10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Sereh (serai) merupakan tanaman herbal dari keluarga rumput (Poaceae). Tanaman ini adalah jenis rumput yinggi yang pada berasal dari daerah tropis Asia.

Ciri fisik dari tanaman sereh adalah berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan tebal. Tinggi sereh dapat mencapai sekitar 3 meter.

Sereh menjadi salah satu tanaman rempah yang cukup populer, karena sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan.

Penggunaan sereh ini biasanya dengan cara dihancurkan agar mendapatkan aroma lemon yang menjadikan masakan menjadi wangi.

Ternyata dibalik kegunaannya untuk bahan masakan, sereh menyimpan segudang manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sereh mengandung banyak minyak esnsial, bahan kimia, meniral, dan vitamin penting yang diketahui mempunyai sifat anti oksidan tinggi untuk pencegahan penyakit.

Komponen utama dari serai adalah citral atau lemonal, yaitu sebuah aldehid yang mampu menghasilkan bau lemoon unik. Citral juga memiliki sifat anti mikroba dan anti jamur yang kuat.

Selain itu, batang dan dan daun sereh juga mengandung folat. Folat berperan penting dalam pembelahan sel dan sintesa DNA. Ekstrak sereh juga kata akan vitamin esensial seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6), dan thiamin (vitamin B-1).

Berikut ini 10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

1. Membersihkan racun

Sereh bermanfaat dalam detoksifikasi tubuh. Kemampuan diuretik tanaman ini dapat membantu dalam membersihkan racun-racun berbahaya agar keluar dari tubuh.

Detoksifikasi akan memperlancar fungsi berbagai organ tubuh, antara lain hati dan ginjal, serta menurunkan kadar asam urat.

Efek deuritik sereh membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga memperlancar sistem eksreksi.

2. Mencegah kanker

Hasil studi menunjukkan bahwa sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker dengan tanpa memengaruhi sel tubuh yang normal.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa sereh mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati pada fase awal, sehingga mencegah sel kanker tersebut untuk berkembang lebih lanjut.

3. Mencegah timbunan lemak

Sereh terbukti memiliki sifat anti huperlipidemia dan anti hiperkolesterolemi, sehingga mampu meningkatkan kadar koleterol sehat (HDL).

Konsumsi sereh secara rutin akan memberikan hasil yang nyata dalam mempertahankan tingkat trigliserid dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Kondisi ini akan membantu dalam mencegah timbunan lemak pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga kita terhidar dari serangan jantung dan stroke.

4. Mengatasi gangguan perut

Minyak atsiri pada sereh memiliki sifat anti bakteri, sehingga mampu mencegah infeksi berbagai bakteri patogen.

Sereh bermanfaat untuk mengatasi gangguan perut, seperti ulkus lambung, dengan cara merangsang usus dalam memperlancar pencernaan.

Sifat anti inflamasi sereh sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit, diare, mual, dan nyeri perut.

5. Mencegah gangguan pernapasan

Sereh juga dapat bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan. Kandungan vitamin C pada sereh membantu dalam mengatasi penyumbatan hidung yang diakibatkan oleh flu dan gangguan pernapasan lainnya, seperti asma.

6. Meningkatkan kerja sistem saraf

Sereh dapat menjadi tonik yang baik untuk meningkatkan kerja sistem saraf. Sereh dpat merangsang pikiran, memberikan ketenangan, dan membantu mengatasi gangguan saraf, seperti Alzaimer.

Apabila digunakan untuk mandi terapi, sereh akan membantu menenangkan sara dn mengurangi gejala depresi dan kelelahan.

7. Mencegah insomnia

Insomnia dalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya menjadi kesulitan tidur atau tidak cukup tidur, meskipun adanya banyak waktu untuk melakukannya. Gangguan tidur ini menyebabkan penderita tidak memiliki tubuh yang prima.

Sereh memiliki sifat menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu tidur dengan nyenyak dan menghindarkan dari sifat insomnia. Sereh bersifat sedatif dan hipnotik yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Membantu menurunkan berat badan

Meminum teh sereh secara rutin mencairkan lemak melalui proses detoksifiksi. Efek diuretik yang dimiliki sereh sangat membantu melancarkan buang air besar dalam volume yang tinggi. Proses tersebut akan mempercepat dalam penurunan berat badan.

9. Mengobati migrain

Sifat analgesik yang dimiliki sereh dapat mengurangi rasa sakit dan kondisi tidak nyaman akibat sakit kepala dan migrain.

Senyawa fitronutrein yang terdapat pada serai dapat meningkatkan sirkulasi darah serta membantu mengurangi kejang, keseleo, sakit punggung, dan kram otot.

10. Mencegah infeksi

Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik. Sereh efektif untuk mengobti infeksi, seperti kurap, luka, kudis, dan juga infeksi saluran kemin.

Baca : Memiliki Rasa Pahit, Berikut Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Sereh terbukti memiliki efek penyembugan pada infektivitas dermatologi, dengan menghmbt pertumbuhan patogen.

Cara Menggunakan Sereh

Sereh dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya, bisa berbentuk ekstrak minyak sereh, produk teh, atau rebusan. Jika akan dimanfaatkan untuk pijat, maka dapat menggunakan ekstrak minyak sereh,

Apabila menginginkan untuk diminum, maka bisa menggunakan produk teh sereh atau merebusnya dengan air dan meminyim air rebusannya tersebut.

Meskipun terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sereh tidak dianjurkan untuk penderita gangguan ginjal dan gangguan hati, serta ibu hamil dan menyusui.

Jika sedang dalam pengobatan tertentu, mka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter mengenai pemanfaatannya sebagai obat pendamping.

Demikin 10 manfaat sereh (serai) untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan