10 Manfaat Jahe Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

10 Manfaat Jahe Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Amongguru.com. Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai rempah-rempah dan juga bahan obat alami.

Pada cuaca dingin, jahe sangat cocok dijadikan sebagai minuman herbal penghangat tubuh. Hal ini dikarenakan jahe memiliki senyawa keton yang disebut Zingeron, sehingga memberikan sensasi pedas dan hangat di tubuh.

Jahe sendiri termasuk tanaman rimpang, dimana rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengahnya.

Tanaman jahe mempunyai ukuran sekitar satu meter dengan daun hijau tipis. Di setiap helai daun jahe yang tipis tersebut ada karakteristik kasarnya.

Akar jahe yang akan menjadi rimpang biasanya terbenam di dalam tanah dan berkembang sesuai umurnya.

Selain dikenal sebagai bumbu untuk memasak, jahe juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jahe memiliki beberapa kandungan kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain minyak atsiri, glukosa, serat, curcumin, dan gingerol.

Berikut ini 10 manfaat jahe untuk menjaga kesehatan tubuh Anda yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melancarkan sistem peredaran darah

Jahe memiliki senyawa gingerol yang bersifat antikoagulan atau mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Mengonsumsi jahe secara rutin akan mencegah terjadinya penyumbatan darah dan menghidarkan dari penyakit stroke dan serangan jantung yang mematikan.

2. Obat mual dan masuk angin

Apabila Anda mengalami mual dan masuk angin, jahe dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mencegahnya.

Jahe memiliki kemampuan untuk membendung senyawa serotonin yang dapat menyebabkan perut berkontrasi, sehingga menimbulkan rasa mual dan masuk angin.

Mengonsumsi jahe akan menjadikan lambung Anda terasa lebih nyaman, meringankan kram perut, dan membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

3. Mencegah migrain

Migrain dicirikan dengan sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja.

Jahe dapat menghentikan prostaglandin, sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah (migrain).

4. Menangkal radikal bebas

Jahe memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu menetralkan efek merusak dari masuknya radikan bebas ke dalam tubuh.

5. Mencegah berkembangnya sel kanker

Di dalam beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak jahe sangat efektif untuk memerangi berbagai jenis kanker, khususnya kanker ovarium dan kanker usus.

6. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal, sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ hati, dan sebagian lainnya diperoleh dari makanan

Mengonsumsi jahe secara dapat secara efektif untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati.

7. Pereda nyeri dan sendi kaku

Jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergerakan pada sendi dan mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis. Manfaat jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung.

8. Mengontrol kadar gula darah penderita diabetes

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid.

Baca :

Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

9. Mencegah nyeri otot

Selain berguna dalam menjaga kesehatan otot, jahe juga bermanfaat untuk menghilangkan ketidaknyamanan di otot akibat nyeri pada atlet.

Penderita nyeri otot jika sering mengonsumsi jahe akan mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

10.Membakar timbunan lemak

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya adalah membakar lemak, karena jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University, terbukti bahwa orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut di dalamnya lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang minum air jahe.

Demikian 10 manfaat jahe untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat,

 

Tinggalkan Balasan