10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Yang Terbukti Ilmiah

10 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Yang Terbukti Ilmiah

Amongguru.com. Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki ciri khas rasa yang pahit. Meskipun pahit, pare dapat menjadi hidangan yang lezat jika diolah dengan cara tepat.

Selain dimasak, pare juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jus pare sangat baik untuk dijadikan ramuan detok.

Pare juga dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, masih banyak lagi manfaat mengonsumsi pare untuk kesehatan.

Berikut ini 10 manfaat pare untuk kesehatan yang sudah terbukti ilmiah.

1. Penangkal radikal bebas

Pare merupakan jenis sayuran yang tinggi antioksidan. Antioksidan pada pare dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Radikal bebas dapat dihasilkan dari sinar ultraviolet, asap rokok, dan polusi udara. Radikal bebas dapat menyerang dan menyebabkan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh.

2. Mencegah kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dapat berakibat serius pada tubuh, seperti penyempitan pembuluh darah. Penyempitan tersebut terjadi karena lemak yang menumpuk pada pembuluh darah.

Mengonsumsi pare secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kadar kolesterol yang normal akan menghindarkan tubuh dari gangguan penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

3. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan kesulitan buang air besar atau buang air besar yang tidak teratur karena fesese keras dan sulit dikeluarkan.

Sembelit dapat terjadi karena kurangnya asupan serat pada tubuh. Pare memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

4. Mengurangi kadar gula darah

Kelebihan gula darah sangat tidak baik untuk kesehatan, karena memicu penyakit diabetes. Kandungan saponin pada pare bermanfaat untuk mempercepat metabolisme glukosa, sehingga mampu menurunkan kadar gula darah.

5, Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada pare bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Pare termasuk dalam sayuran anti inflamasi, sehingga dapat membuang racun melalui pori-pori kulit.

Selain direbus untuk dikonsumsi, pare juga dapat dijadikan secara masker untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

6. Mencegah dan mengobati jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kotoran yang menyumbat pori-pori, infeksi bakteri, dan produksi kelenjar minyak yang berlebih.

Pare dapat dimanfaatkan untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat. Tingginya antioksida pada pare dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk jerawat di wajah.

7. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu cara menurunkan berat badan selain berolahraga adalah dengan mengatur pola makan. Pare adalah sayuran yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya kaya antioksidan dan serat, pare juga rendah kalori, sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga kesehatan tulang

SelainĀ  mengandung vitamin C pare juga banyak mengandung vitamin K yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K membantu proses pembekuan darah dan juga sebagai anti radang. Dengan rajin mengonsumsi pare, maka tubuh akan terhindar dari gangguan yang berhubunag dengan tulang, seperi reumatik dan keropos tulang.

9. Menjaga imunitas

Sistem imun yang baik akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin C pada pare dapat membantu menjaga sistem imun tubuh,

Mengonsumsi pare dengan teratur sangat baik untuk mendukung daya tahan tubuh, termasuk menjaga kesehatan mulut dari potensi sariawan, gusi berdara, dan bibir peca-pecah.

10. Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten pada pare dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pare juga dipercaya dapat meningkatkan penglihatan, khususnya di malam hari dan memperlambat degenerasi makula.

Baca :

Demikian 10 manfaat pare untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan