10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Amongguru.com. Siapa yang tidak kenal dengan madu? Ya…madu sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, sebagai obat yang mujarab untuk banyak penyakit.

Segudang manfaat madu telah dirasakan secara langsung oleh manusia, khususnya dalam menjaga kesehatan tubuh.

10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Nah..berikut ini akan saya bagikan 10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Mencegah Kanker dan penyakit jantung

Cairan madu mengandung flavanoid, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Kandungan karsinogen pada madu juga dapat mencegah munculnya tumor.

2. Mengobati batuk

Madu sangat efektif untuk mengobati batuk, khususnya pda anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, anak-anak yang meminum sebanyak 2-3 sendok madu setengah jam sebelum tidur, mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan anak-anak yang tidak minum madu.

Kandungan antioksidan yang terdapat madu dapat melawan mikrobakteri penyebab  batuk, serta membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

(Baca juga : 10 Fakta Unik Lebah Madu yang Perlu Anda Ketahui)

3. Obat Luka

Sejak ribuan tahun yang lalu, madu telah digunakan untuk merawat luka maupun borok. cairan madu berisikan glukosa dan sebuah enzim yang disebut oksidase glukosa.

Enzim oksidase glukosa ini selanjutnya dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, yaitu zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu mampu membunuh bakteri yang masuk ke dalam luka tubuh.

4. Sumber nutrisi

Madu adalah sumber nutrisi yang lengkap. Madu mengandung berbagai vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh, misalnya kalsium, tembaga, besi, magnesium, dan fosfor.

Kadar nutrisi tersebut tergantung dari jenis nektar yang dijadikan bahan madu. Dengan mengkonsumsi madu, maka secara tidak langsung kita memasukkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5. Merangsang Pertumbuhan Jaringan
Kandungan propolis, enzim, vitamin, dan mineral dalam madu akan dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru pada tubuh. Apabila madu diteteskan pada luka bakar, maka akan mempercepat penyembuhan.

6. Mengatur kadar gula darah (glukosa)

Meskipun madu mengandung gula, tetapi sama sekali berbeda dengan gula alami maupun gula sintetis. Mada memiliki kombinasi yang tepat antara glukosa dan fruktosa yang justru dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Beberapa jenis madu bahkan memilki indeks hipogiklemik yang rendah, sehinggat jika dikonsumsi tidak akan menaikkan kadar gula darah. Madu aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena indeks hipoiklemik yang rendah tersebut.

7.  Menghaluskan Kulit
Madu mengandung zat-zat yang mampu menghaluskan kulit, yaitu asam glukonat dan asam organik. Kedua senyawa ini berperan dalam mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang mati, mengurangi keriput, menyeimbangkan minyak, serta meningkatkan kelenturan kulit.

Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit Anda. Mengkonsumsi madu secara rutin membuat kulit Anda terlihat sehat dan cerah serta terhindar dari penuaan dini. (Lihat juga : Kandungan Nutrisi Madu)

8.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang tinggi pada madu dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan pada madu yang disebut “pinocembrin” membuat tubuh lebih segar dan menghindarkan tubuh dari penyakit yang akan menyerang.

9. Menghalau Pertumbuhan Bakteri dan Jamur
Madu memiliki zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri maupun jamur pada kulit. Apabila Anda mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu madu dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama untuk dioleskan. sehingga menghindari infeksi lebih lanjut.

10. Menurunkan Berat Badan
Madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi madu setiap pagi hari, diyakini akan mampu menurunkan berat badan Anda, dengan diimbangi pola makan yang teratur.

Sekian ulasan mengenai 10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Semoga dengan mengetahui 10 Manfaat Madu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita tersebut, kita dapat lebih menjaga kesehatan tubuh kita, antara lain dengan mengkonsumsi madu secara rutin.

Tinggalkan Balasan