reptil pemalu

Meskipun king cobra dianggap sebagai salah satu ular paling berbahaya, nyatanya reptil ini sebenarnya pemalu dan akan menghindari konfrontasi dengan manusia.

Langkah yang paling tepat adalah tidak mengganggu keberadaan ular ini, karena di balik sifat malunya tersebut, king kobra sangatlah agresif.

13. Memiliki ritual kawin yang unik

Keunikan lainnya dari king kobra adalah pada saat melakukan ritual kawin. Sebagai bagian dari ritual kawin, maka king kobra jantan akan tetap menegakkan lehernya. Pemenangnya adalah yang mampu membuat kepala ular lainnya tertunduk.

14. Anti racun king kobra diproduksi di Thailand dan India

Racun king kobra terkenal sangat mematikan. Di dalam sekali gigitan, bisa dari ular king kobra dapat menyebar ke syaraf tubuh dan menyebabkan kelumpuhan serta kematian dengan segera.

Anti racun dari jenis ular ini sangat jarang ditemukan. Negara yang memproduksi anti racun king kobra adalah Thailand dan India.

15. Mampu bertelur hingga 50 butir

King kobra termasuk jenis ular yang mampu membuat sarang dengan baik untuk telur mereka. Ular king kobra betina akan mengumpulkan daun-daun bambung yang kering untuk bahan membuat sarang dan meletakkan telurnya yang berjumlah sekitar 50 butir. Telur-telur tersebut kemudian akan menetas dalam waktu kurang lebih 80 hari.

Demikian 15 fakta unik dan menarik tentang ular king kobra. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan