10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Amongguru.com. Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa masam kuat. Karena rasa masamnya yang kuat, kita tidak dianjurkan untuk langsung mengonsumsinya tanpa dicampur dengan air putih. Mengonsumsi jeruk nipis secara langsung akan dapat menyebabkan perut menjadi perih.

Biasanya, jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam pada masakan. Air perasan jeruk nipis juga sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada daging ketika akan dimasak.

Dibalik rasanya yang masam, ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan senyawa pada jeruk nipis untuk menjaga kesehatan dan kecantikan cukup lengkap. Jeruk nipis menyediakan seitar 32 persen asupan vitamin C. Jeruk nipis juga memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi, seperti kalsium, zat besi, tembaga, natrium, fosfor, magnesiu. dan kalium,.

Berikut ini 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Membantu mencegah kanker

Kanker masih menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker.

Air jeruk nipis mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu pertumbuhan sel secara normal dan meningkatkan sistem imun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat membersihkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif untuk melawan kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan menurunkan resiko stroke iskemik.

Serat larut dan limonin yang terdapat pada jeruk nipis juga dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Kandungan kalium dan magnesium dalam jeruk nipis dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan (inflamasi) dapat diredakan dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa mengurangi peradangan, seperti radang sendi dan rematik. Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat dan gejala yang ditimbulkannya.

4. Melancarkan buang air kecil

Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara rutin akan dapat membantu menormalkan buang air kecil (sistem duuretik).

Beberapa senyawa dalam air jeruk nipis dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dari dalam hati melalui enzin detoksifikasi pada organ tersebut.

5. Mencegah penuaan dini

Vitamin C yang terkandung dalam air jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas berbahaya.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sehingga mempercepat penuaan dini. Dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis, maka kesehatan kulit akan terjaga sehingga mencegah penuaan dini.

6. Mencegah sembelit

Flavonoid dalam air jeruk nipis akan merangsang sistem pencernaan, dengan cara meningkatkan sekresi pencernaan dan merangsang gerakan peristaltik.

Kandungan asam yang cukup banyak dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan sistem sekresi. Serat pada jeruk nipis juga membantu dalam melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

7. Menurunkan berat badan

Minyak atsiri yang terkandung dalam jeruk nipis dalam membantu mengurangi berat badan, sehingga membantu untuk diet tubuh. Selain itu, asam sitrat pada jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sangat baik.

8. Menjaga kadar gula darah

Serat larut yang ditemukan pada jeruk nipis bermanfaat untuk mengatur penyerapan gula tubuh ke dalam aliran darah. Dengan demikian lonjakan gula darah akan dapat dikurangi.

Kenaikan gula darah merupakan resiko yang serius bagi penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glisemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah jika dikonsumsi.

9. Mencegah jerawat dan membersihkan noda

Jerawat dan noda dapat disebabkan oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan ikut memperburuk peradangan, sehingga menyebabkan nyeri.

Sifat antibiotik pada jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab radang pada jerawat. Untuk mencegah jerawat dan membersihkan noda, air jeruk nipis dapat dipadukan dengan madu. Madu memiliki sifat anti bakteri, sedangkan sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

10. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan rambut, sehingga membantu mencegah kebotakan. dan kerontokan.

Vitamin C sebagai nutrisi utama pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan rambut. Air jeruk nipis juga dapat membuat warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia.

Air jeruk nipis yang dicampur minyak zaetun dan madu juga dapat membantu dalam mengkilapkan rambut.

Demikian 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan