10 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Amongguru.com. 10 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh Anda.

Kesegaran saat minum air kelapa muda memang tidak bisa dipungkiri. Kesegaran air kelapa tersebut akan sangat terasa apabila pada saat cuaca panas, karena dapat dengan segera menghilangkan rasa dahaga. Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk pengganti cairan tubuh yang hilang pada saat dehidrasi.

Air kelapa diperoleh dari buah kelapa yang masih muda. Sebenarnya, air kelapa merupakan cikal bakal dari isi kelapa yang berwarna putih.

Kandungan Zat pada Air Kelapa Muda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa muda memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.

Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Berdasarkan sifat dan kandungan zat tersebut, maka air kelapa muda dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit berbahaya pada tubuh.

10 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tidak hanya menyegarkan, inilah 10 manfaat minum air kelapa muda untuk kesehatan tubuh Anda.

10 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Pengganti cairan tubuh yang hilang 

Dehidrasi dapat terjadi pada tubuh Anda setiap saat, apalagi pada saat cuaca yang sangat panas. Akibat dehidrasi, maka tubuh Anda akan kehiangan banyak cairan sehingga Anda akan merasakan lemas. Air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi.

Air kelapa juga berperan sebagai minuman elektrolit, untuk menggantukan ion-ion tubuh yang juga hilang pada saat dehidrasi. karena air kelapa mengandung kalium, kalsium, natrium, dan magnesium.

2.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang berperan dalam membunuh virus dan bakteri. Air kelapa menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi kuat, karena ampuh untuk membersihkan tubuh dari bakteri penyebab infeksi dan permasalahan kesehatan lainnya.

Kandungan zat pada air kelapa bisa berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah berbagai penyakit yang akan masuk ke tubuh.

3.  Mengatasi kerontokan rambut

Mengkonsumsi air kelapa ternyata mampu melancarkan peredaran darah yang membawa nutrisi ke dalam tubuh, termasuk ke kulit kepala, sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Anda dapat menambahkan garam pada air kelapa kemudian dicampurkan dan oleskan secara rutin pada kulit kepala hingga ujung rambut, pada saat menjelang tidur malam. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala yang sudah diolesi ramuan air kelapa tersebut.

4.  Membantu memperlancar proses pencernaan

Sifat air kelapa yang antioksidan, rendah gula dan kalori menjadikan air kelapa dapat dimanfaatkan untuk membantu pencernaan yang terganggu, misalnya kesulitan dalam buang air besar.

Kandungan zat antioksidan yang ada di dalam air kelapa muda berkhasiat untuk mengurai racun yang ada di dalam tubuh. Pada akhirnya racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui proses buang air besar secara lancar dan teratur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi air kelapa muda dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh melalui enzim bioaktif. Air kelapa juga terbukti bermanfaat untuk menenangkan nyeri usus.

5.  Membantu menjaga kesehatan jantung

Beberapa elektrolit yang ditemukan di dalam air kelapa, khususnya kalsium dan magnesium, efektif membantu menurunkan resiko stres dan mencegah ketegangan otot, termasuk otot jantung.

Kalsium membantu dalam relaksasi otot jantung, sehingga bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung. Air kelapa juga membantu menurunkan kadar kolesterol total trigliserida, dan kolesterol LDL, khususnya kolesterol yang ditemukan pada hati.

6.  Membantu menjaga berat badan ideal

Air kelapa muda memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah, sehingga tidak ada dampak atau resiko jika Anda mengkonsumsinya.

Anda disarankan untuk minum air kelapa sebagai obat alami untuk penurun berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

7.  Menetralisir racun dalam tubuh

Anda mungkin sering mendengar bahwa orang yang keracunan diminta untuk meminum air kelapa muda. Masyarakat sejak jaman dahulu sudah percaya bahwa air kelapa sangat efektif untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh.

Di dalam air kelapa terdapat Tanin dan antidotum yang berfungsi sebagai anti racun. Selain itu, pada air kelapa juga terdapat enzim yang bekerja untuk mengurai zat racun di dalam tubuh.

Air kelapa banyak memiliki kandungan elektrolit dan antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh secara alami.

8.  Memelihara kesehatan ginjal

Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang berperan dalam sistem eksresi dan pembentukan urine. Mengkonsumsi air kelapa muda akan membantu dalam menjaa kesehatan ginjal, karena sifat anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan antioksidan pada air kelapa akan menghidarkan ginjal dari masalah infeksi dan inflamasi.

Beberapa zat dalam air kelapa juga memiliki fungsi diuretik, agar limbah dan racun dapat lebih lancar untuk dikeluarkan dari tubuh.

9.  Mengobati migran

Migran atau sakit kelapa sebelah dapat dicegah dengan minum air kelapa muda. Migran dapat mengganggu antivitas sehari-hari apabila tidak segera ditangani.

Kandungan magnesium dalam air kelapa akan membantu untuk menurunkan gejala penyakit migran yang Anda dirasakan sehingga Anda dapat segera melakukan aktivitas secara normal kembali.

10.  Mencegah penuaan dini

Kandungan sam laurat dan sitokinin pada air kelapa dapat menyeimbangkan kadar pH, memperkuat jaringan ikat dan efektif menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Itulah sebabnya mengapa mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan dapat mencegah terjadinya penuaan dini, karena mampu membantu mengencangkan kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Demikian ulasan mengenai 10 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan